Siapa yang tidak mengenal Tokobagus? Salah satu pionir di bidang e-commerce tanah air yang berdiri pada tahun 2005 ini sempat mengubah nama merek usahanya menjadi OLX pada tahun 2014. Didirikan oleh Remco Lupker dan Arnold Sebastian, platform e-commerce yang muncul pertama kali di Bali ini, kini telah memiliki lebih dari tiga juta pengguna. Lupker yang ternyata telah berjuang melawan penyakitnya selama tiga tahun terakhir, memberikan pesan terakhir kepada para kerabat terdekat, sebelum meninggal.

Lupker tutup usia di Belanda

Sang pendiri Tokobagus yang meninggal dunia di usianya yang ke-49 tahun pada 2 Mei 2018. Dilansir dari detik.com, Remco Lupker tutup usia di Belanda, negeri asalnya setelah menjalani perawatan jalan selama 2 tahun terakhir untuk penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. Dia kini telah tiada dan meninggalkan seorang istri dan dua orang anak.

Semasa hidupnya, selain daripada mendirikan Tokobagus sebagai pionir e-commerce di tanah air, Lupker juga pernah menyelami dunia network periklanan dan juga kuliner di Indonesia. Ia pernah mendirikan sebuah startup bisnis makanan yang diberi nama GilaSushi.com serta mendirikan ad network bernama Ambient Digital Indonesia.

Pesan terakhir Lupker

Beberapa waktu sebelum meninggal dunia, Lupker mengunggah pesan terakhir di akun Facebook miliknya. Ia menyampaikan terima kasih kepada orang-orang terdekat yang sudah menemaninya dalam masa-masa sulit.

“Kalian sungguh sangat membantu dan aku tak bisa menyusun kata-kata tentang seberapa banyak aku mengapresiasinya. Aku merasa terberkati dengan teman-teman seperti kalian.” Itulah terjemahan pesannya, seperti dilansir detik.com.

 

Jadi penasihat Jualo

Pada bulan Februari 2016, Lupker ditunjuk untuk menjadi penasihat senior Jualo, sebuah e-commerce yang mirip dengan Tokobagus (sekarang OLX). Jualo dianggap sebagai saingan utama OLX di bidang yang satu ini.

Jualo sendiri telah dikenal masyarakat sebagai startup dengan prestasinya yang berhasil menggaet para investor untuk melakukan investasi Seri A yang bernilai jutaan dolar Amerika.

Chaim Fetter, pendiri Jualo pun amat berterima kasih atas jasa Remco Lupker sebagai penasihat di perusahaannya dan menuliskan rasa belasungkawanya di akun Twitter pribadi setelah mengetahui kepergian Lupker untuk selama-lamanya.

PR Manager OLX di Indonesia, Amelia Virginia, juga turut menyatakan rasa belasungkawa atas meninggalnya sang pendiri perusahaan. Ia menilai Lupkersosok yang legendaris dan penuh inovasi karena telah memperkenalkan, membentuk serta mengembangkan industri iklan baris di Indonesia. Lupker dianggap sangat visioner karena hal tersebut.

Sumber:
techinasia.com
yahoo.com
e27.co
kompas.com
yimg.com