• Jangkauan organik Instagram mengalami kenaikan sebesar 115% selama 4 tahun terakhir
  • Dibandingkan dengan Facebook, Instagram dapat menghasilkan engagement yang 58% lebih besar per follower
  • Beberapa cara untuk meningkatkan eksposur produk dapat dilakukan dengan mengikuti perkembangan tren serta mempromosikan orang lain
  • Mengapa Instagram? Persaingan yang masih sedikit (baru 36% marketer memanfaatkan jasa Instagram sedangkan 93% sudah menjajal Facebook)

Instagram telah mengubah dunia. Di era digital seperti ini, pemasaran bisnis dapat secara mudah dilakukan, salah satunya melalui Instagram. Cepat, efektif serta menarik, media sosial dapat dimanfaatkan saat Anda ingin banyak orang mengenal lebih jauh mengenai bisnis Anda. Karena tidak dapat dipungkiri, SEO merupakan salah satu strategi online marketing paling efektif yang patut Anda pertimbangkan.

Visual Adalah Yang Terpenting

Saat memasarkan produk atau merek, faktor visual adalah hal pertama yang akan diperhatikan orang. Ciptakanlah visual yang konsisten dalam segi estetika dan kualitas. Ini mengacu pada keseragaman feed Anda. Salah satu usaha konsistensi ini dapat dilakukan dengan mengikuti satu skema warna yang sudah ditentukan. Bicara soal filter, usahakan menggunakan filter yang sama kapanpun, dan hindari memenuhi gambar dengan teks yang tidak diperlukan.

Gunakan Jasa Profesional

Jika Anda merasa tidak yakin akan kemampuan merangkai kata maupun memilih gambar yang menarik, gunakanlah jasa seorang yang memang profesional dalam bidang desain, fotografi dan kata-kata. Instagram memiliki seninya tersendiri yang berawal pada satu faktor, yakni estetika. Ingin menjaring banyak followers bisa menjadi hal yang rumit jika Anda tidak mengetahui aturan main dan seluk beluknya. Profesional yang Anda pekerjakan akan dapat menentukan konten, memilih foto yang tepat serta merangkai caption yang catchy dan mudah diingat.

Mengikuti Perkembangan Tren

Isi di platform media sosial biasanya memiliki kesamaan saat ada tren yang meledak. Oleh karena itu, feed harus dapat terus menyesuaikan diri dan mengikuti hal-hal yang tren di seluruh platform ini. Anda perlu membuat visual yang unik, namun tetap berhasil menyampaikan pesan tertentu yang bisa menjadi topik tren untuk audiens.

Hashtags Adalah Pahlawanmu

Instagram memiliki fitur hashtag yang mirip dengan Twitter. Dalam setiap post, usahakan menggunakan setidaknya lima sampai sepuluh hashtag (meski batas maksimumnya adalah tiga puluh). Hashtag ada bukan sekedar untuk meramaikan caption yang Anda buat, mereka diciptakan agar pengguna dapat menemukan produk Anda dengan mudah. Menggunakan hashtags yang spesifik sesuai tujuan campaign maupun hasthtags general yang sudah digunakan ribuan orang dapat meningkatkan popularitas feed.

Pastikan Postingan Anda Menghibur

Sebuah post harus memiliki setidaknya satu dari karakteristik berikut ini: menghibur, inspirasional atau berguna. Akan sangat baik jika tiga fungsi ini ada dalam satu post. Namun, jika tidak memungkinkan, pastikan bahwa post Anda setidaknya berguna bagi audiens. Ketika seseorang merasa terinspirasi, disanalah ia memutuskan untuk ingin tahu lebih banyak tentang bisnis Anda.

Promosikan Orang Lain dan Repost

Hubungan timbal balik yang menguntungkan sangat dapat meningkatkan eksposur Anda dalam media sosial. Salah satunya dapat dilakukan dengan mempromosikan brand lain yang memiliki jumlah followers yang kurang lebih sama seperti Anda. Hal ini dikenal sebagai unpaid shout-out (shout-out tidak berbayar). Ada pula shout-out berbayar di mana visibility Anda dapat meningkat jika brand yang jauh lebih populer mempromosikan produk Anda.

Pasang Link di Profil Anda

Karena link di post Instagram Anda tidak bersifat clickable, manfaatkan kolom ‘Bio’ untuk mencantumkan link tersebut. Link dapat berupa alamat website perusahaan, maupun produk baru dan juga landing page yang Anda rasa dapat membawa keuntungan bagi bisnis Anda.

Ingin mendapatkan pekerjaan impian?
Daftar EKRUT
Sumber: http://www.smartinsights.com/social-media-marketing/instagram-marketing/10-tips-improving-branding-instagram/
Gambar: https://media.sproutsocial.com/uploads/2016/08/Instagram-Branding-01.png