Jack Ma, pemilik Alibaba Group, meluncurkan teknologi untuk Olympic Games mendatang dalam showcase “The Olympic Games on the Cloud”. Acara yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 25 Februari 2018 ini juga dihadiri oleh Thomas Bach, presiden International Olympic Committee (IOC) serta beberapa tamu dan atlet ternama seperti Yao Ming dan Michelle Kwan.

Dalam acara ini, Jack Ma menunjukkan teknologi yang akan diimplementasikan pada Olympic Games¬†dengan sangat interaktif. Sebagai partner resmi Olympic Games untuk “cloud services” dan “e-commerce platform”, Alibaba memanfaatkan teknologi cloud. Chief Marketing Officer Alibaba Group, Chris Tung, mengungkapkan bahwa teknologi ini dinamakan Cloud ET Sports Brain.

Cloud ET Sports Brain menggabungkan data intelligence dan machine learning untuk memfasilitasi kebutuhan fans, atlet, penyelenggara, dan penyedia tempat. Hal ini akan mempermudah seluruh pihak untuk menikmati Olympic Games dengan pengalaman digital.

Aplikasi Cloud ET Sports Brain

Rencananya, Cloud ET Sports Brain ini akan memiliki beberapa aplikasi yang memiliki fungsi masing-masing, seperti:

  1. Menambah kualitas pengalaman

Fans dan atlet dapat menikmati permainan secara offline maupun online. Aplikasi ini akan memanfaatkan big data dalam cloud.

2. Smart City Planning untuk kota-kota penyelenggara

Aplikasi ini akan berguna untuk kota-kota yang akan menjadi penyelenggara Olympic Games selanjutnya. Dengan analisis big data geospasial, lokasi terbaik untuk games akan lebih mudah ditentukan.

3. Keamanan dan Kenyamanan

Menjaga keamanan dalam jumlah orang yang banyak pasti tidak mudah. Aplikasi ini akan dilengkapi dengan identifikasi biometrik untuk mengontrol keamanan dan kenyamanan selama games berlangsung.

4. Meningkatkan efisiensi latihan untuk atlet

Deep machine learning yang dapat menghubungkan data waktu istirahat, nutrisi, dan intensitas latihan akan mempermudah atlet untuk mengontrol performanya.

5. Memperluas jaringan dan akses pada konten Olympic Games

Fasilitas penyimpanan data dan kustomisasi konten mempermudah fans dan media untuk membagikan momen-momen menarik.

Chris Tung juga menuturkan bahwa teknologi ini masih akan dikembangkan untuk menyambut Summer Olympics 2020 dan Winter Olympics 2022 di Tiongkok dan Jepang.

Sumber:
https://economictimes.indiatimes.com/news/international/world-news/alibaba-vows-digital-transformation-of-olympics/articleshow/62861621.cms
https://www.olympic.org/news/olympic-partner-alibaba-group-opens-new-doors-to-the-cloud-for-its-first-olympic-games
http://www.nationmultimedia.com/detail/sports/30338667

Sumber gambar:

https://media.gettyimages.com/photos/president-thomas-bach-and-alibaba-group-executive-chairman-jack-ma-picture-id916408866?k=6&m=916408866&s=612×612&w=0&h=u1F6qkqyhd4ZyyillHCoqA51bR7pSkKibd5GTJ2IKN4=