Mengambil langkah untuk mencapai kesehatan finansial sama seperti menetapkan tujuan menurunkan berat badan – tidak terjadi dalam semalam. Menetapkan diri untuk kesuksesan finansial membutuhkan waktu, dedikasi dan pemeliharaan. Namun, banyak orang ingin melihat hasilnya dengan cepat atau mereka kehilangan dorongan untuk melakukan perubahan finansial yang penting. Ini mungkin menjelaskan mengapa 40 persen orang Amerika mengakui bahwa mereka berjuang secara finansial dan tidak dapat tetap memenuhi tagihan mereka, menurut sebuah survei tahun 2016 dari Biro Perlindungan Keuangan Konsumen.

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan keuangan Anda, berikut adalah lima cara mudah untuk menghemat lebih banyak.

Potong Pengeluaran Yang Terus Muncul Yang Sebenarnya Tak Perlu

Anda dapat membuat ruang ekstra dalam anggaran Anda secara instan dengan mengurangi dan menghilangkan biaya bulanan berulang yang tidak Anda gunakan atau perlukan.┬áSam Schultz, salah satu pendiri Honeyfi, sebuah aplikasi gratis yang membantu orang mengelola keuangan mereka, menyarankan untuk membatalkan tiga biaya berulang yang tidak penting untuk dimulai, seperti saluran TV kabel premium, layanan video streaming, pembersihan rumah atau kotak kiriman bulanan. Ini tidak berarti menghilangkan layanan atau produk ini selamanya, Schultz mengatakan. “Jika Anda masih benar-benar menginginkan salah satu dari mereka dalam sebulan, masuk lagi,” katanya. “Anda mungkin terkejut melihat berapa banyak hal yang Anda bayar karena Anda tidak benar-benar membutuhkannya pada akhirnya.”

Hindari Hutang Buruk

Aturan praktis untuk menjaga kondisi keuangan yang sehat adalah menghindari hutang tanpa nilai tambah, atau utang buruk yang menghasilkan imbal hasil nol atau negatif.

Misalnya, menggunakan kartu kredit Anda untuk membeli pakaian, smartphone, barang elektronik atau pembelian besar seperti perabotan adalah contoh klasik dari hutang buruk. Hutang kartu kredit hanya akan mahal seiring berjalannya waktu, karena suku bunga cukup tinggi dan terus bertambah dari bulan ke bulan.

Intinya, hindari menikmati pembelian yang tidak perlu, terutama dengan menggunakan kartu kredit Anda. Hentikan kegilaan belanja online Anda. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pakaian dan aksesoris saat Anda sudah memiliki hutang yang cukup besar. Berhenti berlangganan newsletter e-commerce dan hapus aplikasi e-commerce dari ponsel Anda. Beli apa yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan.

Jual Barang – Barang Yang Tidak Diinginkan

Berikan dorongan keuangan Anda dengan membersihkan harta yang tidak lagi Anda gunakan atau inginkan. Kosongkan lemari, laci dan garasi Anda dan temukan barang-barang yang layak dijual secara online, seperti perabotan, alat elektronik, pakaian, perhiasan, perlengkapan olahraga, dan mainan. Anda bisa menjual barang-barang besar seperti barang olahraga dan furnitur di situs resmi yang terdaftar seperti Craigslist atau Facebook Marketplace.

Capai Tujuan Finansial Yang Sudah Anda Tetapkan

Menyiapkan tujuan keuangan baru hanyalah paruh pertama dari proses ini. Setengah lainnya bergantung pada tujuan Anda, yang merupakan bagian yang paling sulit. Salah satu cara untuk tetap berada di jalur sasaran keuangan Anda adalah dengan memantau pengeluaran bulanan Anda. Anda dapat menyimpan buku catatan saku kecil atau menggunakan aplikasi seluler untuk melacak pengeluaran harian Anda dengan jujur dan sedetil mungkin.

Membagi tujuan keuangan yang lebih besar menjadi porsi yang lebih kecil dan lebih mudah dikelolajuga dapt dilakukan. Misalnya, jika Anda ingin melunasi hutang kartu kredit yang cukup besar, pertimbangkan untuk membayar sedikit lebih banyak daripada jumlah minimum yang harus dibayarkan setiap bulan sambil mengurangi biaya belanja yang tidak perlu.

Jika menyangkut investasi, Anda harus fokus pada nilai masa depan daripada investasi Anda sekarang. Perbaikan keuangan Anda adalah komitmen jangka panjang. Anda juga harus memikirkan untuk memiliki anggaran sampingan. Mintalah salah satu anggota keluarga atau teman Anda untuk mengawasi perilaku keuangan Anda. Orang ini dapat mendukung, mendisiplinkan dan memotivasi Anda sepanjang perjalanan finansial Anda.

Perbaharui Terus Pengetahuan Keuangan Anda

Terlepas dari apakah Anda mempekerjakan seseorang untuk mengelola keuangan Anda atau melakukannya sendiri, Anda harus selalu memperbarui pengetahuan keuangan Anda. Anda seharusnya tidak hanya memahami dasar-dasar ekonomi seperti tabungan, penganggaran dan kepentingan majemuk, tapi juga perkembangan investasi dan perbankan terkini.

Internet menawarkan sejumlah besar situs web, gerai berita dan blog yang terkait dengan keuangan dan ekonomi. Anda juga bisa membaca bagian keuangan surat kabar Anda secara teratur. Semakin Anda tahu, semakin baik. Namun, pastikan Anda memperoleh informasi dari sumber terpercaya. Dan bertindak hanya jika sumber itu akurat dan relevan.

 

Sumber artikel:

http://www.thejakartapost.com/life/2018/02/19/five-ways-to-improve-your-financial-health-in-2018.html
https://money.usnews.com/money/personal-finance/saving-and-budgeting/articles/2018-01-31/5-smart-ways-to-improve-your-financial-health

Sumber gambar:

http://moneyinc.com/wp-content/uploads/2017/04/financial-health-companies-750×375.jpg