Untuk Anda yang sedang sibuk mencari pekerjaan, jangan lupa juga mempersiapkan diri dalam menghadapi interview. Ternyata, selain menyiapkan mental dan latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja, pakaian juga mempengaruhi kesuksesan interview, lho! Jadi, Anda perlu menyiapkan yang satu ini dengan baik.

Seperti apa sih pakaian interview terbaik yang membantu Anda lolos seleksi? Memang sih, pakaian tidak memberikan jaminan Anda diterima bekerja. Namun setidaknya, Anda harus memberikan kesan yang baik pada perusahaan yang Anda tuju. Nah, agar Anda tidak salah kostum alias saltum, yuk simak tips memilih pakaian untuk interview berikut ini!

Gunakan pakaian formal

Hal pertama yang harus Anda ingat dalam memilih pakaian interview kerja adalah memakai pakaian formal. Coba bayangkan jika Anda menggunakan pakaian nonformal yang biasa digunakan sehari-hari, pasti akan terkesan tidak sopan, bukan? Ada beberapa pilihan pakaian formal yang bisa Anda pilih, yaitu :

Rok pensil

Model pakaian formal yang satu ini sering dipilih wanita dikarenakan terkesan lebih feminin. Pilih warna gelap seperti hitam atau cokelat, untuk memberikan kesan formal sekaligus menunjukkan kepercayaan diri Anda. Untuk rok yang satu ini, gunakan ukuran yang pas dengan tubuh dan paling tidak sepanjang lutut.

Pilih rok pensil dengan panjang minimal selutut.

Blus berwarna sesuai karakter

Lho, memilih warna blus juga harus diperhatikan? Tentu saja, warna blus yang Anda gunakan akan menunjukkan karakter dan kemampuan cara berpikir Anda lho. Jadi, pilihlah yang sesuai karakter dan warna kulit Anda.

Pakai blazer yang cocok

Selain blus, blazer juga seringkali jadi pilihan para pencari kerja saat interview kerja. Blazer  menghadirkan kesan formal, anggun dan profesional. Namun jangan lupa, pilihlah blazer yang cocok sesuai dengan warna kulit dan karakter. Selain itu, pastikan ukurannya pas.

Blazer menjadi salah satu pilihan outfit untuk wawancara kerja.

Hindari pakaian berbahan kaos

Tips memilih pakaian untuk interview kerja selanjutnya adalah menghindari pakaian berbahan kaos, bahan jeans dan pakaian nonformal lainnya. Pastikan penampilan Anda memperlihatkan keseriusan, dengan menggunakan pakaian formal. Hal ini akan membuat kesan tersendiri bagi recruiter.

Gunakan sepatu dengan model tertutup

Selain masalah baju, pemilihan sepatu juga penting Anda ketahui. Cobalah mengusahakan memilih sepatu berwarna gelap seperti hitam atau cokelat. Jika ingin memakai hak, pilih hak yang tidak terlalu tinggi ya.

Pilih sepatu berwarna gelap.

Tas berukuran medium

Setelah sepatu, kini saatnya Anda beralih pada tas. Pilihlah tas berukuran sedang, jangan sampai terlalu kecil, yang akhirnya membuat Anda kerepotan membawa barang. Hindari juga yang kelewat besar dan akan mendominasi penampilan Anda.

Tatanan rambut

Bingung memilih gaya rambut untuk interview kerja? Dua pilihan ini bisa Anda coba. Jangan anggap remeh masalah rambut, karena hal ini pun penting lho!

Ikat rambut panjang

Jika Anda memiliki rambut panjang, usahakan selalu diikat model ekor kuda agar penampilan terlihat lebih rapi.

Jepit rambut pendek

Rambut Anda pendek? Kalau begitu, menjepit rambut bisa jadi pilihan tepat. Atau bisa juga dengan meluruskan maupun mengikalkan rambut yang memberikan kesan menarik.

Setelah menyiapkan berbagai keperluan dan memilih pakaian interview kerja dengan tepat, tentu Anda lebih percaya diri bukan?


Sumber :

tokopedia.com
wolipop.detik.com
hipwee.com