Anda tidak bisa mencintai orang lain tanpa mencintai diri sendiri. Perilaku tidak baik terhadap orang yang Anda cintai sebagian besar berasal dari masalah yang Anda hadapi dengan diri sendiri. Kelelahan, kemarahan, perfeksionisme, rasa malu dan kecemasan menghalangi rasa cinta.

Tidak mencintai diri sendiri dapat mencegah Anda membentuk hubungan yang sehat. Orang yang sering merasa tidak aman kerap kali menggunakan manipulasi, penindasan, dan kesalahan dengan orang-orang dekat mereka.

Konsekuensi dari kurangnya cinta pada diri Anda sendiri lebih buruk apabila seseorang tersebut telah memiliki anak. Kita semua mengenal orang tua yang terlihat seperti mereka berkorban untuk anak-anak mereka, tapi sebenarnya kebahagiaan yang mereka tunjukkan hanya mereka perlihatkan sebagai “topeng” mereka untuk tidak membuat anak mereka khawatir atau turut bersedih.

Mengetahui betapa pentingnya rasa mencintai akan diri sendiri sebelum Anda dapat membagi cinta pada orang lain, berikut adalah alasan mengapa self-care harus lebih Anda prioritaskan dalam hidup Anda mulai saat ini!

Bila Anda Tidak Merawat Diri Sendiri, Keindahan Batiniah Anda Berkurang

Keindahan dan nilai seseorang bukanlah hanya dari tampak dari luar namun juga dari apa yang terpancar dari dalam. Akan tetapi tidak merawat diri dengan baik dan mempraktekkan self-care akan mengurangi pancaran cahaya batiniah Anda.

Mencintai Diri Sendiri Juga Berarti Menghargai Orang Lain

Menampilkan sisi diri yang terbaik setiap saat bukan berarti egois. Orang yang mengutamakan self-care bisa berarti juga menghargai orang – orang disekitarnya karena bila Anda merawat diri sendiri, Anda akan memiliki lebih banyak waktu, energi dan cinta untuk diberikan kepada orang-orang di sekitar Anda.

Anda Memang Mampu Mencintai Semua Hal Di Hidup Anda, Tapi Tak Bisa Sekaligus

Anda bisa melakukan dan memberikan perhatian pada semua aspek kehidupan Anda seperti keluarga, anak, teman dan sebagainya, namun Anda tak bisa melakukannya sekaligus secara terus menerus tanpa memperhatikan diri Anda sendiri karena Anda akan stres dan hal itu bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Mintalah bantuan, bukan karena Anda tak mampu, tapi karena Anda sadar, diri Anda sendiri masih lebih penting dari orang lain, siapapun mereka. Jangan mengorbankan diri sendiri karena segalanya harus seimbang.

Energi Anda Secara Fisik Dan Mental Juga Dapat Terkuras

Energi fisik Anda adalah salah satu sumber daya utama Anda. Ketika Anda terus memforsirnya melampaui batas, tidak akan ada sisa untuk menikmati dan melakukan berbagai hal lain dalam hidup Anda! Kerja keras memang penting, tapi istirahat juga jangan diabaikan.

 

Sumber artikel:

medium.com

huffingtonpost.com

Sumber gambar:

bcexcelsior.com