Film baru Steven Spielberg, Ready Player One, menggambarkan dunia pada tahun 2044, ketika orang miskin tinggal di taman trailer yang ditumpuk secara vertikal dan semua orang terhubung ke dunia virtual seperti Second Life yang disebut Oasis.

Karena film Ready Player One, sekarang ada papan iklan raksasa di jalan-jalan di seluruh dunia di mana seseorang memakai Headset VR. Bagi kita yang telah hidup dan terbiasa dengan kehadiran teknologi ini selama bertahun-tahun, film ini adalah segalanya.

Pertanyaannya adalah: Apakah semua yang terjadi di film Ready Player One merupakan gambaran masa depan yang nyata dari teknologi VR? Berikut ulasannya untuk Anda simak!

Dalam film ada beberapa teknologi yang muncul. Nah, bagaimana teknologi tersebut di masa mendatang. Mari kita lihat satu persatu masa depan teknologi yang ada di dunia kita dengan yang ada di film.

Headset

Di Film

Pada sekilas pandangan pertama, headset di Ready Player One terlihat mengejutkan seperti generasi pertama Oculus Rift dalam ukuran dan bentuknya. Namun, film ini mengklaim bahwa Proyeksi Head-Mounted Displays (HMD) pada tahun 2024 terdiri dari laser tidak berbahaya yang bersinar langsung ke retina Anda – jauh dari HMD berbasis layar yang ada saat ini. Headset di film ini tampaknya dapat melakukan pelacakan, ringan, nirkabel, dan dapat menghasilkan gambar yang tidak dapat dibedakan dari kenyataan dengan penundaan pemrosesan yang minimal atau tanpa pemrosesan sama sekali. Headset berbasis sci-fi lainnya muncul kemudian di film, ketika Wade memperbarui HMD-nya ke model dengan kaca semi-transparan. Dalam film yang diangkat dari novel karya Ernest Cline ini, ada referensi untuk server besar OASIS di Columbus, jadi semua kekuatan pemrosesan mungkin tidak berasal dari headset itu sendiri melainkan dikirim melalui jaringan 5G (atau lebih tinggi) ke setiap pengguna.

Di Masa Sekarang

HMD yang canggih ditambatkan ke PC yang kuat, dan hasilnya adalah datang kemudian pada tahun 2018 (Vive Pro, Oculus Go, dan konon Oculus Prototype Santa Cruz) yang adalah power/resolusi berbasis seluler atau memerlukan tampilan nirkabel dengan link PC. Meskipun belum ada laser yang ditembakkan langsung ke retina, kita dapat mengasumsikan bahwa seseorang saat ini sedang mengerjakannya.

Di Masa Mendatang

Ketika dirilis, Magic Leap dijanjikan untuk menjadi hal yang paling dekat dengan headset realitas campuran yang kompleks. Headset ini dapat memancarkan informasi langsung ke mata Anda yang memanfaatkan rasa kedalaman Anda, yang seharusnya membuat pengalaman lebih nyaman daripada berjam-jam dalam headset yang menatap piksel; namun, itu tidak sempurna karena bidang pandang tidak akan memiliki resolusi penuh seperti di OASIS. Saat ini desainnya agak kikuk – masih ada masalah baterai seperti walkman yang harus ditangani dan FOV 40 derajat. Selain rilis Ready Player One, peluncuran Magic Leap One mungkin adalah peristiwa yang paling dinantikan dalam sejarah singkat VR. Sebagai catatan tambahan, istilah “VR” mungkin tidak lagi berlaku, karena diperkirakan bahwa headset AR dan VR akan bergabung dan menjadi satu perangkat.

Pergerakan

Di Film

Salah satu adegan pertama dalam film ini menampilkan Wade menavigasi OASIS pada treadmill omnidirectional sederhana. Ketika film berlangsung, mekanisme pergerakan masuk ke wilayah yang benar-benar baru. “Sixers” (pasukan musuh di film melawan Gunters) berdiri tegak di dalam pod masing-masing dengan treadmill di bawahnya; jika diperlukan, mereka dapat duduk untuk “mengendarai” kendaraan. Di sisi Gunter, di truk Aech, “Lima Hive” ditambatkan ke langit-langit melalui kabel untuk gerakan bertarung yang tidak terhalang.

Di Masa Sekarang

Treadmill omnidirectional ada saat ini tetapi masih memiliki beberapa masalah yang harus dibenahi. Banyak yang dirancang mirip dengan yang ada di film (pengaturan mikro dan makro-treadmill contohnya). Pelacakan gerak pengguna dilakukan melalui sensor eksternal, dan untuk gerakan maksimum, hal terdekat yang kita miliki dengan pengalaman VR tak terikat adalah pengalaman berbasis lokasi ala The Void, dan itu masih memerlukan ransel.

Di Masa Mendatang

Realitas Virtual di mana gerakan fisik Anda benar-benar dapat disinkronkan dalam rasio 1: 1 tanpa perlu kabel. Inertial Measurement Units (IMUs) sudah digunakan untuk menangkap gerakan dalam film dan video game, dan sistem ini dapat diintegrasikan ke pakaian haptic modern untuk mencocokkan gerakan seluruh tubuh.

Mata Uang Digital

Di Film

Satu mata uang universal ada di OASIS, dan nilainya lebih stabil daripada mata uang di dunia nyata. Di OASIS, mata uangnya lebih dipercaya daripada mata uang di dunia nyata. Wade menerima bonus untuk naik level dalam perlombaan untuk menangkap telur, dan menggunakan mata uang digital untuk memesan produk nyata melalui drone di dunia nyata. Di OASIS, pengguna dapat melakukan semacam quest yang membutuhkan kerja keras yang merupakan bukti nyata pekerjaan ada di OASIS.

Di Masa Sekarang

Jadi cryptocurrency hari ini masih agak sedikit berantakan. Masalahnya termasuk ICO yang gagal diluncurkan atau dewan penasihat yang sepenuhnya dibuat, orang-orang meragukan keamanan mata uang digital. Namun demikian, jutaan orang ingin belajar lebih banyak tentang revolusi mata uang ini dan klaimnya untuk memperjuangkan penyetaraan keuangan dunia.

Di Masa Mendatang

Mendemokrasikan cryptocurrency adalah yang terpenting. Beberapa perusahaan, seperti Robin Hood, melakukan pekerjaan hebat dengan menyediakan cryptocurrency kepada massa melalui aplikasi seluler yang mudah diakses. Beberapa berpendapat bahwa Ready Player One sebenarnya memprediksi munculnya cryptocurrency; Namun, film itu tidak memprediksi koin alternatif seperti Ethereum, Monero atau Ripple.

Sumber artikel:

entrepreneur.com

techcrunch.com

Sumber gambar:

conceptsvideo.com