Tidak dapat dipungkiri bahwa kripto telah menjadi hal yang semakin populer, namun sangat penting diingat bahwa Anda harus tahu apa yang akan Anda gunakan untuk investasi. Ripple diprediksi akan menjadi hype tahun ini, dan saat ini merupakan kripto yang paling populer ketiga di dunia. Akan tetapi, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum berinvestasi di mata uang virtual yang satu ini.

Apa Itu Ripple?

Ripple adalah mata uang digital (XRP) seperti bitcoin (BTC), ethereum (ETH), litecoin (LTC) dan jaringan pembayaran terbuka yang memfasilitasi transaksi. Meski sistemnya masih dalam tahap beta, sistem tersebut telah membuat banyak terobosan yang inovatif untuk jaringan pembayarannya dan telah berhasil menarik minat bank-bank populer untuk mulai menggunakan layanannya. Ripple bertujuan untuk membangun sistem pembayaran global yang dapat memfasilitasi transfer antar bank ke seluruh dunia dengan biaya yang rendah, lebih akurat dan mudah dilacak serta transparan.

Awalnya Bukan Disebut ‘Ripple’

Nama Ripple sendiri sangat menarik, tapi mata uang virtual yang satu ini awalnya tidak disebut demikian. Perusahaan yang memproduksi Ripple disebut Ripple Labs, namun pada tahun 2013, namanya diubah dari yang mulanya adalah OpenCoin. Aset digital sebenarnya yang terkait dengan perusahaan ini juga sebenarnya disebut XRP; Tapi mereka tetap menggunakan Ripple karena pengucapannya jauh lebih mudah.

Berbagai Cara Transfer Ripple

Ripple dapat merevolusi pasar transfer antar bank di bank teknologi yang aset digitalnya terdapat tanda “XRP” yang dapat ditransfer secara real time ke seluruh dunia dengan likuiditas yang memadai dan mengurangi biaya yang berkaitan dengan treasury, operasi pembayaran, likuiditas dan compliance. Menggunakan Ripple dan XRP dapat membantu bank menghilangkan atau menurunkan secara signifikan biaya yang berkaitan dengan:

1. Likuiditas: Tidak perlu menjaga likuiditas dalam mata uang yang berbeda di beberapa akun nostro. Bank dapat menyimpan sekumpulan token XRP dengan mereka atau memberi mereka sumber dari pihak ke-3 untuk memudahkan transfer.

2. Devisa: Tidak perlu khawatir dengan penyebaran antar berbagai pertukaran mata uang yang berbeda di pasar.

3. Operasi Treasury: Tidak perlu mentransfer uang ke beberapa rekening nostro untuk menjaga keseimbangan yang cukup.

4. Operasi Pembayaran: Lebih sedikit poin kegagalan, intervensi manual pun lebih sedikit dan biaya operasi juga jadi lebih rendah.

5. Biaya Compliance: Ripple menurunkan biaya back office bank Anda melalui mekanisme yang efisien untuk memproses dan menyelesaikan pembayaran internasional. Model ini memungkinkan Anda untuk memperkirakan keuntungan efisiensi bank Anda.

Persediaan Ripple Menjadi Lebih Besar Tiap Bulan

Ripple menempatkan 55 miliar XRP ke escrow pada akhir tahun lalu. Mereka menciptakan 55 kontrak escrow berbeda, yang akan berakhir pada skala satu per bulan selama 55 bulan ke depan, yang akan melepaskan sebanyak 1 miliar XRP ke pasaran. Setiap XRP yang tidak terpakai akan dimasukkan kembali ke escrow.

Ripple Menyediakan Dompet XRP Sendiri

Ketika Ripple pertama kali diperkenalkan ke publik, perusahaan tersebut benar-benar menyediakan situs web yang memungkinkan orang membeli, menjual, serta menyimpan XRP. Situs ini berperan sebagai dompet digital untuk semua transaksi XRP. Namun, pada 2016, mereka menghentikan layanan ini dan malah bekerja sama dengan penyedia GateHub.

Kesimpulannya

Ripple dan XRP keduanya menyajikan proposisi nilai jangka panjang yang menarik untuk semua lembaga keuangan yang mencari jangkauan global. Karena memungkinkan bank untuk bertransaksi langsung dengan pihak bank lain di seluruh dunia, secara opsional mencari likuiditas dari pasar yang kompetitif dari pihak ketiga penyedia likuiditas, dengan visibilitas dan konfirmasi transaksi dana yang lengkap.

Di bidang pembayaran, sebuah inovasi seperti Ripple dan XRP yang membuat efisiensi biaya luar biasa untuk transfer lintas batas dan lintas mata uang serta memanfaatkan kasus seperti distribusi di seluruh dunia, pengumpulan uang universal, permukiman dengan harga rendah dan bahkan pembayaran skala kecil tidak hanya dapat diwujudkan tapi juga menguntungkan. Rencana – rencana baru tersebutlah yang akan merealisasikan perbaikan Internet Value.

 

Sumber artikel:

medium.com

cryptodaily.co.uk

Sumber gambar:

oracletimes.com