Gaji adalah salah satu motivasi setiap individu bekerja. Gaji yang mengalir setiap bulannya membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari kita. Namun, kapankah waktu yang tepat dan pantas bagi seorang karyawan untuk naik gaji? Pelajari waktu yang tepat untuk melakukan hal ini dan apa yang dapat dijadikan panduan sebelum kita terlalu cepat merasa berhak meminta kenaikan gaji.

Ketika Anda Sukses Mengerjakan Proyek Besar

Waktu yang sangat tepat untuk meminta kenaikan gaji adalah ketika telah berhasil menyelesaikan sebuah proyek besar. Bicarakan dengan atasan sebelum Anda menyiapkan diri untuk menyelesaikan proyek – proyek selanjutnya. Kompensasi adalah hal wajar seiring dengan bertambahnya prestasi kerja.

Diharuskan Untuk Mengisi Posisi Kosong

Dalam sebuah perusahaan ada kalanya Anda diharuskan untuk mengerjakan pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan oleh orang lain. Ini bisa saja disebabkan oleh tidak adanya pengganti orang tersebut untuk sementara waktu. Nah, ini merupakan saat yang tepat untuk meminta kenaikan gaji karena beban pekerjaan Anda jadi dua kali lebih berat dari sebelumnya dengan dua peran yang harus dijalankan.

Ingin sukses dengan pekerjaan impian?
Daftar Sekarang

Belum Adanya Kenaikan Meski Telah Bekerja Dengan BaikĀ 

Prestasi dan kesetiaan untuk terus berprestasi juga layak mendapat apresiasi lebih. Namun jika memang Anda belum melihat adanya kenaikan gaji, ada baiknya jika Anda menanyakannya langsung karena Anda harus memastikan kondisi apa yang sebenarnya terjadi dengan performa atau perusahaan.

Mendapat Tawaran Yang Lebih Besar Di Tempat Lain

Anda juga harus menanyakan mengenai kenaikan gaji ketika ada tawaran pekerjaan yang lebih baik di luar sana yang menunggu. Biarkan sang atasan mengetahui bahwa Anda berharga lebih dan apabila dia ingin mempertahankan Anda, maka tentulah mereka harus bisa memberi kompensasi yang sama.

Minimal 3 Bulan Sebelum Review Tahunan

Berdasarkan data yang ada, waktu lain yang baik untuk meminta kenaikan gaji adalah sebelum review tahunan dan bukan waktu review tahunan. Dengan demikian, atasan pun masih dapat mempertimbangkan untuk memberi kenaikan sesuai keinginan Anda. Jika Anda meminta sewaktu review tahunan, besar kemungkinan atasan Anda hanya akan memberikan kenaikan sebesar 3% saja.

Sumber artikel:
http://www.businessinsider.com/5-signs-its-time-to-ask-for-a-raise-2017-4/?IR=T
https://www.forbes.com/sites/lizryan/2017/03/20/the-three-best-times-to-ask-for-a-raise/2/#5566ba5a16de
https://www.forbes.com/sites/learnvest/2014/05/07/how-to-ask-for-a-raise-and-get-it/2/#2decaa2b1ae1

Sumber gambar:
http://dollarsandsense.sg/wp-content/uploads/2014/03/pay-increase.jpg