Mengasuh anak di era digital cukup menantang dengan kehadiran perangkat mobile dan internet. Walaupun segalanya menjadi lebih mudah dengan teknologi terkini, namun dampak dari kecanduan teknologi dapat menyebabkan pola perkembangan negatif pada anak bila tidak dimanfaatkan dengan baik.

Stephen Balkam dari Family Online Safety Institute telah membagikan tips tentang bagaimana orang tua dapat mengasuh anak mereka dengan aman di dunia dengan teknologi yang sudah semakin canggih seperti saat ini. Berikut 7 tips yang bisa para orang tua ikuti.

Intenskan Komunikasi Dua Arah Dengan Anak Anda

Seperti dikutip dari Jakarta Post, komunikasikan dengan anak-anak Anda tentang apa yang mereka boleh dan tidak boleh dilakukan saat browsing internet sedini mungkin. Pastikan pembicaraan langsung ke pokok permasalahan dan sejelas mungkin, jadi tidak akan ada kesalahpahaman. Dan, jangan lupa, ini adalah komunikasi dua arah, jadi berikan juga kesempatan untuk anak Anda mengemukakan pendapatnya untuk mengajarkan bahwa semua hal dapat didiskusikan dengan adil dan Anda adalah orang tua yang tegas, namun bukan otoriter.

Pastikan Diri Anda Juga Up-to-Date Dengan Teknologi Terkini

Banyak orang tua tidak terbiasa dengan internet dan karenanya tidak mengerti banyak hal tentang hal tersebut. Tidak seperti anak-anak yang biasanya dapat beradaptasi dengan cepat terhadap teknologi baru, Anda mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk memahami semuanya.

Balkam menekankan bahwa orang tua harus belajar tentang teknologi dunia digital dengan harapan supaya mereka dapat lakukan upaya bersama untuk mendidik diri mereka secara online. Mereka juga perlu memahami aplikasi, permainan, dan situs web yang sering dikunjungi anak-anak mereka sehingga mereka mengetahui jenis konten yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak mereka.

Manfaat Sistem Parental Control Yang Tersedia

Banyak perangkat smartphone, permainan, sistem operasi dan mesin pencari dilengkapi fitur kontrol orang tua. Aktifkan fitur ini pada perangkat Anda, terutama yang digunakan oleh anak-anak, seperti ponsel, tablet dan konsol game. Pantau penggunaan produk Anda oleh anak.

Buat Aturan dan Batasan

Buat peraturan untuk anak-anak Anda dalam hal browsing internet. Misalnya, batasi waktu dan tempat dimana semua anggota keluarga tidak diperbolehkan menggunakan perangkat digital.

Misalnya, Anda bisa membuat zona bebas ponsel di ruang makan, yang mendorong interaksi sosial antar anggota keluarga saat makan.

Hal lain yang masuk akal bagi orang tua juga adalah meminta anak-anak mematikan semua perangkat elektronik beberapa jam sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang memiliki lebih banyak kesulitan tidur saat mereka sibuk dengan ponsel mereka di malam hari karena lampu layar pada perangkat elektronik menstimulasi otak yang pada akhirnya membuat Anda tetap terjaga.

Tambahkan dan Follow Anak Anda di Media Sosial

Ketika anak-anak Anda mencapai usia di mana mereka siap untuk menggunakan media sosial, biarkan mereka membuat akun media sosial jika mereka menginginkannya. Tapi pastikan Anda berteman dengan mereka di platform media sosial tersebut.

“Jadilah teman, tapi jangan menjadi stalker di mana Anda terus memantau apa yang mereka lakukan sepanjang waktu, selalu memberi komentar. Istilah untuk orang tua semacam ini adalah ‘ortu helikopter’,” kata Balkam.

Berikan kebebasan kepada anak-anak Anda di internet, terutama saat mereka remaja, saat di mana mereka cenderung suka berbagi perasaan mereka dengan media sosial.

Setelah itu, Anda dapat mendorong anak-anak Anda untuk mengembangkan reputasi online yang kuat, karena semua yang mereka poskan pada dasarnya direkam selamanya. Ingatkan mereka bahwa konten negatif yang diungkapkan selama masa tidak stabil mungkin membahayakan mereka di masa depan. Misalnya, seorang blogger dari Inggris baru-baru ini harus menarik diri dari kampanye iklan rambut L’Oreal karena tweet yang dia posting beberapa tahun yang lalu.

Eksplor Berbagai Hal Positif

Internet juga memiliki banyak hal positif yang dapat dinikmati oleh Anda dan anak. Misalnya, mintalah anak Anda untuk mengobrol dengan anggota keluarga yang tinggal jauh menggunakan Skype. Memanfaatkan dan merangkul teknologi apa yang ditawarkan serta mengeksplor hal – hal positif yang tersedia lewat kehadiran teknologi.

Jadilah Contoh Yang Baik

Anak meniru orang tua mereka, jadi penting untuk memberi contoh bagus dalam hal menggunakan perangkat digital dan browsing internet. Hindari semua kebiasaan negatif jika Anda tidak ingin anak Anda melakukannya juga. Jika Anda melarang anak memakai headphone saat duduk di meja makan, Anda juga harus melakukan hal yang sama.

Orang tua juga harus tahu kapan mereka seharusnya tidak menggunakan perangkat elektronik dan internet mereka sendiri sehingga mereka dapat berinteraksi dengan orang yang mereka cintai secara langsung, bukan melalui komputer atau layar ponsel. Cobalah untuk mematikan dan menyingkirkan ponsel dan laptop Anda selama akhir pekan dan menikmati waktu luang yang berharga untuk mengobrol dengan keluarga Anda.

 

Sumber artikel:

huffingtonpost.com

thejakartapost.com

Sumber gambar:

ekintza.org