Dalam dunia teknologi, urusan penggunaan software original untuk keperluan bisnis merupakan hal yang penting.  Namun sayangnya, Indonesia masih masuk jajaran sepuluh besar negara pembajak software di dunia, berdasarkan laporan sudoway.id. Bahkan, 90 persen pengguna software Microsoft di Indonesia ternyata memilih produk bajakan.

Dengan kata lain, hanya sepuluh persen yang asli. Padahal, seperti dilansir Kompas.com, Associate Professor Department of Electrical and Computer Engineering NUS, Biplap Sidar menyebut, sebanyak 92 persen laptop yang memasang software bajakan telah terinfeksi malware. Oleh karena itu, pertimbangkanlah baik-baik sebelum Anda membeli software agar tidak terjebak dengan produk bajakan. Pelajari lima keuntungan pemakaian piranti lunak original berikut ini, yang pastinya bermanfaat bagi Anda.

Terhindar dari virus bawaan

Jika Anda selalu menggunakan software asli, misalnya untuk Microsoft Windows, maka Anda tidak akan menemukan virus bawaan dari produk yang dipasang. Berbeda dari produk original, software bajakan kerap membawa banyak virus masuk ke sistem komputer. Selain itu, kinerja komputer akan menjadi lambat dan membutuhkan format ulang dalam jangka waktu tertentu, Jadi, tidak ada salahnya kan, mengeluarkan uang lebih banyak demi kenyamanan dan keamanan Anda.

Perlindungan gratis

Microsoft telah meluncurkan produk keamanan bernama Microsoft Security Essentials. Pengguna Windows Vista dan Windows 7 bisa mengunduhnya dengan gratis. Produk ini berguna untuk melindungi komputer dari virus, spyware, serta software berbahaya.

Sementara itu, pengguna Windows 8 disuguhi Windows Defender, produk serupa yang menggantikan peran Microsoft Security Essentials. Jika Anda merupakan pengguna Windows 8 yang sudah memasang fitur pengamanan ini, maka Anda dapat melihat Windows Defender di background komputer Anda. Selain itu, Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu untuk memindai komputer jika menemukan sesuatu yang mencurigakan di kotak email maupun tautan online.

Bebas notifikasi pengaktifan software asli

Dengan software asli, Anda tidak akan menjumpai notifikasi untuk melakukan aktivasi produk original. Pesan pop-up di layar komputer Anda tentu akan mengganggu. Notifikasi ini akan terus muncul karena software bajakan akan tetap terdeteksi sebagai produk tidak resmi.

Jangan pernah berpikir untuk memasang software bajakan lainnya bagi kebutuhan keamanan perangkat Anda, misalnya antivirus. Anda baru saja membuka lebar pintu masuk untuk virus bagi komputer Anda jika melakukannya.

Update fitur keamanan

Masih berkaitan dengan keamanan, software asli pastinya akan lebih teratur dalam memberikan update fitur keamanan serta patch lain yang mendukung. Tentu saja, tanpa adanya virus bawaan. Kelebihan ini tentu saja tidak akan Anda jumpai pada produk bajakan. Bahkan, Anda harus repot-repot melakukan format dan instal ulang untuk komputer dengan program bajakan, demi mendapatkan pembaruan fasilitas keamanan sistem.

Menjadi pemilik lisensi

Salah satu kelebihan yang menarik dari software asli adalah Anda menjadi pemilik seumur hidup. Hal ini dimungkinkan karena begitu membeli software tersebut, Anda bisa mengaktifkannya di komputer. Jika ingin memasangnya di komputer lain, Anda bisa menyalinnya.

Jadi, tidak masalah kan, membayar sedikit lebih mahal demi menikmati manfaat yang maksimal dari software asli bagi komputer Anda?

Sumber:

kompas.com
marketeers.com
wikipedia.org
tanfondline.com
digitalconqurer.com
microsoft.com
internapcdn.net