Komputer memang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Di era digital, khususnya, memiliki sebuah komputer atau PC adalah sebuah keharusan bagi setiap orang. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia di zaman sekarang ini telah terkontaminasi dengan teknologi yang pasti erat hubungannya dengan komputer dan berbagai perangkat yang menyertainya. Namun, tahukah Anda bahwa komputer pertama yang pernah diciptakan berukuran sangat besar dan memakan banyak tempat hingga memenuhi satu rumah karena sangat besar ukurannya. Nah, fakta-fakta menarik apa saja yang perlu Anda ketahui mengenai komputer pertama di dunia? Berikut ulasannya untuk Anda!

Komputer pertama ukurannya raksasa

Ukuran komputer pertama di dunia yang sangat besar jika dibandingkan dengan komputer sekarang
Ukuran komputer pertama di dunia yang sangat besar jika dibandingkan dengan komputer sekarang (Sumber: computerhistory.org)

ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer adalah komputer pertama yang diluncurkan di dunia pada tanggal 14 Februari 1946 di Amerika. Dikembangkan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly, dua orang lulusan Universitas Pennsylvania, dibawah kontrak tahun 1943 dengan pasukan militer Amerika.

Namun demikian, teknologi yang mendasari penciptaan komputer pertama ini sebenarnya mulai tercetus sudah sejak tahun 1801. Waktu itu ekonomi dunia masih digerakkan oleh perdagangan dan bisnis tekstil. Nah, di masa itulah teknologi tenun Jacquard pertama kali muncul. Teknologi Jacquard ini menggunakan kartu punch untuk menghasilkan pola tenun otomatis. Kartu punch yang digunakan pada Jacquard serupa dengan digunakan di ENIAC.

Ukuran ENIAC pun tidaklah kecil. Beratnya mencapai 30 ton dan tinggi 9 hingga 18 meter serta menggunakan 19.000 tabung vakum. Menakjubkan, bukan?

Sulitnya memperbaiki komputer pertama

Vakum komputer ENIAC - komputer pertama di dunia
Vakum komputer ENIAC – komputer pertama di dunia

Karena komputer ENIAC ini menggunakan 19.000 tabung vakum, jika terjadi kerusakan pada sistem, itu bisa sangat merepotkan.

Bayangkan saja jika kita harus memeriksa tabung vakum tersebut satu per satu untuk mencari mana yang rusak dan memperbaikinya. Kita harus berusaha ekstra keras karena ENIAC itu sendiri juga mempunyai luas sekitar 0,5 meter persegi.

Betapa beruntungnya kita tidak perlu berada di zaman tersebut dan dapat memakai PC yang ringkas dan kian canggih dari waktu ke waktu.

Kelahiran multimedia di mulai sejak tahun 1949

CSIRAC - asal mula kelahiran multimedia di dunia
CSIRAC – asal mula kelahiran multimedia di dunia

Jika Anda pernah mengunjungi Museum Melbourne, di sana Anda dapat menemukan benda yang tampak seperti seperangkat loker olahraga tua, diisi dengan rak-rak katup, kabel dan peralatan elektronik tua lainnya. Benda tersebut sebenarnya adalah sebuah komputer.

Komputer bernama CSIR Automatic Computer atau CSIRAC (yang kemudian menjadi CSIRO) dibangun pada tahun 1949 – beratnya beberapa ton dan menyedot listrik yang cukup untuk dapat memberikan tenaga listrik kepada satu jalan di pinggiran kota di Australia. CSIRAC dapat dijalankan dengan tenaga sebesar 0.001 megahertz, dilengkapi memori sebesar 2000 byte dan hanya 2.500 byte untuk kapasitas penyimpanan serta memainkan musik sederhana yang merupakan penemuan multimedia pertama di dunia pada waktu itu.

Multimedia tak akan pernah seperti sekarang tanpa kehadiran CSIRAC.

Penggunaan komputer untuk tujuan komersil muncul pertama kali pada 1942

CSIRAC dan ENIAC memang dua komputer yang sangat hebat pada masa itu, namun keduanya tidak pernah digunakan untuk tujuan komersil, melainkan untuk kepentingan perang, khususnya ENIAC.

Komputer komersil pertama justru muncul pada tahun 1942 yang diciptakan oleh Konrad Zuse. Komputer bernama Z4 digunakan untuk tujuan komersil pertamanya menyelesaikan rumusan matematika untuk Institut Teknologi Federal Swiss di Zurich.

Komputer Z4 - komputer pertama yang diciptakan untuk tujuan komersil di tahun 1944
Komputer Z4 – komputer pertama yang diciptakan untuk tujuan komersil di tahun 1944


Sistem pertahanan militer udara berbasis komputer dipelopori oleh MIT

Beberapa komputer awal memang diciptakan untuk mendukung keperluan perang, namun, yang pertama berhasil menciptakan sistem pertahan militer udara adalah orang-orang Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Sejarahnya bermula saat Perang Dunia II. Waktu itu Angkatan Laut AS mendekati MIT – salah satu universitas teknologi terbesar di dunia – untuk mendiskusikan rencana membangun simulator penerbangan untuk melatih para kru pengebom di angkatan militer mereka. Tim pertama berhasil membangun komputer analog besar, tetapi hasilnya tidak akurat dan tidak fleksibel. Setelah perancang melihat demonstrasi komputer ENIAC, mereka memutuskan untuk melakukan pendekatan digital, sementara pada saat yang sama proyek berubah dari simulator penerbangan menjadi sistem pertahanan udara.

Komputer portable pertama muncul pada 1975 dan beratnya 55 pon

IBM berhasil mencipatakan dan sekaligus mempelopori kemunculan komputer yang dapat dibawa kemanapun atau portable.

Komputer bernama IBM 5100 ini memiliki spesifikasi 5″ CRT, RAM sebesar 64 kilobytes, dan prosesor cepat berkekuatan 1.9 MHz. Mirip dengan “laptop pertama” yang pertama kali melakukan debut pada tahun 1981 dan beratnya 24,5 pon. Dengan harga $ 1.795, spesifikasi yang secara luas mirip dengan IBM 5100, dan fitur tambahan termasuk dua floppy disk drive dan modem built-in.

Tanpa adanya kedua komputer tersebut, mungkin laptop seperti yang kita kenal sekarang tidak akan pernah ada.

Sumber
networkworld.com
njit.edu
abc.net.au
computerhistory.org
pimall.com
computerhope.com
pir.org