Setiap hari kita bangun, ada kesempatan baru menanti kita. Kita sepenuhnya mengendalikan apa yang akan kita capai setiap hari. Begitu Anda mengakhiri hari kerja Anda, ada beberapa hal kecil yang dapat Anda lakukan setiap malam untuk memulai hari esok secara lebih produktif. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan tiap malam sepulang kerja supaya Anda lebih berprestasi dan semangat untuk menghadapi tantangan esok pagi!

Tinggalkan Kantor Tepat Waktu

Orang yang sukses dan produktif pastilah dapat mengatur waktu kerjanya dengan baik. Oleh sebab itu mereka juga pastilah lebih produktif. Salah satu ciri orang yang produktif adalah mereka yang bisa meninggalkan pekerjaan tepat waktu dan membagi antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan. Lakukan ini dan rasakan sendiri manfaat dari hal tersebut.

Tidur Lebih Awal dan Bangun Lebih Awal

Istirahat yang cukup juga menjadi hal yang tak kalah penting dalam menentukan apakah hari esok Anda masih tetap produktif. Logikanya sederhana, apabila Anda tidur larut malam sedangkan esok masih harus ke kantor, maka bisa dipastikan Anda akan kekurangan istirahat. Dampak dari kurang tidur apabila dilakukan berkepanjangan sangatlah serius bukan hanya dengan menurunnya performa kerja Anda, namun juga rusaknya sel – sel di otak Anda.

Rapikan Selalu Tempat Kerja Anda Sebelum Ditinggalkan

Meja kerja yang rapi juga ternyata secara psikologis dapat mempengaruhi fokus seseorang dalam menjalani pekerjaannya. Jika meja Anda selalu terlihat rapi, maka pikiran pun akan lebih dapat fokus dengan apa yang harus segera diselesaikan pada hari tersebut.

Buatlah Daftar Hal – Hal Yang Harus Diselesaikan Untuk Esok Hari

To-do list akan membantu Anda untuk bisa membuat skala prioritas tugas mana saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu berdasarkan seberapa penting dan mendesaknya hal tersebut. Dengan demikian, Anda akan menjadi orang yang lebih teratur dan produktif karena tahu hal Рhal apa yang menjadi target harian tanpa membuang waktu untuk meladeni hal lain yang kurang penting.

Refleksikan Hal Apa Saja Yang Sudah Anda Buat Hari Ini Untuk Perbaikan di Esok Hari

Sebelum Anda terlelap, ada baiknya Anda membuat semacam catatan kecil akan hal – hal apa saja yang sudah Anda selesaikan dengan baik hari itu, termasuk juga kegagalan atau kesalahan jika memang ada. Nantinya Anda jadi lebih dapat berbenah diri untuk keesokan hari jika berhadapan dengan hal – hal serupa seperti yang Anda alami hari ini.

Pikirkan dan Katakan Hal – Hal Positif

Pikirkan dan katakan hal – hal positif sebelum Anda pergi tidur. Hal ini berguna untuk mengigatkan diri Anda akan alasan mengapa Anda bertekad untuk bangun lebih awal setiap pagi untuk menghadapi pekerjaan. Hal – hal positif yang secara terus menerus dipikirkan dan diperkatakan lama kelamaan akan terserap di otak dan alam bawah sadar Anda dan membuat hari itu menjadi lebih produktif dari hari lainnya.

Sumber artikel:

https://www.inc.com/jessica-rovello/want-to-get-most-out-of-your-day-do-these-5-things-every-night.html
https://www.forbes.com/sites/amyanderson/2014/03/28/10-ways-to-make-the-most-of-every-day/#3ff2c1627b01

Sumber gambar:

http://www.guaranteerestoration.com/wp-content/uploads/2017/11/Productive.jpg