Bahasa pemrograman open source yang disebut Kotlin adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh JetBrains. Kotlin ini termasuk bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi pemrograman tingkat tinggi.

Namun sejauh ini, Kotlin belum pernah dimanfaatkan untuk mengembangkan salah satu teknologi yang paling populer di masyarakat yaitu Android. Padahal, bahasa pemrograman ini telah dipakai untuk mengembangkan beberapa aplikasi top lainnya, termasuk Pinterest, Trello, Evernote, Square, dan Coursera.

Bagaimana prospek bahasa pemrograman Kotlin di masa mendatang? Berikut ulasannya untuk Anda!

Kotlin mulai dilirik untuk Android

Kabar gembira bagi para pencinta teknologi Android datang pada 2017, ketika akhirnya Kotlin, yang sebelumnya tak pernah merambah dunia Android, mulai dipergunakan secara massal untuk mengembangkan teknologi yang satu ini.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, JetBrains selaku pengembang Kotlin juga mengumumkan dirilisnya Kotlin/Native.  Teknologi tersebut menyediakan suatu bahasa pemrograman yang bersifat universal untuk dapat digunakan untuk pengembangan semua platform.

Apa saja keunggulan Kotlin sehingga Android pun harus dikembangkan dengan teknologi ini?

Keamanan dari Null

Kehadiran NullPointerException merupakan musuh utama yang dinilai bertanggung jawab atas banyak kesalahan yang terjadi dalam pengembangan perangkat lunak Android dengan menggunakan Java. Null ini dapat menghancurkan aplikasi yang sedang dikembangkan meskipun Android membutuhkan Null ini untuk mewakili hilangnya sebuah nilai daripada suatu program.

Nah, Kotlin hadir dengan suatu sistem keamanan untuk masalah Null tersebut. Dengan adanya fitur pengamanan Null ini, para pembuat program tak perlu lagi susah payah membuat kode ekstra untuk menangani masalah mereka.

Tidak ada lagi Raw Types

Penyakit lain dalam pengembangan program yang harus dihadapi adalah Raw Type. Pada dasarnya, Raw Type dipercaya  menimbulkan sistem bernama CastClassException yang muncul dalam pemrograman.

Error jenis ini lebih sering muncul ketika para pemrogram harus mengeksekusi program yang dikembangkan saat melakukan penyusunan kode. Akibatnya, kode yang dimasukkan pun tidak terjamin keamanannya.

Dengan Kotlin, semua masalah ini dapat teratasi dan semua kode yang dimasukkan akan menjadi kode yang aman diketik tanpa perlu mencemaskan kehadiran Raw Type lagi.

Menghilangkan sistem pengecualian yang diberi tanda centang

Fitur pengecualian yang dicentang di Java dapat menjadi masalah. Padahal,pengecualian yang dicentang sering tidak diperlukan dan menyebabkan blok tangkapan kosong. Pengecualian yang tidak ada adalah gangguan bagi pengembang karena mereka dipaksa untuk menggunakan kode untuk mengidentifikasi pengecualian yang mungkin tidak pernah benar-benar terjadi.

Kotlin dapat menghapus sistem yang satu ini sepenuhnya dan meningkatkan keamanan pengetikan kode.Jadi, pelajari Kotlin sekarang juga dan rasakan sendiri kemudahan yang ditawarkan olehnya dibandingkan menggunakan Java.

Sumber:
betakit.com
clearbridgemobile.com
codelabs.com
android.com
kotlinlang.org
medium.com