Perusahaan-perusahaan blockchain saat ini masih mencari cara yang pas untuk mendongkrak pemasaran. Perusahaan semacam itu bergerak dalam penyediaan teknologi untuk sistem keuangan yang tidak bergantung pada satu server. Salah satu kendala yang dihadapi adalah banyaknya materi pemasaran yang sebenarnya berpotensi, tapi membutuhkan banyak penyempurnaan.

Masalah lainnya adalah handout yang membingungkan, serta spanduk booth yang sulit dibaca. Pelajari empat cara berikut ini untuk meningkatkan pemasaran blockchain Anda di Asia Tenggara.

Gunakan bahasa yang sederhana

Calon investor kerap “gagal paham” dengan materi yang disampaikan lantaran menggunakan istilah yang rumit. Hindari bahasa yang hiperbola. Jelaskan kemampuan teknologi baru ini. Jangan pernah melakukan prediksi mengenai perkembangan blockchain di masa depan.

Chief Executive Officer (CEO) agensi kehumasan blockchain Wachsman PR, David Wachsman mengatakan, perusahaan harus mampu menjelaskan dengan sederhana pentingnya blockchain serta tokenisasi. Semakin banyak orang yang memahami sistem blockchain, maka semakin besar pula potensi Anda untuk mendapatkan pelanggan.

Jelaskan manfaat bisnis Anda

Buatlah daftar yang berisi tiga hingga lima manfaat bisnis yang Anda pasarkan. Penting bagi calon pelanggan untuk mengetahuinya. Masukkan langkah ini ke strategi pemasaran. Intinya, konsumen harus teredukasi dengan baik karena jumlah penipuan melalui teknologi blockchain relatif masih tinggi, meski sistem ini terenkripsi dan terdesentralisasi.

Oleh karena itu, fokuslah dalam menjelaskan manfaat utama bisnis Anda, dengan memakai bahasa yang mudah dipahami. Jika para calon konsumen sulit memahami produk yang ditawarkan karena banyaknya istilah asing, maka sulit bagi mereka untuk percaya dan menggunakan produk tersebut.

Siapkan desain yang berkualitas

Presentasi menjadi hal penting, mulai dari tampilan situs web hingga materi penjualan. Desain yang berkualitas tidak hanya menjadikan perusahaan Anda kredibel, tapi secara visual membantu konsumen memahami manfaat produk yang Anda tawarkan.

Anda bisa menyiapkan beberapa jenis desain grafis untuk infografis, logo, situs, papan nama, media sosial, hingga materi presentasi dengan PowerPoint untuk bisnis dan korporasi. Silakan memanfaatkan semuanya, karena desain menjadi salah satu faktor yang penting dalam pemasaran produk.

Perkuat basis komunitas 

Membangun komunitas dapat membantu Anda memperkuat hubungan dengan para mitra serta investor. Selain itu, komunitas pun bisa mendukung promosi bisnis yang sedang Anda rintis.

Chief of Investments perusahaan manajemen investasi Yeoman’s Capital Management, Henry Liu mengatakan, komunitas yang kuat dapat berkontribusi positif kepada bisnis.

Sumber:
forbes.com
marketingprofs.com
adage.com
econsultancy.com
inc-asean.com
eyecandyinfographic.com
varchev.com