Seorang pengusaha sekaligus motivator asal Amerika Serikat, Jim Rohn mengatakan, setiap orang mendapat pengaruh besar dari lima orang dekatnya. Jadi, pastikan Anda bergaul dengan orang-orang yang baik. Mereka bisa merupakan bagian dari keluarga, teman, rekan kerja, maupun sesama pelanggan kedai kopi yang sering Anda kunjungi.

Mereka bisa menginspirasi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik, memberikan motivasi agar Anda meraih impian, serta menghibur di saat Anda putus asa. Di saat Anda merasa berputus asa, selain meluangkan waktu bersama orang-orang terdekat, cobalah lakukan empat trik sederhana ini dan lihat hasilnya.

Ubah wallpaper di komputer 

Cari gambar yang membuat Anda bersemangat. Pilih gambar yang menggambarkan impian Anda. Misalnya, Anda ingin bekerja di salah satu perusahaan teknologi ternama. Pasanglah logo perusahaan tersebut sebagai wallpaper komputer Anda.

Bahkan jika Anda mau, Anda bisa memasangnya pada setiap gadget yang Anda miliki, baik itu tablet, laptop, PC, maupun smartphone. Tujuannya, agar Anda sesering mungkin melihat gambar tersebut, memikirkannya, dan melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan ini.

Ganti password dengan cita-cita Anda

Luangkan waktu untuk membayangkan mimpi-mimpi Anda dan kesuksesan yang menanti di masa depan. Dengan begitu, Anda bisa kembali fokus untuk mengejar cita-cita, jika memang sempat kehilangan arah.

Cobalah ganti kata sandi (password) akun email maupun media sosial Anda seperti Instagram dan Facebook. Jika bermimpi untuk menjadi seorang software engineer di salah satu unicorn Indonesia, maka Anda bisa mengubah password Anda dengan kata-kata yang mengandung “go Tokopedia” misalnya. Jangan lupa untuk menambahkan karakter special seperti “@$!*” untuk meningkatkan keamanan.

Tetap percaya

Dengan segenap kekuatan, percayalah Anda akan meraih impian Anda. Yakinkan diri Anda, semuanya hanyalah masalah waktu. Kepercayaan diri menjadi kunci terpenting untuk membuat Anda tetap termotivasi. Hal ini akan menjauhkan Anda dari setiap pikiran buruk.

Habiskan waktu bersama orang-orang dengan kepercayaan diri yang kuat. Mereka akan membantu Anda tetap bersemangat meraih harapan. Anda dapat melakukannya, Anda harus tahu itu! Ingat, ini hanya masalah waktu.

Curhat kepada sahabat

Ungkapkan isi hati Anda dan ceritakanlah mimpi-mimpi Anda kepada teman-teman. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Selain itu, Anda pun tetap akan berada di dalam “jalur” karena mereka akan terus menanyakan perkembangan dari usaha Anda. Misalnya, “Bagaimana kabar lamaran kerjamu ke Go-Jek?”

Pada akhirnya, Anda akan merasa lebih bersemangat jika memiliki teman yang dapat dipercaya untuk berbagi cerita.

Sumber:
inc-asean.com
nationalgeographic.com
forbes.com
huffingtonpost.com
thelawofattraction.com
blogspot.com