Cryptocurrency dan teknologi blockchain telah menjadi yang terdepan di media sejak kenaikan nilai dan volatilitasnya di tahun lalu. Meskipun banyak investor telah berhasil membeli dan menjual cryptocurrency, aset tersebut belum menginspirasi mata uang virtual ini untuk menjadi sumber finansial bernilai yang terpercaya dalam jangka panjang. Cryptocurrency, meskipun kuat dan menarik, hanyalah merupakan hal yang kecil jika dibandingkan dengan apa yang bisa dilakukan oleh blockchain.

Berikut adalah 5 sektor yang secara cepat diubah oleh blockchain.

Sektor Politik

Satu perusahaan, bernama Agora, baru-baru ini membantu memproses pemilihan presiden pertama yang didukung dengan sistem blockchain di Sierra Leone. Dengan misi mewujudkan pemilihan yang sepenuhnya transparan di seluruh dunia, Agora membantu mengurangi biaya pemungutan suara dan memberikan akses yang lebih besar kepada sekelompok besar orang.

Sistem voting digital bertujuan untuk membantu menghilangkan penipuan dan mempromosikan transparansi pada pemilu. Bagi negara-negara berkembang yang sering melakukan korupsi atau penipuan, ini bisa menjadi peluang untuk mendemokratisasikan proses pemungutan suara menggunakan teknologi blockchain.

Sektor Verifikasi Data

Verifier, sebuah startup baru mampu menggunakan blockchain untuk menciptakan struktur insentif bagi “verifier” di dunia nyata untuk memeriksa kembali informasi identifikasi.

Pengguna dapat mendaftar ke platform tersebut dan mendapatkan token Verifier dengan membantu platform mengidentifikasi orang-orang yang mungkin mereka kenal. Dengan menggunakan teknologi blockchain, Verifier menciptakan ekosistem “verifiers” yang verifikasinya tersimpan dengan aman dan didistribusikan ke berbagai institusi melalui blockchain.

Sektor Transaksi Crypto

Sebuah perusahaan baru bernama OPEN Platform sedang mengembangkan sistem yang memungkinkan beberapa aplikasi untuk dengan mudah menerima pembayaran cryptocurrency. Saat ini, infrastruktur pembayaran blockchain bagi pengembang untuk menerima cryptocurrency tidak ada, dan bila pengembang membangun solusi internal akan membutuhkan waktu yang cukup lama, biaya yang besar, dan pengetahuan pemrograman blockchain yang mumpuni.

OPEN berusaha mengaktifkan cryptocurrency cair senilai 500 miliar dolar untuk dibelanjakan, dan memacu adopsi cryptocurrency.

Sektor Pendidikan

Memanfaatkan kemampuan transfer data yang cepat dan aman serta penyimpanan data yang sangat besar yang ditawarkan oleh teknologi blockchain, perusahaan startup HybridBlock memampukan penggunanya untuk mengakses database besar berisi berbagai tutorial dan materi tentang semua aspek teknologi baru. Selain itu, platform ini juga memungkinkan penggunanya untuk berdagang crypto di interface yang sama, lebih lanjut menyederhanakan semua proses investasi bagi investor yang minim pengalaman.

Industri Audio

Industri musik tetap menjadi salah satu industri yang paling tidak bersahabat bagi mereka yang mencoba memasukinya. Meskipun banyak pembuat konten mengalami kesulitan memasarkan konten mereka, pencipta musik juga kesulitan untuk mengakses pasar yang akan memberi mereka kesempatan untuk mengesankan lebih banyak pendengar dan mendapatkan uang dari hasil berjualan konten mereka.

Perusahaan blockchain inovatif telah menjadikan hal ini sebagai misi mereka untuk mengembalikan kekuasaan kepada para pembuat konten dan membantu mendorong semua pihak untuk mengeksplorasi solusi yang saling menguntungkan untuk persoalan industri ini.

 

Sumber artikel:

quiverfinancial.com

inc.com

Sumber gambar:

medium.com