Jika Anda tertarik dengan pekerjaan yang memiliki banyak variasi, posisi product manager bisa menjadi pilihan ideal untuk Anda. Peran posisi ini menyangkut bisnis, teknologi, dan desain, menggabungkan strategi, pemasaran, kepemimpinan, dan keterampilan lainnya dengan tujuan untuk meluncurkan produk yang inovatif dan menakjubkan.

Manajer produk yang baik biasanya tidak memulai karir mereka sebagai manajer produk, meskipun ini adalah tujuan yang mereka akan capai suatu saat nanti. Jika Anda sudah mengincar peran satu ini sebagai pekerjaan impian di masa depan, berikut adalah 8 tips yang dapat Anda terapkan untuk mencapainya.

Pelajarilah Beberapa Hal Yang Penting dan Mendasar

“Pelajari bagaimana cara berbicara bahasa seorang product manager,” kata Mark Davis, Direktur Manajemen Produk di Akademi Fullstack. Anda tidak akan menemukan kekurangan buku dan artikel tentang karir di bidang tersebut, namun menurut Davis, “Hanya ada tiga buku yang perlu Anda baca: Startup Lean oleh Eric Ries, Lean Analytics oleh Alistair Croll, dan The 4 Steps to Epiphany oleh Steve Blank.

Latihlah Keterampilan Mendengar Anda

Ini adalah keterampilan yang dapat Anda lakukan tanpa memandang apa peran yang Anda jabat dalam pekerjaan saat ini. Latihlah kemampuan mendengarkan Anda dengan rekan kerja, klien, dan bahkan di luar pekerjaan bersama teman dan keluarga Anda.

“Salah satu ciri paling penting yang dimiliki manajer produk hebat adalah kemampuan mendengarkan yang luar biasa,” kata Nat Kunes, VP Product di AppFolio. “Tidak hanya mendengarkan apa yang diinginkan klien, tapi mendengarkan dengan empati. Ini benar-benar memungkinkan mereka untuk terhubung dan sangat memahami masalah yang perlu dipecahkan.”

Belajarlah Caranya Menulis Kode

Ingin membuat diri Anda amat dicari oleh banyak perekrut? Pertajam terus keterampilan teknis Anda. “Manajer produk yang tahu bagaimana menulis kode disebut ‘manajer produk teknis’,” kata Mark Davis. Mereka adalah manajer produk yang langka, dan sangat diminati karena mereka lebih mampu memimpin tim pengembang yang akan membangun produk mereka. ”

Natalie Baer, manajer produk di Verizon, setuju bahwa ketrampilan teknologi bisa membantu Anda. “Luangkan waktu untuk berbicara dan bekerja dengan seorang engineer jika Anda bukan engineer. Belajarlah untuk melakukan coding (coding bootcamps adalah salah satu pilihan yang layak Anda coba). Bekerja pada proyek sampingan Anda sendiri. Jadilah ahli teknologi di area yang memang Anda minati.”

Utamakan Kemampuan Membuat Prioritas

Seperti dilansir dari forbes.com, kegiatan keseharian dalam kehidupan manajer produk sering mengharuskannya merespon berbagai pihak entah itu permintaan dari klien, pertanyaan dari karyawan, instruksi dari atasan, dan banyak lagi tugas dan keputusan lainnya yang harus dibuat. Memprioritaskan (dan mendelegasikan) tugas – tugas tertentu adalah kunci sukses untuk posisi yang satu ini.

Jamie Morningstar, manajer produk di Qualtrics, mengatakan, “Bagian tersulit dari manajemen produk adalah menentukan inisiatif mana yang terbaik di antara sekian banya gagasan bagus lainnya. Luangkan waktu dalam posisi kerja Anda saat ini untuk berlatih menciptakan kasus bisnis. Prioritaskan dan bagikan tugas kepada aktivitas tim Anda dan cobalah untuk mendokumentasikan pembenaran untuk prioritisasi yang telah Anda buat tersebut. Identifikasi dan kuantifikasi nilai bisnis untuk setiap inisiatif yang Anda lakukan dan susun prioritas sesuai dengan hal tersebut.”

Demonstrasikan Kemampuan Desain UX

Seorang manajer produk tidak akan berhasil jika mereka tidak mengingat pengguna akhir mereka selama proses perancangan dan pembuatan produk. Di sinilah latar belakang pengalaman pengguna sangat berguna bagi Anda yang berminat menjadi seorang manajer produk. Mark Davis menyarankan agar Anda menyimpan bukti kuat untuk mendukung keterampilan yang Anda klaim. “Selalu lebih baik menunjukkan keahlian Anda daripada sekadar membicarakannya, jadi alih-alih hanya menulis ‘pengetahuan UX’ dan ‘desain’ sebagai keterampilan dalam resume Anda, buatlah situs portofolio pribadi yang menarik yang menunjukkan keahlian Anda.”

Pelajari Cara Memimpin

“Anda harus melatih kepemimpinan Anda akan sebuah tim profesional yang mewakili banyak talenta,” kata Soghaier. “Jika Anda pikir Anda bukan penyelenggara terbaik atau tidak merasa nyaman untuk mengadakan rapat, cobalah mengikuti rangkaian lokakarya kepemimpinan, atau dapatkan sertifikasi Scrum. Melakukan hal itu pasti akan membuat Anda memiliki pola pikir kepemimpinan dan mengarahkan Anda pada jalan untuk menunjang keahlian profesional Anda saat ini ke domain yang lebih mengarah ke manajemen produk. ”

Pertajam Kemampuan Berpikir Analitis Anda

Morningstar mencatat bahwa hal ini selalu sepaket dengan memahami apa yang sedang terjadi dalam tim teknis Anda. “Manajer produk harus bisa berbicara dan berpikir analitis serta mendemonstrasikan kemampuan teknis. Jika Anda tidak berasal dari latar belakang teknis, tetaplah dekat dengan orang-orang yang bertanya dan tanyailah mereka banyak pertanyaan. Jangan terobsesi dengan rincian masalah teknis tertentu saja. Akan tetapi, fokuslah pada bagaimana mereka melihat dan menganalisis masalah. Anda ingin belajar melihat dunia melalui mata mereka dan menghadapi masalah dengan kemampuan analisis yang kuat.” (sumber: forbes.com)

Pertimbangkan Bagaimana Anda Akan Mengembangkan Produk Yang Ada Sekarang

Hal ini akan membuat Anda merasakan pengalaman kerja nyata sebelum melakukan peran manajemen produk secara lengkap. “Anda akan dapat mengasah ketrampilan manajemen produk Anda, menunjukkan kemampuan Anda untuk pekerjaan itu, meningkatkan peluang bahwa ide Anda akan diimplementasikan, dan menjadi aset bagi manajer produk Anda dan bukan hambatan.”

Sumber artikel:

forbes.com

medium.com

Sumber gambar:

glints.com