Lewatlah sudah hari-hari ulasan tahunan dan kenaikan gaji tahunan. Tenaga kerja saat ini harus benar-benar berpikir (dan bekerja) di luar kebiasaan untuk mendapatkan tambahan gaji sebesar 5%. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan penghasilan Anda, Anda harus mulai meletakkan landasan yang kuat sekarang untuk meminta kenaikan gaji nanti. Berikut adalah 4 langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Analisa Dahulu Keadaan Perusahaan Dengan Baik

Sebelum Anda meminta lebih banyak gaji, cari tahu posisi perusahaan Anda tentang kenaikan gaji. Jika perusahaan tempat Anda bekerja hanya akan mempertimbangkannya setiap enam bulan atau setahun sekali, ketahuilah bahwa hal tersebut pasti terjadi.

Bicaralah dengan manajer Anda, bicaralah dengan HR, pelajari semua fakta mengenai kenaikan gaji. Setelah Anda mendapatkan semua fakta mengenai kenaikan gaji, Anda dapat menyusun rencana ke depan untuk meminta kenaikan gaji.

Ketahui Seberapa Berharganya Diri Anda

Banyak para profesional yang membuat kesalahan dengan percaya bahwa mereka lebih berharga daripada yang sebenarnya. Untuk mengetahui secara benar-benar objektif tentang apa yang seharusnya Anda dapatkan, kerjakan pekerjaan rumah Anda.

Semakin banyak pekerjaan rumah yang dapat Anda selesaikan, maka akan semakin baik. Berbagai situs seperti PayScale, Glassdoor, dan Salary.com menawarkan alat-alat keren untuk membantu Anda memahami semua hal tentang gaji.

Jangan puas hanya dengan dua atau tiga sumber. Minimal 10 sumber akan memberi Anda gambaran yang jelas dan kuat tentang apa yang orang lain dalam peran yang sama dengan Anda dapatkan.

Akhirnya, berhati-hatilah dengan masukan. Jangan menyebut diri Anda senior jika Anda ternyata hanyalah karyawan tingkat menengah, misalnya. Itu sama saja dengan Anda menjebak diri sendiri untuk gagal.

Bicarakan Tentang Struktur

Katakanlah bahwa perusahaan Anda memiliki aturan yang disiplin, setelah dipromosikan, Anda memenuhi syarat untuk mendapat kenaikan gaji setahun sekali dalam jangka waktu tertentu.

Mulailah mempersiapkan rencana Anda untuk meminta kenaikan gaji sekarang. Jadwalkan pertemuan dengan manajer Anda. Minta mereka untuk membantu Anda menetapkan beberapa sasaran realistis untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda ketika saatnya tiba saatnya untuk mengevaluasi kembali gaji yang Anda terima.

Manajer yang efektif tidak akan memberi harapan palsu. Mereka tidak akan muncul dengan hal-hal yang tak jelas seperti “Anda harus terus melakukan pekerjaan dengan baik dan mengembangkan beberapa kemampuan baru.”

Lakukan Follow Up

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang benar tentang apa yang harus dibidik, jaga pembicaraan tetap berlangsung. Tinjau kembali tujuan Anda dengan manajer Anda selama sesi pertemuan reguler Anda.

Anda akan dihargai untuk keterusterangan Anda dan untuk fakta bahwa Anda berusaha untuk meningkatkan gaji Anda.

Ini adalah fakta dasar kehidupan bahwa Anda harus mendapatkan apa yang Anda harus dapatkan. Fakta lain yang mendasar adalah jika Anda ingin mendapatkan bayaran yang lebih banyak, Anda harus (1) bekerja lebih keras, dan (2) mengundang perhatian pada pekerjaan Anda.

Sumber artikel:

inc-asean.com

salary.com

Sumber gambar:

kinja-img.com