Ong En Hui, salah satu kontributor di Tech In Asia yang memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun di bidang finansial angkat bicara soal fenomena teknologi finansial yang sampai hari ini masih menjadi perbincangan hangat di beberapa kalangan masyarakat, yaitu blockchain dan cryptocurrency. Bagi seseorang yang memiliki karir selama kurang lebih delapan tahun di bidang keuangan seperti dirinya, blockchain dan cryptocurrency sangatlah menarik. Ada 2 hal yang menurut Ong paling menarik, yaitu ketidakstabilan dalam jumlah besaran dan tingkat interest yang belum pernah terjadi sebelumnya di kalangan masyarakat umum yang dilengkapi dengan teknologi revolusioner.

Berikut adalah 5 ringkasan pengamatan Ong En Hui mengenai blockchain.

Merevolusi Investasi Startup untuk Investor dan Juga Startup

Kapitalisasi pasar gabungan dari semua mata uang digital menurut CoinMarketCap adalah lebih dari US $ 400 miliar hingga saat ini. Kecepatan perkembangan kapitalisasi pasar ini sangat fenomenal yaitu 20 kali sejak 2016.

Dari perspektif pengusaha, blockchain telah menjadi sebuah faktor penting yang mengubah ini semua. Jika Anda menelaah hingga ke dua tahun yang lalu, opsi pendanaan startup adalah untuk bootstrap atau menjangkau perusahaan modal bisnis. Nah, dengan ICO, startup juga bisa menggalang dana dari masyarakat umum, meski tentunya bukan tanpa kekurangan sama sekali.

Dari sisi investor, model ICO menyediakan lapangan permainan untuk investasi. Sementara itu, investasi bisnis dulu hanya tersedia bagi investor yang terakreditasi dan institusional. Namun, sekarang masyarakat dapat berinvestasi di perusahaan startup bahkan dengan ukuran tiket kecil.

Pasarnya Tak Pernah Tidur

Blockchain tidak memiliki waktu istirahat dan terus berfungsi selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Makanya, orang-orang yang bermain di industri ini pun demikian. Berbagai proyek di ruang lingkup blockchain diharapkan bisa menjawab pertanyaan dari investor/penggemarnya sepanjang waktu di semua saluran media sosial, dan jawaban juga diharapkan dapat diterima dalam rentang waktu beberapa menit saja. Agar investor tetap dan calon investor tertarik, update proyek dikirimkan setiap minggu, dan materi pemasaran – seperti tie-up dan kontes – harus dirilis secara reguler.

Sebuah industri baru telah dibangun di sektor ini (misalnya pengelola komunitas profesional yang mengajukan pertanyaan sepanjang waktu, dan pemasar konten yang berdedikasi tinggi).

Ketidakstabilan Adalah Musuh Sekaligus Kawan Anda

Kita semua tahu bahwa kripto amatlah tidak stabil. Bahkan berbeda dengan aset berisiko tinggi lainnya seperti ekuitas, kripto masih jauh lebih tidak stabil. Fluktuasi lebih dari 50 persen dalam satu hari tidak pernah terjadi. Hal ini disebabkan karena beberapa alasan.

Salah satu alasannya adalah sulitnya memberi nilai tetap kepada kripto. Analis investasi Chris Burniske, yang sebelumnya bekerja di ARK Investment Management dan merupakan manajer dana publik pertama yang berinvestasi di bidang bitcoin, telah mempelopori upaya untuk menghasilkan model penilaian untuk hal ini.

Alasan lainnya adalah kripto memungkinkan perdagangan investasi tidak likuid. Investasi startup tradisional tidak likuid dengan periode lock-up yang panjang. Munculnya sistem token juga memungkinkan orang untuk menukarkan investasi yang awalnya tidak likuid dalam sebuah startup sepanjang waktu. Berita hari ini (misalnya kemitraan dengan perusahaan besar) dapat menyebabkan fluktuasi yang besar.

Alasan ketiga adalah karena ada korelasi yang tinggi. Tanpa model pendapatan yang matang atau metode penilaian, pasar cenderung bergerak bersamaan di bawah sebuah payung besar seperti Bitcoin atau Ethereum.

Teknologi Blockchain

Bitcoin menunjukkan potensi akan terwujudnya desentralisasi. Teknologi blockchain ini menawarkan fitur instant auditable yang lebih cepat, yang dapat memperbaiki banyak proses yang ada saat ini.

Kontrak pintar juga berpotensi menjadi penerus inovasi terdepan dalam urusan desentralisasi, karena teknologi ini mendorong penerapan blockchain hanya dari transfer nilai (dalam kasus bitcoin) untuk meluas ke berbagai sektor. Kontrak sehari-hari dapat dikodifikasi dan dijalankan sendiri tanpa pihak yang terpusat dan berpotensi untuk didaptkan dengan biaya yang lebih rendah.

Aplikasi Yang Nyata Akan Menentukan Nasib Teknologi Blockchain

Upaya untuk memberi nilai pada teknologi blockchain sedang terus berlangsung hingga saat ini. Kuncinya adalah dengan adopsi oleh industri yang mainstream.

Bitcoin telah mendapatkan cukup banyak sorotan media dan merupakan terobosan menarik dalam hal desentralisasi, namun teknologi ini masih terlalu lambat untuk dapat mengubah sistem pembayaran lama yang sudah ada saat ini. Jaringan bitcoin rata-rata memproses lima transaksi per detik. Berbanding terbalik dengan Visa yang memproses rata-rata 2.000 transaksi per detik.

Agar teknologi blockchain memiliki kesempatan untuk mendapatkan penggunaan yang mainstream, perlu dilakukan penyesuaian skala dengan cepat. Baru setelah itu kita bisa merancang cara mengubah sistem pembayaran dan asuransi yang sesungguhnya.

 

Sumber artikel:

techinasia.com

finextra.com

Sumber gambar:

bitcoinmagazine.com