Atasan Anda mengizinkan Anda bekerja secara remote selama satu atau dua hari setiap minggu. Sekarang Anda bisa bebas dari kendala kehidupan di kantor menuju kepada kebebasan bekerja dari rumah. Kedengarannya mudah, kan?

Akan tetapi, pada kenyataannya, bekerja remote bukanlah suatu hal yang cocok dilakukan oleh semua orang. Sangat sulit bagi beberapa karyawan untuk menyesuaikan diri dengan kebebasan yang baru ditemukan. Ini dikarenakan perusahaan jarang menjelaskan cara efektif untuk bekerja remote. Berikut ini telah terkumpul beberapa rekomendasi yang telah terbukti bisa membantu Anda untuk dapat bekerja secara remote dengan efektif tanpa mengurangi tingkat produktivitas secara keseluruhan.

Temukan Suatu Tempat Khusus Untuk Bekerja

Milikilah tempat yang telah ditentukan khusus hanya untuk melakukan pekerjaan Anda. Jika ruang terbatas, carilah meja yang cocok dimana Anda bisa bekerja. Ruang kerja yang  khusus penting ketika bekerja remote karena beberapa alasan.

Pertama, Anda akan memiliki ruang untuk menata materi pekerjaan Anda — seperti kertas, buku, dan laporan dan dapat membiarkannya tetap berada di atas meja tersebut sepanjang hari. Ini jauh lebih baik dibandingkan bekerja di meja dapur. Jika meja dapur Anda jadikan tempat kerja, Anda harus membersihkan bahan makanan untuk makan siang sebelum dapat bekerja di siang hari; dan membereskan kembali ruang kerja sementara tersebut untuk dapat dipergunakan untuk menyiapkan makan malam. Kedua, ruang kerja khusus bisa membantu menaikkan motivasi Anda untuk bekerja. Ketika Anda pergi ke tempat yang telah ditentukan ini, Anda tahu bahwa inilah saatnya fokus bekerja. (sumber: medium.com)

Buatlah Tempat Kerja Tersebut Senyaman Mungkin

Tempat mana pun yang nantinya Anda pilih untuk bekerja remote, pastikan Anda memiliki segala sesuatu yang Anda butuhkan tertata rapi di sana. Tentu, jika Anda hanya bekerja remote untuk sore hari dan memutuskan untuk melakukannya di kedai kopi, Anda mungkin harus berurusan dengan kursi yang tidak nyaman. Tetapi jika Anda berencana untuk bekerja remote selama seminggu atau lebih, pastikan Anda membuat satu tempat kerja khusus yang senyaman mungkin. Jaga kebersihan dan kerapian ruang kerja. (sumber: entrepreneur.com)

Susunlah Suatu Jadwal

Buatlah hari Anda memiliki beberapa struktur serta jadwal untuk beberapa hari ke depan. Jadwalnya bisa dalam wujud pilihan jenis aktivitas yang dilakukan per jam dalam skala prioritas serta jadwal untuk keesokan harinya. Jangan lupa juga untuk menjadwalkan istirahat. Misalnya, setelah menulis artikel selama dua jam, beristirahatlah selama 15 menit. Beristirahat juga adalah bagian penting dalam mengelola energi Anda sepanjang hari. Meninggalkan rumah atau apartemen Anda sebentar dan berjalan-jalan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat energi Anda untuk sore hari dengan tugas yang masih ada untuk diselesaikan.

Minimalisir Jumlah Distraksi

Tidak ada pesan Slack. Tidak ada panggilan telepon Tidak ada notifikasi yang kurang penting dari ponsel Anda. Matikan semua gadget dan televisi untuk sementara waktu selama Anda bekerja remote. Jam-jam ini adalah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan tanpa gangguan supaya walaupun kerja remote namun Anda tetap produktif.

 

Sumber artikel:

medium.com

entrepreneur.com

Sumber gambar:

smeweb.com