Tim yang Anda pimpin telah diberi tanggung jawab untuk membawa dampak pada perusahaan Anda. Mungkin Anda menjalankan divisi Sumber Daya Manusia dan telah ditugaskan untuk mengubah keragaman dan inklusi, atau mungkin tim IT Anda sedang menuju peningkatan teknologi utama.

Anda mungkin pernah berada pada posisi di mana perusahaan Anda telah diakuisisi, dan Anda perlu mendefinisikan ulang siapa tim Anda dan bagaimana mereka akan beroperasi. Apapun alasannya, kelompok Anda perlu melangkah dan memberi pengaruh pada organisasi Anda yang lain.

Pencitraan brand pribadi dan bisnis adalah cara yang populer untuk meningkatkan kesuksesan bisnis, namun tahukah Anda bahwa tim branding dapat mengubah pekerjaan Anda?

Mengapa dan Kapan Anda Membutuhkan Tim Brand

Kenyataannya, dampak yang kuat pada keselarasan, keefektifan, dan keterlibatan tim Anda satu sama lain – dan keseluruhan organisasi dapat dibentuk dengan mendefinisikan identitas tim. Lima alasan paling umum klien perlu didorong untuk menciptakan tim branding yang berdedikasi meliputi:

  1. Bila tim Anda akan mendapatkan keuntungan dari penyelarasan serta komitmen yang lebih dalam terhadap arahan strategis tim/proyek saat ini
  2. Jika tim Anda menginginkan hubungan yang lebih erat antara anggota tim dan kode etik yang jelas
  3. Bila Anda ingin menciptakan inspirasi dan keterlibatan baru dalam tim, proyek atau tujuan departemen
  4. Jika penyelesaian isu/perselisihan yang sedang berlangsung mengenai arah tim diperlukan
  5. Bila Anda membentuk sebuah proyek baru atau tim yang utuh dan/atau telah mengalami perubahan besar dalam anggota tim, tujuan, sasaran atau strategi

Haruskah Anda Mengubah Team Brand Anda?

Dengan cara yang sama seperti seperti ketika bisnis mengalami perubahan atau brand pribadi juga berubah seiring dengan waktu dan keadaan, tim branding Anda pasti berkembang juga.

Seringkali perubahan di perusahaan, keseluruhan pasar, atau anggota di tim Anda dapat menciptakan kebutuhan untuk berporos dan disesuaikan dengan keperluan tim.

Anehnya, banyak tim bahkan tidak pernah mempertimbangkan bahwa mereka memiliki branding terpisah pada mulanya.

Tiga Pertanyaan Kunci Yang Perlu Anda Tanyakan

Kabar baiknya adalah menyusun branding untuk sebuah tim sangat mirip dengan menciptakannya untuk bisnis atau bahkan branding pribadi. Ketika melakukan branding untuk tim, selalu ajukan beberapa pertanyaan kunci kepada klien seperti misalnya:

  • Di mana kita berdiri hari ini dalam hal merek dan reputasi kita dalam organisasi secara keseluruhan, dan ke arah mana kita ingin menuju? Di mana celahnya?
  • Apa dampak jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dilakukan tim? Apa merek tim yang dibutuhkan untuk membawa kita ke sana?
  • Bagaimana kita berhubungan satu sama lain? Prinsip, nilai dan komitmen apa yang ingin kita perjuangkan dalam tim kita dan dalam keseluruhan organisasi yang akan mengekspresikan merek yang kita inginkan?

Begitu pertanyaan ini telah dijawab (dan diselaraskan), langkah selanjutnya adalah menjelaskan tim branding yang ingin dibentuk ke bagian organisasi lainnya.

Tim Brand Anda Telah Berjalan

Kesalahan umum yang dibuat oleh banya tim di sini adalah berpikir bahwa berbicara adalah hal yang sama dengan akting.

Selain memiliki pidato yang disusun dengan baik untuk tim yang dapat menciptakan konsistensi pesan, rahasianya adalah menerjemahkannya ke dalam rencana strategis tim. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan meliputi:

  • Menyesuaikan, menghapus atau mengubah item apapun dalam rencana strategis tim untuk mencerminkan merek tim
  • Menambahkan item apapun ke rencana strategis tim saat ini untuk mencerminkan merek tim
  • Perubahan yang perlu Anda lakukan sebagai tim (dan sebagai anggota individu) membuat merek tim Anda menjadi kenyataan dalam cara sehari-hari Anda bekerja.
  • Pada akhirnya, merek tim Anda dapat berfungsi sebagai pengumuman bagi bisnis lain bahwa perusahaan Anda adalah kekuatan positif untuk perubahan. Ingatlah bahwa tindakan jauh lebih berdampak daripada hanya sekedar kata – kata.

Jadi kurangi berfokus pada apa yang Anda katakan kepada rekan-rekan yang lain tentang identitas Anda sebagai sebuah tim, dan lebih banyaklah berinvestasi pada tindakan yang berdampak yang mana akan membangun citra positif bagi tim branding Anda dengan sendirinya dari orang – orang yang puas dengan hasil yang mereka dapat dari pelayanan bisnis Anda.

 

Sumber artikel:

inc.com

globaladvisors.biz

Sumber gambar:

firebrandtalent.com