Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, kebahagiaan seringkali diasosiasikan dengan jumlah pengikut kita di media sosial serta jumlah validasi yang kita terima. Hal tersebut secara tidak langsung telah membuat kita merasa bahwa kebahagiaan adalah hal yang harus kita capai sebagai suatu tujuan. Padahal, sebuah studi terbaru dari University of Leuven di Belgia menemukan bahwa Instagram, salah satu media sosial paling populer di kalangan anak muda hingga saat ini, tidak membuat mereka lebih dekat dengan teman-teman, akan tetapi aplikasi jejaring sosial ini sebenarnya justru dapat menyakiti Anda. Lalu apa yang dapat menjadi tolak ukur untuk menilai bahwa seseorang benar-benar berbahagia? Berikut 5 kebiasaan harian yang biasa dilakukan orang-orang yang sungguh berbahagia dalam hidup mereka untuk Anda ikuti.

Menyediakan waktu untuk diri sendiri

Waktu pribadi atau me-time adalah hal yang amat penting bagi Anda melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk melepas stres. Meskipun demikian, nampaknya masih banyak orang yang beranggapan bahwa waktu pribadi untuk diri sendiri adalah hal yang membosankan dan bahkan mencap orang yang suka melakukan aktivitas sendiri sebagai orang yang kesepian dan tidak bahagia.

Faktanya, Tony Schwartz mencatat bahwa manusia akan bekerja dengan baik dan paling produktif ketika mereka dapat menyeimbangkan antara periode fokus yang intens dan pembaruan intermiten dengan beristirahat dan melakukan aktivitas menyenangkan seorang diri. Seperti juga dilansir dari hbr.org, sebuah studi menyatakan bahwa karyawan yang secara teratur mengambil waktu untuk melakukan hobi dan mengambil cuti mengurangi kemungkinan untuk mengalami masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung koroner.

Jadi, mulai sekarang, jangan ragu untuk meninggalkan kantor tepat waktu untuk tidak lembur dan pergi liburan jika memang tabungan Anda telah mencukupi.

Visualisasikan kehidupan yang bahagia

Setiap dari kita pasti punya mimpi pribadi yang ingin kita capai suatu hari nanti. Namun, terkadang, karena banyak pekerjaan menanti, kita jadi tak punya waktu untuk bermimpi dan membayangkan kehidupan bahagia ketika mimpi tersebut jadi nyata.

Padahal, meskipun aktivitas berangan-angan nampaknya mustahil dilakukan di tengah banyak pekerjaan yang menghadang, Christine Godwin, penulis utama studi terbaru dari School of Psychology di Georgia Institute of Technology, mengatakan bahwa jika Anda melakukan tugas yang mudah dan tidak terlalu menuntut banyak fokus serta memiliki kemampuan kognitif tinggi dapat membiarkan pikiran mengembara dan bermimpi karena tidak akan memengaruhi kinerja juga.

Bermimpilah dan capai kebahagiaan Anda sendiri mulai sekarang.

Banyak bersyukur

Orang yang benar-benar bahagia adalah mereka yang sering bersyukur. Nampaknya hal ini benar adanya.

Bersyukur adalah salah satu bentuk emosi positif yang memiliki tujuan sangat penting seperti misalnya, menurut para psikolog emosi positif, merupakan ungkapan rasa apresiasi mendalam akan banyak hal yang pada akhirnya memproduksi rasa positif pada diri seseorang.

Kunci kebahagiaan ternyata sederhana, ya? Mengucap syukurlah dalam segala keadaan setiap hari.

Sering tertawa

Tertawa memang mudah dilakukan dan merupakan obat yang manjur untuk membuat seseorang merasa positif dan bahagia.

Menurut studi yang dipublikasikan oleh International Journal of Obesity, jika Anda tertawa dalam 15 menit, ada sekitar 10 sampai 40 kalori dalam tubuh yang akan terbakar dan meningkatkan detak jantung Anda.

Tontonlah film komedi favorit Anda dan tertawalah karena itu sehat.

Latihan fisik

Orang yang bahagia juga pasti memiliki kebiasaan sehat dalam hidupnya. Rutin berolahraga salah satu contohnya.

Otak orang yang terbiasa berlatih fisik atau beriolahraga, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of British Columbia, mengalami peningkatan ukuran hippocampus, area otak yang terlibat dalam mengatur memori verbal dan pembelajaran.

Rajinlah berolahraga mulai sekarang dan rasakan manfaat baik ini.

 

Sumber artikel:
health.harvard.edu
inc-asean.com
lifehack.org
entrepreneur.com
theguardian.com
jefmenguin.com