• Team player¬†menggambarkan seorang pekerja yang dapat bekerjasama dengan baik bila diharuskan bekerja dengan orang lain
  • Mengkomunikasikan cara bekerja dengan anggota tim yang lain dapat membantu kinerja tim
  • Komitmen serta kejujuran adalah karakteristik seorang team player yang baik karena mereka akan selalu mencoba memenuhi apa yang pernah diucapkan

Dalam hampir semua bidang pekerjaan yang ada, kita tentunya dituntut untuk dapat bekerja sama dengan baik dengan orang lain, apapun posisi dan jabatannya. Namun, pada kenyataannya, di lapangan sering kita jumpai orang-orang yang pindah kerja di karenakan situasi kerja yang tidak kondusif dan membuat mereka kurang nyaman berkarya. Satu penyebabnya adalah terjadinya cekcok di antara para karyawan di perusahaan tersebut. Menjadi team player yang efektif dapat membuat kita bertumbuh dan bertahan dalam sebuah perusahaan.

Mau Dapat Pekerjaan Impian?
Daftar Sekarang

Buat Peraturan Yang Tegas Baik Untuk Diri Sendiri atau Tim

Terjadinya kekacauan dan perselisihan dalam sebuah tim bisa jadi ditimbulkan dari tidak adanya peraturan jelas yang diberlakukan. Oleh sebab itu, tidak ada lagi batasan-batasan yang jelas untuk bekerja dalam tim. Tentukan aturan yang tegas dan membuat aman semua pihak dalam suatu tim dan berusahalah mematuhinya demi kepentingan bersama terbentuknya suatu tim kerja yang kompak.


Komunikasikan Cara Kerja Anda Dengan Anggota Lain


Seringkali terjadinya kekacauan dalam suatu tim profesional adalah adanya suatu miskomunikasi yang besar di antara para anggotanya. Itulah mengapa, dibutuhkan sekali yang namanya komunikasi dua arah. Jangan pernah beranggapan bahwa teman satu tim Anda akan mengenal dan memahami cara Anda bekerja apabila Anda tak pernah berusaha berkomunikasi dengannya. Jika begitu, teman akan lebih sering salah paham dan dapat memperburuk kondisi kerjasama tim.


Beradaptasi dan Hindari Politik Kotor


Kemampuan untuk beradaptasi dan berusaha menyesuaikan diri dengan anggota tim yang lain juga sangatlah penting jika Anda ingin menjadi team player handal. Keahlian beradaptasi ini juga mencakup kesiapan untuk mau mengapresiasi kemampuan dan metode kerja anggota tim yang lain. Hindari menerapkan politik kotor dalam membangun sebuah tim. Semuanya akan dengan cepat atau lambat memperburuk kondisi tim kerja Anda.
Lakukan kerjasama yang sportif dan bersih dari politik.


Jadilah Orang Yang Transparan Dalam Menyelesaikan Masalah


Masalah akan selalu ada dalam kerja tim. Namun, seorang team player yang baik akan selalu berusaha untuk menyelesaikan masalah yang ada bersama-sama. Jadilah anggota tim yang transparan dan siap menerima kritik dan saran, begitupun juga sebaliknya, memberi kritik dan saran kepada anggota lain apabila dirasa perlu.


Jujur dan Berkomitmen


Seorang team player yang baik akan selalu jujur akan apa yang ia rasakan dan mengkomunikasikannya kepada seluruh anggota tim. Dia juga akan selalu berkomitmen untuk berusaha memenuhi apa yang pernah diucapkannya karena team player yang baik mengerti bahwa seluruh kontribusi yang diberikannya adala untuk kepentingan bersama, bukan semata-mata hasil dari kepintaran dia sendiri saja.

Sumber Artikel:
https://www.forbes.com/sites/lizryan/2017/01/21/ten-characteristics-of-a-real-team-player/#5f49e2236d76
https://www.monster.com/career-advice/article/5-ways-to-be-a-good-team-player-hot-jobs
https://www.forbes.com/sites/dorieclark/2012/03/28/five-ways-to-become-a-better-team-player/#68fb9f87659c

Sumber gambar:

https://depositphotos.com/156511432/stock-photo-friends-putting-hands-together.html