Teknologi komputer semakin berkembang. Namun, perkembangan tersebut ternyata belum mampu melenyapkan virus. Lelah mencari jalan untuk menghilangkan virus dari sistem komputer maupun PC Anda? Berikut ini lima rekomendasi program antivirus yang layak Anda coba.

Bitdefender Total Security 2018

antivirus bitdefender versi 2018 memiliki gaya sederhana dan tidak merepotkan penggunanya
antivirus bitdefender versi 2018 memiliki gaya sederhana dan tidak merepotkan penggunanya

Ransomware terbukti menjadi ancaman besar pada tahun 2017. Bitdefender 2018 pun hadir dengan pertahanan berlapis ganda. Mengusung teknologi Advanced Threat Defense dan lapisan baru, program antivirus ini mencegah adanya perubahan apa pun ke folder yang dilindungi penggunanya.

Bitdefender juga memiliki reputasi teknis yang bagus. Namun, antivirus versi 2018 ini tetap bergaya sederhana dan tidak merepotkan penggunanya. Tetap saja, Anda harus ingat satu hal ini: tidak ada antivirus yang sempurna dan seratus persen efektif, karena selalu ada virus baru yang muncul.

Paling tidak, Bitdefender memberikan manfaat lebih dengan peningkatan perlindungan terhadap metode peretasan snooping, termasuk perlindungan untuk kamera web, transaksi perbankan online, dan pengelolaan kata sandi. Antivirus ini juga memiliki fitur penghancur file.

Norton Security Deluxe 2018

Pada dasarnya, setiap antivirus memiliki mesin pendeteksi. Namun, tidak semua program antivirus dibuat dengan perlindungan yang sama. Sederetan software, ternasuk Norton, berlomba-lomba menghadirkan mesin pendeteksi paling canggih, untuk mengikuti perkembangan virus.

Norton Security Deluxe 2018 menawarkan mesin pendeteksi terbaru dan terlengkap untuk menangkal berbagai virus. Antivirus besutan Symantec ini memiliki kelebihan berupa perlindungan SONAR, sebagai bagian dari sistem komutasi awan. Dengan kelebihan ini, antivirus tersebut mampu mendeteksi kehadiran malware dengan memindai aplikasi yang sedang dijalankan.

Program antivirus ini tersembunyi dan hanya akan muncul ketika diperlukan untuk memindai file yang sedang Anda unduh.

Kaspersky Total Security

Ingin menjaga agar orang lain tidak bisa mengakses data Anda?  Kaspersky total security bisa Anda coba untuk mendapatkan privasi. Antivirus ini mampu mencegah situs web melacak Anda. Selain itu, dengan fitur Kaspersky Safe Money, Anda bisa dengan aman menambahkan informasi perbankan.  Anda pun bisa menggunakan fitur Safe Money pada  keyboard yang ditampilkan layar, untuk mencegah keyloggers menyadap detil informasi Anda.

Bagaimana cara mengetahui tingkat keamanan komputer Anda? Jika bingkai di sekeliling browser Anda berubah warna menjadi hijau, artinya Anda aman. Jika berwarna oranye, berarti ada masalah.

Satu lagi, Kaspersky merupakan program perangkat lunak antivirus terpercaya, karena memiliki sistem pemulihan. Sistem ini membantu Anda membersihkan komputer dari malware.

AVG versi Ultimate

AVG Internet Security menonjolkan sitem TuneUp yang menjanjikan kecepatan sistem pencegahan virus. Dengan sistem ini, Anda dapat menyesuaikan berbagai fitur pada Windows. Gunakan Web TuneUp untuk menyetel penelusuran web Anda. Sementara itu, mode turbo membantu Anda memperoleh kinerja terbaik dari PC.

Antivirus ini juga memberikan aplikasi sleep atau tidur. Oleh karena itu, tidak akan ada orang yang bisa menggunakan CPU sampai Anda sendiri yang benar-benar memakainya.

Avast versi Premier

Avast Premier merupakan solusi antivirus rumah unggulan. Sepintas, antivirus ini sama dengan versi gratis. Namun, ada beberapa fitur menarik untuk mendeteksi dan menghadapi ancaman virus.

Dengan Smart Scan misalnya, Anda bukan hanya bisa mendeteksi virus, tapi juga menemukan software usang dan plug-in browser yang kurang baik di komputer Anda. Selain itu, Anda pun bisa melakukan pemindaian terhadap ancaman virus di perangkat lain yang terhubung dalam jaringan Anda.

Avast versi premier ini juga satu-satunya program yang memungkinkan Anda melihat adanya potensi virus, termasuk ransomware, pada setiap unduhan Anda, baik yang mencurigakan maupun yang terlihat aman.

Jadi, setelah melihat penjelasan mengenai lima software antivirus di atas, mana yang akan Anda pilih?

Sumber:
nortonsecurityonline.com
infotech.us
techadvisor.co.uk
idntimes.com
techradar.com