Buku selalu penting bagi miliarder yang terkenal seperti Jeff Bezos, Bill Gates, dan Elon Musk.

Selama bertahun-tahun, trio tersebut telah memuji-muji beberapa buku yang mempengaruhi cara mereka melihat dunia, dari pendekatan mereka terhadap inovasi teknologi hingga bagaimana mereka mengelola bisnis mereka.

Berikut adalah 7 buku yang Bezos, Gates, dan Musk telah berikan ulasan bagus – dan mereka rekomendasikan kepada setiap orang untuk membacanya.

The Remains of The Day oleh Kazuo Ishiguro

Deskripsi buku dikutip dari Amazon:

“Ini adalah potret Kazuo Ishiguro yang sangat menarik tentang Stevens, pelayan terbaik, dan dunia yang memudar dan picik di Inggris pasca Perang Dunia II. Stevens, pada akhir tiga dekade pelayanannya di Darlington Hall, menghabiskan satu hari dengan berkendara di negara itu, memulai perjalanan melewati masa lalu dalam usaha untuk meyakinkan dirinya bahwa dia telah melayani manusia dengan melayani ‘pria hebat’ Lord Darlington Tapi mengintai dalam ingatannya adalah keraguan tentang sifat sebenarnya dari ‘kebesaran’ Lord Darlington, dan banyak keraguan yang mendalam tentang sifat hidupnya sendiri.”

Sam Walton: Made in America oleh Sam Walton

Deskripsi buku dikutip dari Amazon:

“Temui seorang pahlawan rakyat Amerika asli berasal dari jantung Amerika: Sam Walton, yang menjual satu toko di kota kecil hingga menjadi Wal-Mart, peritel terbesar di dunia. Raja pedagang yang tak terbantahkan pada akhir abad ke-20, Sam tidak pernah kehilangan sentuhannya. Begini, akhirnya, kata-kata yang tak ada bandingannya. Benar-benar sederhana, tapi selalu yakin akan ambisi dan prestasinya. Sam berbagi pemikirannya dengan gaya penulisan yang jujur. ”

Memos from the Chairman oleh Alan Greenberg

Deskripsi buku dikutip dari Amazon:

“Dibaca oleh semua orang dari Warren Buffett hingga Jeff Bezos serta Tom Peters (‘Saya menyukai buku ini,’ rekan penulis In Search of Excellence mengatakan), ‘Memos From the Chairman’ oleh Greenberg terdiri dari filosofi manajemen sederhana yang unik. Buat keputusan berdasarkan akal sehat. Hindari mentalitas kawanan. Mengendalikan biaya dengan cuti tak henti-hentinya. Jalankan bisnis Anda di tingkat tertinggi moralitas. Bebaskan orang yang termotivasi dan cerdas dari rantai komando. Selalu jawab telepon segera dan sopan. Jangan pernah percaya bau badan Anda sendiri adalah parfum. Dan tetap rendah hati, rendah hati, rendah hati. ”

Built to Last: Successful Habits of Visionary Companies oleh Jim Collins

Deskripsi buku dikutip dari Amazon:

“Menarik data dari proyek penelitian selama enam tahun di Stanford University Graduate School of Business, Collins dan Porras membawa delapan belas perusahaan yang benar-benar luar biasa dan bertahan lama – mereka memiliki usia rata-rata hampir seratus tahun dan telah mengungguli pasar saham secara umum oleh faktor lima belas sejak 1926 – dan mempelajari masing-masing perusahaan secara langsung dibandingkan dengan salah satu pesaing utamanya. Mereka memeriksa perusahaan dari awal mereka sampai sekarang – sebagai perusahaan start up, sebagai perusahaan menengah, dan sebagai perusahaan besar. Pada akhirnya, sang penulis bertanya: ‘Apa yang membuat perusahaan benar-benar luar biasa berbeda dari perusahaan lain?’ ”

“The Black Swan” oleh Nassim Taleb

Deskripsi buku dikutip dari Amazon:

The Black Swan” adalah buku yang berdiri sendiri di seri Incident Nassim Nicholas Taleb, sebuah penyelidikan tentang keburaman, keberuntungan, ketidakpastian, probabilitas, kesalahan manusia, risiko, dan pengambilan keputusan di dunia yang tidak kita mengerti. Buku-buku lain dalam seri ini adalah ‘Fooled by Randomness,’ ‘Antifragile,’ dan ‘The Bed of Procrustes.’ ”

“The Man Who Fed The World” oleh Leon Hesser

Deskripsi buku dikutip dari Amazon:

“Dr. Norman Borlaug, salah satu pahlawan terbesar di dunia, adalah individu yang paling banyak dihiasi pada zaman kita. Dia dikreditkan dengan menyelamatkan lebih dari satu miliar orang dari Kelaparan. Dr Borlaug hanya satu dari lima orang dalam sejarah yang memenangkan hadiah Nobel Perdamaian, Presidential Medal of Freedom dan Congressional Gold Medal. Selain itu, Dr. Borlaug menerima Padma Vibhushan, penghargaan sipil tertinggi yang bisa diberikan pemerintah India kepada warga negara non-warga negara. ”

The Myth of the Strong Leader

“Dalam survei kepemimpinan politik dan magisterial selama ratusan tahun ini, profesor politik Oxford, Archie Brown yang terkenal menantang kepercayaan yang meluas bahwa pemimpin yang kuat – adalah mereka yang mendominasi kolega dan proses pembuatan kebijakan – adalah yang paling sukses dan terpuji.

“Membalikkan banyak asumsi kita tentang tokoh terpenting abad kedua puluh, kesimpulan Brown bersifat orisinil dan mencerahkan. ‘The Myth of the Strong Leader’ memaksa kita untuk menilai kembali para pemimpin yang telah membentuk dunia kita – dan untuk mempertimbangkan kembali bagaimana kita harus memilih dan mengevaluasi orang-orang yang akan membawa kita ke masa depan. ”

 

Sumber artikel:

http://www.businessinsider.sg/bill-gates-jeff-bezos-elon-musk-favorite-books-2017-11/?r=US&IR=T
https://www.inc.com/john-rampton/25-books-top-ceos-recommend-you-read.html

Sumber gambar:

https://cdn0.tnwcdn.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2017/06/books1-796×471.png