Ketika berbicara mengenai LinkedIn, situs jejaring profesional yang digunakan oleh setengah miliar orang di seluruh dunia, kata-kata adalah ibarat mata uang semua orang.

Tapi ada beberapa kata yang tidak akan membantu Anda menarik perhatian perekrut, mendapat panggilan wawancara atau mendapatkan pekerjaan. Beberapa adalah alasan klise secara profesional. Ada jargon dan istilah perusahaan. Lalu ada kata-kata yang membuat Anda mendapat perhatian secara negatif. Inilah kata-kata yang membuat Anda terlihat buruk, dan Anda mungkin tidak pernah mengetahuinya untuk dihindari ketika Anda membuat akun LinkedIn.

Strategic atau Strategis

Ini adalah kata yang paling dibenci perekrut dari semua akun LinkedIn (dan resume juga). Ini membuat Anda terlihat malas dan membosankan. Apa yang membuatmu strategis? Jelaskan. Berikan contoh.

Carrie Walecka, direktur akuisisi bakat di Brightcove menyebutnya “terlalu sering digunakan dan tidak dapat diukur.”

“Di sisi lain, saya selalu terdorong saat melihat kata-kata seperti memimpin, membuat, memajukan, mendefinisikan, dan mengimplementasikan. Itu adalah kata-kata yang dapat ditindaklanjuti, yang mengindikasikan bahwa orang tersebut adalah pencetus tindakan tersebut,” tambahnya.

Unique atau Unik

Dan ini adalah kata kunci profesional kedua yang paling dibenci perekrut. Anda spesial dan pekerja keras. Tapi Anda tidak unik. Produk Anda hebat, dan pelanggan Anda mungkin menyukai mereka secara keseluruhan. Tapi kemungkinan mereka tidak unik.

Apa yang membuat Anda berbeda? Apa yang membuat Anda sangat cocok? Di mana Anda berada dan ke mana Anda ingin pergi? Sekali lagi, ceritakan dan jangan kembali pada klise palsu ini.

Metrics atau Metrik

“Mengapa kita tidak bisa mengatakannya sebagai tujuan atau gol saja,” kata Andy Jones, seorang perekrut dari Source One Management Services di Willow Grove, Pennsylvania.

Benar sekali. Atau bisa juga menyebutnya “hasil yang diukur dengan X.”

Solution atau Solusi

“Solusi saya? Pilih kata lain,” kata Jones.

Sepakat. Istilah umum perusahaan seperti “Produk” atau “layanan” akan lebih baik menggantikan kata “solusi”.

The Best, Best atau Terbaik/Terbagus

Turn-off terbesar adalah jika seseorang mengatakan mereka terbaik atau sesuatu yang serupa dengan itu dalam profesi mereka, “kata Monica Roy, manajer perekrut di sebuah konsultan pemasaran dan tech¬†yang¬†berbasis di Seattle POP.

Dia menambahkan bahwa bahkan orang-orang terbaik “masih harus belajar,” terutama mengingat perubahan industri dan teknologi baru yang akan terus ada.

Synergy atau Sinergi

“Kata lainnya yang saya tidak sukai, ‘” kata Roy. “Apa artinya itu?” Tolong jelaskan secara spesifik tentang bagaimana Anda bergabung atau bekerja sama untuk menghasilkan hasil yang luar biasa atau bahkan melebihi tujuan atau harapan yang telah ditetapkan.

Robust atau Kuat

Kuatnya penawaran. Kuatnya pengalaman. Kuatnya lini produk. Tolong hentikan penggunaan kata ini. Alternatifnya, Anda bisa gunakan kata seperti “banyak”, “beragam”, “lengkap”.

Expert (Ahli)

“Seseorang dapat selalu belajar sesuatu yang baru,” kata Gene Brady, direktur Search Consulting Network, yang mengkhususkan diri dalam merekrut di sektor otomotif, industri dan otomasi. “Jika Anda mengatakan bahwa Anda adalah ‘pakar’ akan sesuatu, itu berarti Anda tahu semuanya. Tidak ada orang yang tahu semua hal. Orang pintar tahu itu.”

Results-driven atau Berorientasi Pada Hasil

“Istilah ini tidak benar-benar dibutuhkan jika Anda bisa memberikan contoh pencapaian Anda dan bagaimana Anda membuat dampak.”

Hentikan juga menggunakan istilah detail-oriented dan deadline-driven.

Highly atau Sangat

“Ini hiperbola. Kata hiasan yang tidak perlu,” ucap Brady lagi.

Leader atau Pemimpin

Pemimpin adalah kata yang sering digunakan dengan dosis yang lebih daripada yang seharusnya, “kata Daniel Solo, pendiri Second Line Advisors, perusahaan pencari eksekutif dan penasihat sumber daya manusia yang berbasis di Manhattan.” Seorang pemimpin sejati tidak akan menggunakan istilah ini dengan sangat banyak dan sering. Namun, jika mereka melakukannya, mereka akan mengukur apa artinya itu dalam hal ukuran atau inisiatif departemen dan pengaruh nyata.”

 

Sumber artikel:

http://inc-asean.com/grow/14-words-never-appear-linkedin-profile-according-recruiters/
https://business.linkedin.com/talent-solutions/blog/2015/01/10-words-you-should-not-use-on-your-linkedin-profile-infographic

Sumber gambar:

http://delindalayne.com/wp-content/uploads/file_1473552709.jpg