Apakah Anda mengirim banyak resume pada berbagai iklan lowongan kerja tapi tidak pernah mendapat jawaban?

Perekrut baik di departemen HR atau agen perekrutan dan perusahaan pencari menerima sejumlah besar resume setiap hari, dan mereka harus memutuskan dalam waktu 5-10 detik saja untuk memilih memanggil kandidat tersebut atau tidak.

Perekrutan profesional adalah sebuah kesempatan untuk menemukan kesamaan antara pekerjaan dan pelamar kerja, keterampilan kandidat dan kecocokannya dengan tanggung jawab pekerjaan. (sumber: businessinsider.com)

Berikut adalah 5 cara untuk menargetkan aplikasi Anda sehingga Anda lebih sering mendapatkan panggilan wawancara kerja.

Hanya Melamar Untuk Suatu Lowongan Yang Minimal 75 Persen Persyaratannya Dapat Terpenuhi

Rasio ini akan memberi Anda kepercayaan diri untuk berhasil dalam pekerjaan dan cukup ruang untuk tumbuh, belajar dan tetap termotivasi untuk beberapa tahun kedepan. 75% bukan hanya indikator bagus untuk perekrut akan siapa saja kandidat yang harus disisihkan  Рtapi juga penting bagi manajemen risiko pribadi Anda sendiri. Ini dikarenakan Anda ingin memastikan langkah berikutnya akan menjadi langkah yang benar dan Anda akan tetap terus berkembang dalam suatu organisasi yang baru.

Pastikan Anda Telah Memenuhi 99 Persen Kriteria

Ketika dikatakan di persyaratan kerja bahwa “bahasa Jepang yang fasih adalah kriteria yang harus dimiliki,” ini berarti Anda tidak dapat melakukan pekerjaan itu kecuali jika Anda memang benar – benar fasih dalam bahasa Jepang. Meskipun Anda mungkin menerapkannya bahasa Jepang dengan sangat baik sekalipun jangan melamar untuk pekerjaan tersebut jika Anda hanya memiliki pengetahuan dasar. Perbaharui dan tingkatkan terus pengetahuan Anda akan bahasa tersebut jika memang masih tetap ingin mencoba posisi yang serupa. Bersiaplah dan ketahuilah semua yang Anda masukkan di resume Anda akan diperiksa ulang – dan dalam 80% kasus, para pelamar harus memperbaiki tingkat bahasa yang disebutkan. Para perekrut pasti pernah menjumpai kandidat yang menuliskan “fasih” dalam resume mereka, namun tidak dapat berkomunikasi sama sekali dalam bahasa yang disebutkan.

Jangan Lamar Jika Anda Melebihi Atau Kurang Dari Kualifikasi Yang Di Minta

Meskipun dapat dimengerti bahwa Anda mungkin bersedia menurunkan ekspektasi gaji dan tanggung jawab jika Anda berkualifikasi tinggi, Anda bisa menciptakan kesenjangan secara internal.

Seperti dikutip dari businessinsider.com, selanjutnya, para perekrut dapat mengasumsikan bahwa menurunkan tingkatan tanggung jawab, jabatan dan gaji serta melaporkan kepada seseorang yang berpotensi kurang berkualitas daripada Anda yang dampaknya tidak baik untuk moral Anda atau manajemen karir Anda. Jika Anda tidak memiliki pengalaman yang dibutuhkan dan tidak memenuhi 75% persyaratan yang diminta, hampir dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan berhasil.

Lamar Lowongan Pekerjaan Yang Berlokasi Dekat Tempat Anda Saat Ini

Pindah ke kota lain dan meninggalkan keluarga dan teman untuk pekerjaan mungkin terdengar lebih mudah daripada kenyataan sebenarnya. Kecuali Anda seorang spesialis yang amat handal, kebanyakan para atasan tidak akan siap untuk melibatkan diri karena mereka tidak dapat memastikan bahwa Anda benar-benar akan mendapatkan izin untuk pindah tempat tinggal demi pekerjaan tersebut.

Yakinkan Diri Anda Dengan Pilihan Lowongan Kerja Tersebut

Jangan lamar suatu lowongan kerja bila Anda tidak yakin dengan konten pekerjaan yang tercantum, industri atau parameter lainnya yang tidak dapat Anda ubah. Memilih pekerjaan baru terkadang dapat menghabiskan 40 hingga 50 jam per minggu. Suatu keraguan pada awalnya kemungkinan besar akan mengakibatkan penolakan, dari kandidat atau calon atasan. Ini seperti sebuah lubang di kapal saat Anda meninggalkan tempat berlindung: jangan berpikir itu akan berjalan dengan baik atau akan ada kejutan menyenangkan nantinya, karena kemungkinan tersebut sangat kecil.

 

Sumber artikel:

businessinsider.com

forbes.com

Sumber gambar:

vacancycentre.com