Perjuangan untuk menyesuaikan diri dan berbaur dalam suatu lingkungan sosial adalah masalah semua orang sepanjang hidup mereka, termasuk juga Anda. Ini adalah salah satu pengalaman manusia yang harus dialami setiap orang. Di kantor, Anda ingin orang berbicara dengan Anda di siang hari. Atau paling tidak, tidak secara aktif membenci diri Anda. Namun, terkadang Anda bisa saja tetap mengalami ketidakcocokan dengan rekan – rekan di tempat kerja. Nah, jika sudah demikian, apa yang harus Anda perbuat? Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Lakukan Observasi Budaya di Kantor

Michael Soon Lee, pengarang buku “Cross-Cultural Selling for Dummies,” sering kali mendapati dirinya di anggap orang aneh di kantor karena etnisnya yang berbeda sendiri.¬†Lee menyadari bahwa bagian penting untuk dapat berbaur dengan lingkungan di sekitarnya berasal dari pengamatan. Dia mempelajari bahwa budaya perusahaan adalah petunjuk tentang cara beradaptasi. “Bagaimana orang berpakaian dan bagaimana secara formal atau informal orang berinteraksi satu sama lain? Lalu saya cermati budaya tapi tetap berusaha mempertahankan rasa unik saya sendiri karena saya merasa sangat ini telah menyebabkan kesuksesan saya selama ini.” ujarnya lagi kepada CNN.

Ketahui Apa Yang Jadi Masalah Sebenarnya

Seperti dilansir dari themuse.com, jika Anda merasa telah menjadi orang yang cukup hangat dan ramah, mungkin masalahnya lebih besar daripada Anda, dan dalam hal ini Anda memiliki beberapa pilihan. Jika Anda menikmati segala sesuatu tentang pekerjaan Anda, maka Anda dapat meluangkan waktu untuk berinvestasi dalam hubungan di luar kantor. Di sisi lain, jika persahabatan di tempat kerja sangat penting bagi Anda atau Anda merasa terjebak dalam budaya beracun, Anda mungkin ingin mulai mencari tim (atau bahkan lingkungan kerja) yang lebih sesuai untuk Anda.

Jadilah Diri Anda Sendiri

Ya, Anda tak perlu berpura Рpura menjadi ekstrovert jika ternyata memang Anda seorang introvert. Themuse.com juga menuturkan untuk para pekerja yang tidak cocok dengan rekan kerja lainnya tetap jadi diri sendiri. Jadilah diri Anda sendiri di manapun, termasuk di kantor. Dengan berbagi passion dan pengalaman Anda sendiri untuk terlibat diskusi dan kesempatan yang berbeda, memberi Anda dan rekan kerja Anda kesempatan untuk mengungkap kepentingan bersama dan juga bersikap tulus dan jujur mengenai hal-hal yang Anda anggap berharga.

Berpikiran Terbuka dan Fleksibel

Lee tahu bahwa gaya kerjanya yang langsung dan berenergi tinggi tidak cocok untuk semua orang, jadi dia melakukan yang terbaik untuk mengakomodasi orang lain. “Saya mencoba untuk menyadari gaya kerja orang lain, yang mungkin lebih tidak langsung, halus dan detail-oriented, dan juga berusaha untuk berinteraksi dengan mereka dalam gaya pilihan mereka.” (sumber: CNN.com)

 

Sumber artikel:

http://edition.cnn.com/2009/LIVING/worklife/02/25/cb.fit.in.at.work/index.html
https://www.themuse.com/advice/what-to-do-when-youre-not-fitting-in-with-your-coworkers

Sumber gambar:

http://www.transcendyourlimits.com/wp-content/uploads/2014/06/Fitting-in-can-make-you-invisible.jpg