Kita semua pernah berharap bahwa ada lebih banyak waktu dalam satu hari. 24 jam dirasa tidak cukup meski jika dipikirkan, 24 jam adalah waktu yang cukup lama. Ketika hari sudah berakhir dan kita melihat kembali apa yang telah kita capai, seringkali kita bertanya-tanya ke mana semua waktu tersebut berlalu. Jika Anda seperti kebanyakan orang lain di dunia, maka manajemen waktu mungkin menjadi masalah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda pergunakan untuk memanfaatkan waktu yang Anda miliki dengan lebih efisien.

Buatlah Daftar Prioritas Hal – Hal Yang Harus Dikerjakan

Sebelum Anda dapat mengatasi semua hal dalam hari Anda, tentunya Anda perlu tahu persis apa saja yang harus Anda selesaikan di hari itu. Meskipun prioritas Anda mungkin berubah seiring berlalunya hari, tidak ada salahnya selalu memulai hari dengan menyimpan daftar hal yang harus dilakukan. Setiap malam, buatlah daftar tugas yang harus diselesaikan pada hari berikutnya. Di pagi hari, tata ulang mereka dari yang paling tidak penting. Ini memberi Anda rencana sehingga Anda tahu tugas mana yang harus Anda tangani terlebih dahulu.

Meskipun prioritas baru mungkin muncul sepanjang hari, daftar yang harus dilakukan memberi Anda kesempatan untuk melihat apa yang perlu Anda lakukan. Ini mencegah Anda melupakan sesuatu yang penting dan memastikan Anda tetap berada di jalur yang benar.

Kalahkan Prokrastinasi

Prokrastinasi atau kegemaran untuk menunda pekerjaan sering digadang – gadang sebagai silent killer dan itu salah satu penghalang terbesar bagi tercapainya tujuan kerja dalam satu hari. Kita semua pasti pernah mengatakan bahwa kita ingin mencapai sesuatu, tetapi ketika tiba waktunya untuk mengelola waktu kita dengan efisien, kita tampaknya tidak dapat menyelesaikan sesuatu yang telah ditetapkan tersebut. Penundaan sepertinya menghantui kita di setiap kesempatan.

Namun, satu-satunya cara mengatasi kesukaan menunda pekerjaan adalah dengan sepenuhnya menyadari apa yang perlu dilakukan. Jika Anda dapat menetapkan sasaran yang jelas, terorganisir, dan memprioritaskan waktu Anda, Anda akan dapat mengalahkan kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan. Jika tidak ada cara yang berhasil, cobalah aturan 15 menit.

Setel penghitung waktu di jam tangan, ponsel cerdas, atau apapun yang bisa menyetel penghitung waktu, dan siapkan hal tersebut untuk mengiringi Anda dalam melakukan pekerjaan selama 15 menit. Hanya itu saja waktu yang Anda perlukan untuk fokus dengan pekerjaan: 15 menit.

Khususkan Waktu Untuk Mengerjakan Proyek

Ketika anggota tim Anda membutuhkan bantuan atau klien Anda memiliki pertanyaan penting yang perlu dijawab, Anda harus selalu ada. Sayangnya, jika Anda menanggapi panggilan dan email segera saat mereka baru saja masuk, mungkin sulit untuk membagi waktu untuk melakukan hal lain. Ketika Anda memberikan semua perhatian Anda kepada orang-orang di sekitar Anda, proyek Anda sendiri biasanya malah tidak menjadi prioritas.

Memblokir waktu dan memfokuskan saat tertentu setiap hari untuk mengerjakan proyek Anda sendiri dapat membantu Anda tetap menyelesaikan tugas tepat waktu. Meskipun Anda harus selalu siap untuk keadaan darurat, dengan pembagian waktu khusus Anda dapat membuat klien dan anggota tim tahu kapan Anda akan sibuk mengerjakan proyek pribadi. Selama periode terjadwal ini, jangan menjawab e-mail, membalas panggilan, atau menjalankan tugas lain yang tak berkaitan dengan proyek Anda. Sebaliknya, fokus sepenuhnya pada pengerjaan proyek Anda.

Sumber artikel:

wanderlustworker.com

inc-asean.com

Sumber gambar:

popular.com