Bill Gates, dermawan dan mantan chief executive Microsoft, prihatin dengan kegilaan masyarakat akan crytocurrency. Beliau mengatakan bahwa anonimitas yang ditawarkan oleh teknologi baru tersebut telah “menyebabkan kematian dengan cara yang cukup langsung.”

Berbicara di Reddit AMA, Gates berpendapat bahwa kemampuan pemerintah untuk menemukan pencucian uang dan penghindaran pajak dan pendanaan teroris adalah hal yang baik.

“Saat ini cryptocurrencies digunakan untuk membeli fentanil dan obat-obatan terlarang sehingga merupakan teknologi langka yang telah menyebabkan kematian dengan cara yang cukup langsung.” Berbeda dengan uang tunai, yang juga tidak bisa dilacak, kripto dapat digunakan jauh dari yang lain yang menghilangkan jalan lain dari kontrol, tambahnya.

Gates juga menyarankan agar investasi di sektor ini adalah ide yang buruk: “Saya pikir gelombang spekulatif seputar ICO dan kripto sangat beresiko”.

Dalam wawancara dengan kelompok tersebut, Gates menyatakan ketidaksetujuan terhadap beberapa teknologi spekulatif lainnya seperti konsep Hyperloop Elon Musk yang melibatkan penggunaan railgun untuk menyalakan kompartemen penumpang di tabung bertekanan rendah dengan kecepatan beberapa ratus mil per jam: “Saya tidak yakin konsep Hyperloop masuk akal,” katanya (sumber: The Guardian)

Akan tetapi, Gates bersikap positif terhadap keseluruhan teknologinya, dengan mengabaikan kekhawatiran bahwa otomatisasi yang meningkat dapat menimbulkan konsekuensi negatif bagi ekonomi yang lebih luas, dan mengutip pemahaman bahasa alami sebagai teknologi yang paling dinanti-nantikannya dalam dekade berikutnya.

“Otomatisasi telah mendorong produktivitas sejak revolusi industri termasuk hal-hal seperti traktor dan pembuatan garmen,” kata Gates. “Software ini akan terus berakselerasi sehingga kita perlu memikirkan bagaimana kita mendidik orang untuk mendapatkan pekerjaan baru yang akan muncul.

“Otomatisasi keseluruhan adalah hal yang hebat – akhirnya kita tidak perlu bekerja sama tapi kita masih setidaknya satu generasi dari perubahan besar di sana.”

Gates bukan satu-satunya mantan eksekutif teknologi yang memiliki pandangan negatif terhadap berbagai jenis cryptocurrency. Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple, mengungkapkan pada hari Selasa bahwa ia telah kehilangan tujuh bitcoin karena dirampas oleh seorang scammer.

“Seseorang membelinya dari saya secara online melalui kartu kredit, dan mereka membatalkan pembayaran kartu kreditnya,” katanya dalam sebuah konferensi di India. “Mudah saja. Dan itu dari nomor kartu kredit curian, jadi Anda tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali. “Pada saat penipuan dilakukan, bitcoin nilainya ada di bawah $ 5.000; Sekarang, nilai mereka mencapai $ 70.000.

Saat eksekutif teknologi yang berpengaruh melihat kemampuan mata uang digital untuk menghindari infrastruktur peraturan konvensional karena pengadopsian alternatif elektronik tunai yang negatif, para pemilik bitcoin malah merasakan hal yang sebaliknya.

Pencetus asal mula cypherpunk dari Bitcoin, yang marah karena kecelakaan finansial tahun 2008, melihatnya sebagai alat untuk melewati institusi kapitalis kronik dalam semangat pembentukan “kontrol mundur” yang sama yang mengilhami gerakan seperti Anonymous, Occupy dan WikiLeaks. (sumber: Independent.co.uk)

Gates memiliki satu kata peringatan terakhir untuk pembaca wawancaranya. Ditanya oleh satu pengguna: “Benarkah jika saya meneruskan email di inbox saya ke 100 orang, Anda akan memberi saya uang?” Dia menjawab, “Tidak.”

 

Sumber artikel:

theguardian.com

independent.co.uk

Sumber gambar:

cbc.bb