Di Indonesia, jutaan mahasiswa lulus dan mulai menapaki dunia pekerjaan setiap tahunnya. Namun faktanya, gelar sarjana saja terkadang tidak mempermudah langkah mereka dalam mencari pekerjaan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia pada Agustus 2014, 9,5 persen (688.660 orang) pengangguran merupakan alumni sebuah perguruan tinggi.

Banyak cara dilakukan, mulai dari menggunakan platform pencarian kerja hingga bergabung di grup media sosial demi mencari tahu infomasi lowongan pekerjaan. Meskipun demikian, tidak banyak yang mengetahui penyedia jasa perekrutan atau head hunter – jasa yang membantu Anda mencari karir impian – juga bisa dimanfaatkan oleh para pencari kerja.

Siapa itu headhunter?

Headhunter bekerja dengan mencari ‘calon’ karyawan berbakat untuk berbagai posisi yang diinginkan perusahaan penyewa jasa mereka. Dengan kata lain, headhunter memiliki akses ke pekerjaan yang tidak diiklankan dan merekalah yang memegang kendali pada percepatan proses perekrutan.

Salah satu alasan Anda perlu mendaftarkan diri kepada agen perekrutan adalah karena mereka dapat menghubungkan Anda dengan perusahaan yang ‘mungkin’ akan menjadi impian Anda. Mereka tahu siapa yang sedang menyediakan lowongan pekerjaan (dan siapa yang berencana mengembangkan bisnisnya). Jika ada lowongan pekerjaan yang cocok dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman Anda, headhunter mungkin saja akan memburu Anda dan mengantar Anda ke pintu pekerjaan.

Seperti pemandu pribadi

Headhunter pada umumnya memiliki profesionalisme tinggi dalam menggali minat dan bakat pencari kerja. Dengan demikian, setelah mendaftarkan diri, Anda akan langsung dihubungkan kepada perusahaan yang cocok dan sedang membuka lowongan pekerjaan.

Selain itu, sebelum resume disajikan ke meja ‘calon’ perusahaan, para headhunter biasanya memoles untaian minat, bakat, dan pengalaman Anda menjadi menarik perhatian ‘calon’ manager Anda.

Dan bukan hanya menyebarkan resume kepada perusahaan, tetapi headhunter juga membantu ‘memasarkan’ kemampuan Anda kepada perusahaan bersangkutan.

Tidak sampai di situ saja, mereka juga secara terbuka memberikan panduan dan tips untuk membantu Anda lolos wawancara. Anda akan mendapat panduan secara gratis hingga mendapat pekerjaan impian Anda.

Bagaimana cara menemukannya?

Tidak sulit, Anda hanya perlu mengakses dan mengisi formulir di website mereka. Jika data yang Anda masukkan sudah lengkap, CV Anda pasti akan dimasukkan ke dalam database mereka untuk digunakan sebagai referensi di waktu mendatang.

Jika ada perusahaan yang memerlukan karyawan dengan kualifikasi seperti yang Anda miliki, cepat atau lambat headhunter pasti akan menemukan CV Anda dan menghubungi untuk melakukan wawancara.

Misalnya saja, EKRUT – salah satu headhunter terpercaya di Indonesia – telah berhasil menghubungkan banyak pencari kerja kepada pekerjaan impian mereka, dengan rata-rata gaji 30 juta per bulannya.

Inilah manfaat teknologi. Tidak ada yang tidak mungkin asalkan Anda mengetahui bagaimana caranya dan siapa yang dapat membantu Anda mencapai pekerjaan impian Anda.

Sumber artikel:

findcelebrityjobs.com

bcbusiness.ca

finansialku.com

investopedia.com

kompas.com

roberthalf.com

suryosumarto.com

Sumber gambar:

performia.hu