Pensiun dini bergantung pada satu variabel penting: gaya hidup Anda.

Berapa banyak yang Anda habiskan hari ini dan berapa banyak yang Anda harapkan untuk digunakan saat pensiun nanti. Semua hal tersebut menentukan berapa banyak yang harus Anda simpan sebelum dapat menjalani kehidupan pada masa pensiun.

Apakah impian Anda adalah pensiun di usia 20an, 30an, 40an, atau 50an, ada banyak contoh sukses yang dapat Anda ikuti. Akan tetapi, siapa pun yang telah berhasil pensiun dini tahu formula aturan mainnya termasuk adalah kecukupan jumlah tabungan sehingga Anda bisa mengembalikan hasil investasi setiap tahun, tanpa benar-benar harus mengorbankan uang di tabungan Anda.

Ada cara sederhana untuk menghitung berapa banyak uang yang harus Anda hemat dan tabung sebelum Anda dapat pensiun. Ambil penghasilan pensiun tahunan yang Anda inginkan, dan bagilah sebesar 4% (jumlah maksimum yang akan Anda tarik dari tabungan Anda setiap tahun untuk membayar biaya hidup saat pensiun nantinya).

Strategi penarikan sebesar 4% hanya berhasil jika Anda dapat memperoleh setidaknya pengembalian sebanyak 5% (setelah pajak dan inflasi) pada tabungan pensiun Anda. Menyimpan semua tabungan Anda secara tunai tidak akan berhasil.

Begitu Anda tahu angka yang harus dicapai, Anda bisa meninggalkan pekerjaan begitu angka tersebut berhasil tercapai. Jika, misalnya, Anda memerlukan US $80,000 per tahun untuk masa pensiun, maka Anda dapat berhenti bekerja pada saat saldo di akun Anda mencapai US $2 juta bahkan jika Anda baru berusia 28 tahun.

Saat menentukan jumlah tabungan pensiun Anda, jujurlah dengan diri Anda sendiri. Jika Anda menghasilkan US $100,000 hari ini dan menghabiskan seluruh uang Anda kemudian, Anda mungkin tidak dapat hidup bahagia dengan gaji US $50,000 per tahun saat pensiun.

Untuk mencapai tujuan Anda, menabung secara sporadis tidak akan berhasil. Bahkan, menghemat 10% per tahun secara konsisten selama karir Anda berlangsung sama artinya dengan harus bekerja hampir 52 tahun sebelum Anda mampu mempertahankan gaya hidup saat pensiun. Jika Anda berusia 22 tahun hari ini, itu berarti Anda harus terus mendapatkan gaji sampai berusia 70-an. Jika Anda hanya menghemat 6% (tingkat tabungan rata-rata di AS) yang artinya Anda harus bekerja selama 62 tahun sebelum Anda cukup menabung agar sesuai dengan penghasilan Anda saat ini nantinya saat masa pensiun telah tiba.

Yang terpenting adalah mencari tahu berapa banyak uang yang Anda belanjakan setiap bulannya sekarang. Mulailah dengan membuat anggaran untuk melacak pengeluaran Anda. Ini adalah langkah paling mendasar yang tak boleh Anda lupakan untuk mencapai impian pensiun yang nyaman.

Anda mungkin sudah tahu bahwa sebelumnya Anda memulai, semakin Anda bisa memanfaatkan pertumbuhan investasi (dan semakin sedikit Anda harus menabungkan uang Anda di rekening secara tunai). Tapi tidak peduli berapa umur Anda hari ini, Anda selalu bisa menyusun sendiri rencana pensiun dini Anda.

 

Sumber artikel:

businessinsider.sg

forbes.com

Sumber gambar:

face2faceafrica.com