Tidak semua topik pembicaraan dapat menjadi topik yang tepat untuk dibicarakan dalam lingkungan pekerjaan Anda. Agama, pandangan politik, dan bergosip hanyalah segelintir dari banyak hal yang tidak sepantasnya Anda diskusikan dengan kolega. Apa sajakah dan mengapa hal-hal yang tidak pantas Anda bicarakan di dalam lingkungan kerja?

Agama

Banyak sekali topik pembicaraan yang berkaitan dengan agama beredar di berbagai kalangan masyarakat. Namun, meskipun agama adalah topik yang ramai diperbicangkan, bukan berarti Anda dapat mendiskusikan ini di tempat kerja. Agama dan keyakinan adalah hal yang sifatnya sangat pribadi bagi setiap individu. Topik ini bukanlah topik yang tepat untuk dipertanyajawabkan di lingkungan kerja karena bukan tidak mungkin akan dapat menimbulkan perselisihan yang berkepanjangan karena adanya perbedaan pendapat.

Politik

Politik merupakan topik yang sama sensitifnya dengan agama. Topik ini sangat rawan menimbulkan perpecahan apabila ada perbedaan pendapat karena setiap orang pasti memiliki pandangan politiknya masing – masing. Liberal? Demokrat? Konservatif? Sebaiknya simpan saja sendiri. Jika Anda menimbulkan perdebatan mengenai hal ini, tentunya kolega akan menjauhi Anda dan Anda tidak mungkin dapat bekerja sendirian.

Ingin sukses dengan pekerjaan impian?
Daftar Sekarang

Impian akan Karir Yang Ideal

Memiliki rencana karir yang matang memang perlu untuk menjamin kesuksesan di masa depan. Namun, apabila Anda terus menerus menceritakan rencana Anda untuk beberapa tahun ke depan terlebih jika Anda memberi kesan bahwa pekerjaan sekarang hanyalah batu loncatan saja, bukan tidak mungkin atasan akan mempertanyakan kesetiaan pada pekerjaan saat ini. Ingatlah bahwa Anda perlu membangun reputasi baik di mana pun Anda bekerja.

Masalah Dari Kehidupan Pribadi Anda Bersama Orang Terdekat

Anda boleh saja menceritakan kehidupan pribadi Anda dan masalah Anda pada kolega yang mungkin Anda kenal dekat. Namun, alangkah lebih baik, apabila Anda tak terlalu sering menceritakan masalah Anda di lingkungan kerja karena bisa saja kolega jadi merasa malas untuk berinteraksi dengan Anda. Anda akan dianggap orang yang selalu mengeluhkan banyak hal dan memperburuk citra Anda sendiri.

Gosip Mengenai Rekan Kerja dan Orang Lain Di Kantor

Gosip tentu saja adalah hal negatif yang tak boleh Anda lakukan. Ini karena gosip belum dapat dipastikan kebenarannya. Seperti poin sebelumnya, gosip akan membuat reputasi diri Anda sebagai seorang profesional menjadi buruk dan akan menghambat kemajuan diri sendiri pada akhirnya.

Kebiasaan Buruk Anda

Mungkin Anda sudah merasa dekat dengan kolega dan merasa nyaman menceritakan apa saja pada mereka termasuk kebiasaan buruk Anda. Ingatlah sekali lagi bahwa dalam lingkungan kerja, tak semua orang akan benar-benar nyaman melihat Anda mendiskusikan kebiasaan buruk Anda secara gamblang. Ini dapat membuat suasana di pekerjaan menjadi kurang kondusif pula pada akhirnya.

EKRUT membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang tepat sesuai keahlian dan passion Anda! Daftar EKRUT sekarang diĀ http://ekrut.com/join

Sumber Artikel:

https://www.thebalance.com/topics-to-avoid-discussing-at-work-526267

https://www.forbes.com/sites/dailymuse/2017/07/10/the-5-topics-you-should-never-ever-bring-up-in-a-professional-setting/#d2105c550cb6

Sumber gambar:

https://s-i.huffpost.com/gen/1530875/images/o-SHUSH-facebook.jpg