Selama masa-masa sulit, banyak investor menjadi takut dan mulai mempertanyakan strategi investasi mereka. Hal ini terutama berlaku untuk investor pemula, yang sering tergoda untuk keluar dari pasar sama sekali dan menunggu sampai semuanya tampak aman dan terkendali.

Hal yang harus Anda disadari adalah volatilitas pasar tidak dapat dihindari. Sudah menjadi sifat pasar untuk bergerak naik turun dalam jangka pendek. Mencoba mengatur waktu pasar adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Berikut adalah empat tips untuk Anda yang berinvestasi di pasar yang sangat tidak stabil.

1. Tetap Miliki Perspektif Positif

Sangat penting bagi Anda untuk tetap mempertahankan pandangan positif dan menghindari membiarkan beberapa hari (atau bahkan berbulan-bulan) mengalami kerugian dalam investasi menyebabkan Anda panik. Jika Anda mempelajari lintasan pasar selama bertahun-tahun, Anda pasti mengerti jika hal tersebut akan selalu membaik pada akhirnya walaupun akan selalu ada pula masa pasang surut singkat di tengah proses menuju perbaikan tersebut.

2. Berinvestasilah Untuk Jangka Panjang

Apabila para trader berfokus pada perubahan pasar yang terjadi sehari-hari. Berbeda halnya dengan berinvestasi. Investasi berbicara tentang tujuan jangka panjang. Maka dari itu, semakin Anda menyesuaikan perspektif Anda agar sejajar dengan kenyataan, semakin kecil kemungkinan Anda untuk terpengaruh secara emosional oleh pasang surut yang terjadi di pasar.

3. Hitung Rata – Rata Harga Dolar

Ada dua strategi investasi dasar yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Pertama, strategi melakukan hitungan rata-rata biaya dolar dan investasi lump sum. Dengan cara hitungan biaya dolar rata-rata, Anda tidak mencoba untuk mengatur waktu pasar. Tujuan Anda adalah hanya menginvestasikan sejumlah uang secara konsisten dengan interval yang teratur. Ini artinya Anda tetap terus berinvestasi mau apapun kondisi pasarnya dengan asumsi bahwa ke pada keadaan pasar pada akhirnya akan membaik.

4. Berhenti Memeriksa Ticker

Secara psikologis, bukanlah hal yang menyehatkan jika Anda terus memeriksa tickers saham dan menonton grafik naik turunnya sepanjang waktu. Jika Anda melakukan ini maka Anda akan jadi ketagihan dan mengalami perasaan cemas yang terus menerus dan emosi yang tak menentu.

Perlu Diingat: Ini Adalah ‘Permainan’ Jangka Panjang

Berinvestasi adalah seperti sebuah ‘permainan’ yang memakan waktu yang lama. Anda memiliki waktu bertahun-tahun untuk menebus kerugian jangka pendek investasi Anda, jadi tidak perlu khawatir atas volatilitas pasar yang terus akan ada. Prinsip investasi yang cerdas adalah memperhitungkan periode volatilitas dan hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah tetap tenang, dan tak tergoyahkan di masa – masa yang tak menentu tersebut.

 

Sumber artikel:

investopedia.com

inc.com

Sumber gambar:

bpeaconsulting.com