Dengan maraknya mata uang virtual berbagai jenis yang beredar di pasaran, sebuah perusahaan pengembang video game pun tak ingin melewatkan kesempatan emas untuk ikut meraup keuntungan. Maka terciptalah CryptoKitties.

Apa Itu CryptoKitties?

CryptoKitties adalah sebuah video game yang berpusat pada berbagai jenis kucing imut yang dapat berkembang biak, dikoleksi, dan sangat menggemaskan yang disebut CryptoKitties! Setiap kucing memiliki desain yang unik dan 100% hanya merupakan milik Anda. Artinya, kucing tersebut tidak dapat direplikasi, diambil, atau dihancurkan.

Mengapa Game Ini Menyenangkan?

CryptoKitties adalah salah satu game pertama di dunia yang dibuat dengan teknologi blockchain — terobosan yang sama yang memungkinkan hadirnya mata uang virtual seperti Bitcoin dan Ethereum. Bitcoin dan Ethereum adalah cryptocurrency, tetapi CryptoKitties adalah cryptocollectibles. Anda dapat membeli, memperdagangkan, atau mengoleksi CryptoKitty Anda seperti sebuah koleksi tradisional, aman karena blockchain akan melacak kepemilikan CryptoKitty tersebut dan menjaminnya untuk tetap aman. Namun, satu hal yang menjadi kelebihan daripada CryptoKitties adalah kemampuan Anda untuk menciptakan kucing baru dengan mengkombinasikan 2 CryptoKitties yang berbeda. (sumber: cryptokitties.co)

Bagaimana Cara Memainkan Game Ini?

Penjelasan versi singkatnya adalah: Anda memberikan sejumlah Ethereum Anda (cryptocurrency berdasarkan blockchain Ethereum) sebagai tebusan biaya untuk mendapatkan gambar-gambar kecil kucing lucu dengan wajah yang tampak marah.

Penjelasan yang sedikit lebih detail adalah: para pemain dapat mengumpulkan Kitties unik yang memiliki Cattributes berbeda (pola, bentuk mata, highlight), Mewtations (Cattributes langka) dan seluruh genealogi. Ide inti dari game ini adalah untuk membeli dan “mengembangbiakkan” anak kucing dan menjualnya kembali untuk mendapat Ethereum yang lebih banyak. Anda tak perlu khawatir soal keamanan game satu ini karena uang Anda aman bersama mereka, berkat teknologi blockchain yang menempatkan setiap trans-cat-tion (transaksi kucing) pada buku besar umum. (sumber: futurism.com)

Hingga saat ini, harga untuk CryptoKitties berkisar dari angka $1,15 hingga $58,4 juta – jumlah yang cukup besar untuk anak kucing yang memiliki wajah yang tak menyenangkan dan hanya berwujud virtual semata.

Tetapi sebelum Anda ketakutan akan “kematian” interaksi sosial yang manusiawi, Anda harus tahu satu hal: Secara objektif, cryptocurrency sama tidak berharganya, dan tidak semenarik visual JPG gambar kucing jelek yang ditampilkan CryptoKitties.

Bagaimanapun, Bitcoin akan memiliki nilai karena Anda memutuskan hal tersebut untuk memiliki nilai bagi Anda. Dengan cara yang sama, ada persediaan CryptoKitties yang terbatas (semuanya dijamin berbeda satu sama lain), masing-masing dianggap memiliki nilai yang ditetapkan secara bebas oleh pemiliknya masing – masing.

Hingga saat ini, jumlah pengguna CryptoKitties terbatas pada penjualan dan pengembangbiakkan, tetapi CEO CryptoKitties, Roham Gharegozlou berharap untuk memperluas jangkauan wilayah CryptoKitty.

“Ini adalah pandangan awal dari apa yang bisa dilihat dari ekonomi yang diatur oleh permainan berbasis blockchain,” ujar Gharegozlou kepada Business Insider.

 

Sumber artikel:

cryptokitties.co

futurism.com

Sumber gambar:

dailysocial.com