Disney memang terkenal dengan berbagai film animasi fantastis yang semuanya pasti mampu mengundang decak kagum penonton. Nah, salah satu film yang mampu melakukan hal tersebut adalah Big Hero 6 dengan tokohnya, Baymax. Big Hero 6 adalah film garapan Don Hall dan Chris Williams yang dirilis pada November 2014. Film yang mengambil setting tempat di kota Fransokyo, gabungan Fransisco dan Tokyo ini mengenalkan kita pada tokoh robot unik berwarna putih dan berbadan besar bernama Baymax.

Sejak film Big Hero 6 diluncurkan hingga sekuelnya hadir, Baymax telah menjadi salah satu ikon Disney yang mudah diingat. Termasuk menginspirasi kalangan ilmuwan robotik di Disney Research. Nah, tokoh Baymax, sejak saat film ini dirilis hingga sekarang tampaknya telah menjadi satu ikon Disney yang sangat mudah diingat dan banyak menginspirasi berbagai kalangan, termasuk para ilmuwan robotik di Disney Research.

Menciptakan robot yang berinteraksi dengan manusia dan obyek sekitarnya

Para ilmuwan dari Disney Research mengatakan ingin membuat robot yang dapat berinteraksi dengan manusia secara lembut. Mereka pun sekaligus ingin menghindari adanya kerusakan obyek-obyek sekitar yang disentuh si robot dan perangkat di dalam robot itu sendiri.

Kemudian, tercetuslah ide untuk membuat lengan robotik normal, yang dapat menggerakkan siku, pergelangan tangan, dan jari. Para ilmuwan juga merancang pembungkus lengan dengan bahan yang lembut, sekaligus membuat tampilan lengan tersebut tampak seperti bantal besar yang empuk dan bisa dipeluk layaknya Baymax dalam film.

Robot Baymax dapat merasakan dan menunjukkan emosi

Dalam film, Baymax diganbarkan sebagai sosok robot yang bisa memperlihatkan simbol pada tubuh untuk mencerminkan emosi dirinya. Simbol emosi ini muncul pada pergelangan tangan Baymax.

Untuk mewujudkan hal itu ke dunia nyata, para ilmuwan Disney menanamkan sebuah proyektor kecil pada tangan robot Baymax. Proyektor ini memiliki lampu dan pola simbol emosi yang sudah terprogram sebelumnya.

Selain itu, tim robotic Disney pun memasukkan sebuah sensor pendeteksi kekuatan. Sensor ini memiliki sistem tersendiri dengan kompartemen kecil yang akan terisi udara ketika mendeteksi adanya tekanan. Tujuannya, untuk menciptakan lengan robotik yang aman saat bersentuhan dengan manusia.

Memeluk lengan Baymax dan mendapatkan rasa aman serta dicintai akan segera menjadi kenyataan. Namun, para ilmuwan masih terus melakukan pengembangan. Jadi, Anda harus bersabar untuk benar-benar melihat kemunculan Baymax di dunia nyata.

Sumber:
techcrunch.com
wdwinfo.com
mashable.com
inshorts.com
globalnews.ca
youtube.com
kzone.com.au