Dalam bisnis yang masih baru, di mana waktu dan pendanaan masih langka, di mana tingkat stres masih tinggi dan jam kerja juga bisa panjang, tidak ada yang lebih penting daripada membangun tim yang hebat. Bahkan pendapat serupa pun diutarakan oleh Anj Vera, CEO di perusahaan pencipta merek TalentView, “Anggota tim pertama Anda dapat membangun atau menghancurkan sebuah start-up yang Anda rintis.”

Berikut adalah lima aturan yang harus diingat untuk mendapatkan orang-orang terbaik sebagai anggota tim kerja pertama Anda.

Jadilah Pihak Yang Aktif Mencari Kandidat

Daripada menunggu tanggapan atas posting pekerjaan, bersikap proaktif dan raih potensi karyawan. Mungkin saja para pencari kerja ini tidak menyadari peluang baru sampai seseorang menjangkau mereka. Konsultasikan jaringan Anda jika mereka tahu orang-orang yang ingin mengubah pekerjaan atau memperluas keterampilan mereka dalam industri baru.

Hal ini memiliki dua keunggulan. Pertama, Anda dapat mengontrol jumlah kandidat yang akan Anda evaluasi karena Anda berurusan dengan sekelompok orang yang telah dipilih sebelumnya. Kedua adalah kualitas kandidat dapat Anda tentukan. Dengan berperan aktif mencari kandidat, Anda dapat menyaring orang-orang yang tidak memenuhi standar perusahaan. Dalam kedua kasus, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengenal kandidat ketika Anda menjangkau mereka, ketika Anda berbicara dengan mereka, dan ketika Anda melihat mereka di tempat kerja.

Carilah Kandidat Yang Memiliki Passion Akan Bidang Usaha Anda

Pengusaha pemula membutuhkan karyawan yang juga bersemangat seperti mereka tentang perusahaan yang dirintis karena hal ini akan berdampak pada kualitas hasil pekerjaan mereka nantinya. Karyawan yang bergairah melakukan pekerjaannya karena mereka ingin, bukan hanya karena mereka harus melakukannya.

Vera menuturkan, “Ketika kami memulai TalentView, itu bukan hanya tentang menemukan orang dengan keterampilan yang tepat. Kami harus memastikan bahwa semua orang di tim memiliki hati untuk membantu pelanggan kami dan mampu melewati tantangan untuk menemukan solusi yang tepat untuk kebutuhan merek perusahaan mereka.”

Melakukan ini sejak awal akan berdampak baik untuk perusahaan dalam jangka panjang. “Dengan cara ini, kami mampu membangun hubungan klien yang kuat dari awal dan menghasilkan bisnis dari mulut ke mulut, meletakkan dasar untuk basis pelanggan yang solid,” kata Vera.

Rekrutlah Orang Yang Dapat Menjalankan Berbagai Peran

Menumbuhkan sebuah bisnis berarti Anda harus memulai dari yang kecil, tetapi tetap bergerak cepat. Dengan demikian, Anda akan membutuhkan karyawan yang kompeten di berbagai bidang dan bersedia melakukan banyak tugas. Menjalankan bisnis berarti Anda juga harus siap dengan banyak kejadian tak terduga yang mungkin saja terjadi setiap hari. Oleh karena itu, Anda memerlukan orang-orang yang dapat Anda percayai untuk menangani situasi apa pun dan memikirkan kepentingan terbaik perusahaan.

Carilah Kandidat Yang Memang Mau Belajar

Tidak peduli seberapa terampil atau berpengalaman seorang kandidat di atas kertas, ia masih harus mempelajari beberapa hal begitu ia bergabung dengan organisasi Anda. Akan selalu ada periode penyesuaian, waktu untuk mempelajari cara kerja proses internal baru, serta budaya perusahaan yang diinginkan oleh pemilik usaha. Memiliki karyawan baru yang terbuka untuk selalu belajar akan membuat proses orientasi (dan hubungan kerja di masa mendatang) lebih lancar.

Rekrutlah Orang Yang Memang Dapat Anda Percayai

Selama proses perekrutan mudah sekali untuk Anda hanya fokus hanya pada keterampilan dan kompetensi – apa yang telah dilakukan karyawan dalam pekerjaan sebelumnya, penghargaan yang diterima, gelar pasca sarjana, dan sejenisnya. Namun kualitas yang sering diabaikan adalah kepercayaan. Dapatkah Anda mengandalkan mereka untuk membayar pajak yang tepat untuk bisnis, untuk memastikan bahwa tidak ada ketidakkonsistenan dalam buku perusahaan, untuk mengatakan kebenaran ketika dihadapkan dengan masalah di kantor?

“Kepercayaan adalah salah satu nilai paling penting yang harus dimiliki perusahaan, besar atau kecil. Pengusaha sibuk dengan mengembangkan bisnis sehingga mereka membutuhkan orang-orang di tim mereka yang dapat memastikan bahwa setiap aspek dari perusahaan berjalan semulus mungkin,” kata Junie Veloso, Kepala Bisnis Perbankan di Bank Kepulauan Filipina.

Sumber artikel:

inc-asean.com

entrepreneur.com

Sumber gambar:

connectondemand.co.uk