Ahli jantung dari Rumah Sakit de Navarra, Pamplona, Spanyol, dr. Adela Navarro menyebut kopi sebagai minuman terpopuler di dunia. Sekitar separuh penduduk di Amerika Serikat yang berusia di atas 18 tahun mengkonsumsi kopi setiap harinya. Rata-rata, setiap orang meminum tiga setengah cangkir kopi per hari. Bahkan buku The Book of Incredible Information menyebutkan, kopi menjadi komoditas termahal kedua setelah minyak bumi, yang diekspor oleh negara-negara berkembang.

Kopi memang memiliki banyak kebaikan. Namun, setiap peminum kopi akan merasakan manfaat yang berbeda, termasuk bagi ekstrovert dan introvert. Seorang introvert disarankan untuk meminum kopi, agar mendapatkan tiga manfaat berikut ini.

Membantu berkonsentrasi

Pada 2013, sebuah studi yang melibatkan 128 responden memperlihatkan, kafein dalam jumlah rendah dapat meningkatkan kekuatan memori dan kewaspadaan, baik bagi ekstrovert maupun introvert. Oleh karena itu, kaum introvert disarankan mengkonsumsi kopi untuk membantu memusatkan pikiran.

Seperti diketahui, seorang introvert dapat dengan mudah terdistraksi oleh kehadiran orang lain. Jika Anda seorang introvert, secangkir kopi dapat membantu berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas kantor untuk mengejar deadline.

Meningkatkan kesehatan

Mereka dengan kepribadian introvert biasanya lebih cepat stres dibandingkan kaum ekstrovert, terutama dalam aktivitas berkelompok. Stres dapat menurunkan kekebalan alami tubuh, yang bisa mengakibatkan penyakit serius.

Oleh karena itu, seorang introvert perlu mengambil langkah ekstra untuk tetap sehat dan terbebas dari stres. Mengkonsumsi empat sampai delapan ons kopi per hari bisa mencegah penyakit jantung, diabetes, kanker, dan Parkinson. Selama tidak dikonsumsi berlebihan, kopi dapat membantu Anda menjadi lebih bugar dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Membantu pencarian ide kreatif

Pekerja di bidang kreatif memang harus selalu memiliki banyak ide unik. Para pekerja di bidang ini dengan kepribadian introvert dapat terbantu dalam mencari ketenangan dan ide kreatif, dengan mengkonsumsi kopi. Berdasarkan penelitian, kopi dapat menumbuhkan rasa bahagia dan semangat, jika dikonsumsi dengan jumlah yang wajar. Hindari meminum kopi dengan takaran yang berlebihan, karena akan meningkatkan detak jantung dan menimbulkan rasa gelisah.

Profesor sekaligus pengajar di Departemen Psikologi Cambridge Judge Business School, Dr. Brian R. Little menyatakan kafein dalam jumlah yang cukup tinggi memang bisa mengganggu introvert dalam bekerja. Namun, Dr. Little yakin, kopi bukanlah sesuatu yang harus ditakuti oleh introvert.

 

Sumber:
besthealthmag.ca
shape.com
inc-asean.com
nih.gov
professorshouse.com
recipes.howstuffworks.com
sciencedaily.com