Karyawan yang bahagia dan puas dengan pekerjaan mereka akan 12% lebih produktif, dan pekerja yang terlibat cenderung bertahan lebih lama pada suatu pekerjaan. Seperti juga kita tahu bahwa retensi karyawan adalah masalah besar bagi pemilik usaha kecil yang tidak memiliki anggaran untuk menangani biaya perekrutan dan pelatihan karyawan baru secara rutin. Inilah sebabnya mengapa karyawan yang baik dapat menjadi salah satu sumber daya terbesar dalam bisnis kecil Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu karyawan Anda mengelola stres, menemukan kepuasan kerja, dan termotivasi untuk bekerja. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat Anda terapkan.

Berkomunikasilah Secara Terbuka

Mungkin tidak ada cara yang lebih cepat untuk kehilangan kesetiaan karyawan Anda daripada menahan informasi penting atau berkomunikasi dengan cara yang menyesatkan. Tentu saja Anda tidak perlu berbagi setiap detil dalam menjalankan bisnis Anda, tetapi ada beberapa hal yang penting bagi karyawan Anda supaya mereka mengetahuinya sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan secara lebih efektif. Komunikasikan informasi ini kepada karyawan Anda secara teratur dan terbuka.

Sediakan Kesempatan Kerja Yang Luar Biasa

Ini mungkin adalah satu saran yang sederhana namun paling sering diabaikan. Dengan membuat karyawan merasa lebih terlibat memang tidak secara otomatis menghasilkan hasil pekerjaan yang lebih efektif. Mencintai budaya, anggota tim Anda, atau tujuan organisasi Anda tidak secara otomatis mengarah pada hasil yang lebih juga. Pekerjaan yang sebenarnya perlu terjadi. Energi dan upaya perlu terjadi. Perjuangan harus dilakukan. Dan, para karyawan Anda harus terlibat dalam pekerjaan mereka yang sebenarnya. Mereka perlu merasa bersemangat bahwa upaya mereka menciptakan suatu nilai. Mereka harus menyukai beberapa aspek dari pekerjaan itu sendiri.

Tentu saja, tidak semua tugas sehari-hari kita bisa membuat bahagia. Tetapi, jika beberapa aspek dari pekerjaan karyawan Anda dapat menginspirasi mereka untuk berusaha lebih keras, dan menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri, maka karyawan Anda jadi jauh lebih mungkin untuk tidak hanya terlibat, tetapi juga menciptakan hasil yang luar biasa untuk tim dan organisasi. Orang-orang membutuhkan kesempatan untuk melakukan pekerjaan hebat.

Buatlah Pembelajaran Menjadi Bagian Dari BUdaya Perusahaan

Sebuah penelitian terbaru terhadap lebih dari 2.800 karyawan di 27 negara yang dilakukan oleh SAP dan Oxford Economics menemukan bahwa 44% dari karyawan mengharapkan adanya program pelatihan tambahan di tempat kerja. Hal ini menunjukkan bahwa peluang pengembangan keterampilan berharga bagi karyawan, bukan hanya karena mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik, tetapi juga karena mereka dapat mempersiapkan peluang pengembangan karir.

Hidupkan Suasana Kantor Dengan Hal Menyenangkan

Lingkungan kerja yang menyenangkan dapat menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi karyawan untuk tetap bersemangat datang ke tempat kerja mereka. Pertimbangkan untuk memulai kompetisi yang bersifat positif dengan tim Anda dengan insentif moneter atau hari libur sebagai hadiah. Atau bisa juga Anda membawa beberapa fasilitas yang akan meringankan suasana hati, seperti mesin popcorn atau pesta pizza di hari Jumat sore.

Jadilah Atasan Yang Adil

Sama seperti orang tua yang harus adil dengan banyak anak, Anda perlu memperlakukan setiap karyawan Anda secara adil atau perasaan benci dan cemburu akan mulai berkembang. Tentunya Anda tak mau suasana kantor memburuk dan membuat karyawan yang baik meninggalkan pekerjaan karena hal tersebut, bukan?

Sumber artikel:

thebalance.com

inc-asean.com

Sumber gambar:

entrepreneur.com