Duduk terlampau lama dapat berdampak negatif terhadap kesehatan Anda. Hal ini juga menyebabkan gaya hidup sedenter, belum lagi makan siang sudah siap menanti diantarkan office boy ke meja untuk Anda nikmati sembari browsing maupun online shopping. Duduk memang kegiatan yang manjur dalam menyembuhkan kelelahan. Namun terlalu banyak duduk pun dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti ambeien dan diabetes lebih cepat menghampiri. Sebagai pekerja kantoran, apa saja hal yang dapat Anda siasati untuk tetap sehat meski banyak duduk?

Biasakan Berdiri dan Jalan-Jalan

Bekerja bukan berarti Anda harus melulu duduk dan menempel di kursi masing-masing. Contohnya, business calls dapat diterima sembari berdiri dan jalan-jalan. Luangkanlah waktu untuk berdiri dan mondar-mandir selama 10 menit untuk rehat sejenak ketika Anda jenuh bekerja. Biasakan melakukan ini setiap satu sampai dua jam.

Ganti Keripik Kentang Anda

Soda, keripik kentang dan coklat merupakan snack yang mudah dibeli. Terlepas dari gurih dan adiktifnya keripik kentang, ini merupakan pemicu mengapa jarum timbangan Anda selalu bergerak ke kanan. Terdapat setidaknya 7 sendok teh gula di dalam sekaleng Coca Cola reguler. Salah satu cara menyiasati hal tersebut adalah mengganti pilihan cemilan Anda. Ganti keripik kentang dengan healthy bars dan muesli, soda dengan teh hijau, juga sediakan permen karet agar keinginan mengunyah tanpa menyebabkan konsumsi kalori berlebih terhindarkan.

Sediakan Kaca di Meja Kerja

Tips satu ini mungkin jarang terdengar, namun bisa jadi efektif. Menyediakan kaca di meja kerja akan membuat Anda lebih hati-hati sebelum Anda menyuapkan keripik, memakan porsi kedua kue ulang tahun kolega maupun meneguk sekaleng soda diet favorit Anda. Bagi mereka yang sedang diet, kaca akan menjadi pengingat seberapa dekat dan jauh Anda dari target yang Anda tentukan.

Minum Banyak Air Putih

Bukan rahasia lagi, air putih tidak hanya meningkatkan kondisi kulit dan melancarkan proses pencernaan. Selain kedua fungsi tersebut, air putih dapat mengontrol kalori dan membantu menurunkan berat badan serta menjaga fungsi ginjal dan mengeluarkan racun. Biasakan minum setidaknya delapan sampai sepuluh gelas air setiap harinya untuk tubuh yang lebih fit dan konsentrasi yang lebih tajam.

“Make your meal your medicine; otherwise you’ll make your medicine as your meals.”

Selamat hidup sehat, para profesional!

Sumber:
http://www.shape.com/blogs/fit-list-jay-cardiello/lose-weight-sitting-your-desk
http://www.cosmopolitan.com/career/how-to/g2916/how-to-stay-fit-with-an-office-job/?slide=4

Gambar:
www.unilab.com.ph/wp-content/uploads/2016/06/Unilab_Article-image_201607_5StrategiesForEatingHealthyAtTheOffice_1.jpg