Pada awal setiap tahun, Warren Buffett yang legendaris menerbitkan surat tahunannya kepada pemegang saham Berkshire Hathaway. Sekarang, ini menjadi lebih dari sebuah surat tahunan untuk dunia, dan di dalamnya, Buffett menawarkan pendapatnya tentang segala hal mulai dari politik hingga biaya investasi.

Beliau mengatakan bahwa pengalaman adalah kunci utama untuk menjadi investor yang sukses. Namun, bagaimana dengan mereka yang baru mulai berinvestasi? Bagaimana jika Anda tidak memiliki pengalaman? Nah, untungnya Anda bisa belajar dari investor yang punya pengalaman – investor seperti Warren Buffett sendiri.

Berikut adalah 5 tips investasi yang terbukti dari Warren Buffett!

Jangan Terlalu Banyak Melakukan Penjualan dan Pembelian

Seperti dikutip dari Inc.com, Buffett pernah menulis: “Berpeganglah pada keputusan yang besar dan ‘mudah’ dan lakukanlah aktivitas tanpa henti.” Selama 10 tahun, ia memperkirakan 200 atau lebih manajer hedge fund yang bekerja pada dana Protégé menghasilkan puluhan ribu keputusan beli dan jual, didukung oleh penelitian terbaik yang dapat mereka temukan.

Buffett dan Protégé membuat satu keputusan: menjual obligasi dan membeli Berkshire Hathaway dan hasil rata-rata mereka unggul.

Diversifikasi Tidaklah Selalu Merupakan Ide Bagus

Banyak investor bagus yang menekankan pentingnya diversifikasi. Tapi Warren Buffett cenderung tidak setuju dengan ide tersebut.

Buffett mengatakan bahwa diversifikasi adalah untuk orang-orang yang tidak tahu banyak tentang investasi. Seorang investor berpengalaman harus memilih saham secara jangka panjang dan harus memiliki kepercayaan terhadap investasi yang dilakukannya.

Beberapa investor melakukan diversifikasi portofolio mereka karena mereka takut saham mana pun bisa menenggelamkan seluruh portofolio mereka. Akan tetapi, saat melakukannya, menjadi jauh lebih sulit untuk melacak kejadian terkini yang mempengaruhi masing-masing perusahaan. Jadi, dengan melakukan diversifikasi, mereka mungkin mengurangi volatilitas portofolio mereka, namun pada saat bersamaan mengurangi fokus pada investasi secara individual. Buffett justru menunggu kesempatan untuk membeli saham bagus, dan saat peluang tersebut berhasil, dia mengambil keuntungan penuh. (sumber: BusinessInsider)

Percayalah Pada Diri Anda Bahwa Anda Adalah Investor Yang Baik

Menurut Vintage Value Investing, Buffett mengatakan bahwa hal yang paling sulit adalah mempercayai keputusan investasi Anda. Anda selalu berpikir bahwa orang lain benar dan Anda salah. Sebagai gantinya, Anda perlu belajar untuk percaya pada diri sendiri dan bukan pada orang – orang lain.

Untuk menjadi sukses, Anda perlu mengatasi rasa takut dan tidak memperhatikan apa yang orang lain katakan tentang Anda. Akumulasikan pengetahuan dan buat keputusan investasi sendiri untuk jadi berbeda dari yang lain dan jadilah pemenang.

Hanya Buat Investasi Yang Anda Pahami

Warren Buffett mengatakan bahwa banyak orang berpikir sedikit sebelum melakukan investasi atau bahkan terlalu banyak berpikir.

Buffett juga memperingatkan bahwa Anda seharusnya tidak pernah berinvestasi dalam bisnis yang tidak Anda pahami sepenuhnya.

Ia mengatakan bahwa jika sebelum berinvestasi di saham perusahaan, ia harus terlebih dahulu memahami  tidak lebih dari 10 menit bagaimana perusahaan menghasilkan uang dan penggerak utama yang berdampak pada industri. Jika ia tidak dapat memahaminya dalam 10 menit, ia melanjutkan untuk mengevaluasi perusahaan lain atas dasar ini.

Dalam situasi yang mengandalkan perkiraan masa depan yang akurat, Buffett menyarankan untuk tidak berinvestasi. Jika itu rumit buat Anda, cari saja bisnis lain untuk diinvestasikan.

Buffett pernah mengatakan bahwa dari sekitar 10.000 lebih perusahaan publik, beliau ingin berinvestasi hanya di beberapa ratus perusahaan – bahkan sebelum mempertimbangkan valuasi!

Belajarlah Dari Kesalahan Anda dan Move On

Anda mungkin tercengang mengetahui bahwa bahkan Warren Buffett juga pernah membuat kesalahan – kesalahan besar. Tapi ia memastikan bahwa ia belajar dari kesalahannya.

Buffett menyarankan untuk mencatat kesalahan yang Anda buat sehingga Anda tahu apa yang salah dan pastikan tidak mengulanginya lagi.

Buffett lebih lanjut juga menuturkan bahwa Anda harus berbagi pelajaran ini dengan anak dan cucu Anda sehingga mereka tahu kesalahan apa yang tidak harus mereka lakukan kelak.

 

Sumber artikel:

inc.com

businessinsider.com

Sumber gambar:

ibtimes.co.uk