Google baru saja memperbarui Google Tasks, salah satu fitur Google yang seakan-akan “tertidur” selama bertahun-tahun karena sebelumnya tidak mengalami perkembangan. Pembaruan ini memungkinkan pengguna untuk membuat daftar tugas yang terhubung dengan Google Calendar dan Google Mail.

Google Tasks merupakan fitur Google yang dapat digunakan untuk membuat daftar dan menambahkan tenggat waktu pekerjaan yang sedang kita lakukan. Dengan pembaruan ini, pengguna dapat mengintegrasikan surel, catatan, dan tenggat waktu melalui Google Mail dan Google Calendar. Di samping itu, Google mulai memperbaiki Google Tasks dengan mengubah desain tampilannya menjadi material design.

Google Task untuk Android dan iOS

Google juga mengeluarkan aplikasi Google Tasks untuk pengguna Android dan iOS pada 24 April lalu. Sebenarnya, fitur to-do milik Google sudah ada di Google Keep. Namun, Google Keep lebih cocok untuk menyimpan catatan dibandingkan to-do. Sementara itu dengan Tasks, Anda bisa membuat Task dan Sub-task untuk memudahkan pengelompokan.

Lead Product Manager untuk Gmail, Jacob Bank, mengatakan perusahaan sedang melakukan pembaruan untuk meningkatkan kinerja produk-produk Google dengan menambah, memperbarui, dan mengintegrasikan fitur-fitur milik Google.

“Tasks digunakan untuk mendaftarkan tugas-tugas dan membantu pengguna mengatur daftar tugas yang akan dikerjakan, misalnya surel yang akan dibalas, rapat, dan dokumen yang akan dibahas,” ujar Jacob.

Dilansir dari Techrepublic.com, Product Manager untuk Google Tasks, Florian Goerisch, mengatakan Google ingin menghemat waktu pemakaian pengguna. “Aplikasi kami harus mudah digunakan karena aplikasi to-do seharusnya seperti itu, untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan,” tambahnya.

Fitur-fitur Google Tasks masih dikembangkan

Sementara itu, sudah ada beberapa pengguna yang menanyakan mengapa mereka tak bisa memasukkan gambar ke aplikasi dan aplikasi tak terkoneksi dengan Google Assistant. Florian mengatakan mereka sedang mengembangkan fitur-fitur Google untuk membuat setiap aplikasi mudah digunakan.

Aplikasi Google Tasks akan ditambahkan pada bagian menu di ponsel Android dan aplikasi web Google Mail. Anda juga dapat mencoba aplikasi Google Tasks di Google Play Store atau Apple App Store dan menghubungkanya dengan akun Google Mail dan Google Calendar Anda.

Sumber:
techrepublic.com
chromplex.com