Kode sumber adalah salah satu bagian paling tersembunyi dari sistem operasi iPhone. Namun, hal ini pun tampaknya telah bocor secara online. Peristiwa ini bisa memberi para hackers harta karun informasi yang bisa mereka gunakan untuk merancang serangan baru terhadap sistem operasi Apple iOS.

Kode tersebut tampaknya diambil dari bagian “iBoot” dari iOS, bagian dari komputer yang mulai menjalankan sistem operasi saat dinyalakan. Meski belum diketahui apakah kode itu berasal dari dalam Apple, periset keamanan yakin itu asli.

Berbicara kepada publikasi teknologi online Motherboard, Jonathan Levin, pakar perangkat lunak internal iPhone, mengatakan: “Ini adalah kebocoran terbesar dalam sejarah, ini adalah masalah besar.” Mr Levin mengatakan kepada Motherboard bahwa kode tersebut sepertinya sah karena dia telah mencocokkan usahanya sendiri untuk merekayasa balik perangkat lunak yang menggerakkan iPhone tersebut. (sumber: MSN.com)

Matthew Carr dari Insinia Security pun sependapat dengan Jonathan. Ia menuturkan bahwa hal ini memang masalah besar, namun belum sampai mempengaruhi para pengguna. Namun, ia juga menambahkan bahwa hal tersebut dapat memberi visibilitas ke dalam kode yang tidak ada sehingga orang yang ingin membalikkan iOS dan membuat eksploitasi dapat menggunakan ini untuk membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah. Bahkan mungkin ada sebagian besar kode yang digunakan kembali sehingga mereka dapat mencoba dan menemukan bug dalam kode lama dan melihat apakah ia bekerja pada versi yang baru.

Apple selalu menyimpan kode sumber perangkat lunaknya yang dibungkus untuk menghindari siapa pun yang mencuri atau mencari kerentanan yang mungkin digunakan untuk memecahkan keamanan produknya. Hal ini menjalankan program hadiah bug, di mana periset keamanan yang cermat dan hacker ahli sekalipun dipaksa untuk memberi tahu mereka tentang lubang keamanan potensial dalam perangkat lunaknya dengan imbalan uang.

Hadiah bergantung pada tingkat keparahan keerusakannya, namun situsnya menyatakan bahwa pengungkapan sistem iBoot bisa bernilai $ 200.000, karena merupakan komponen utama dari sistemnya.

Juru bicara Apple meremehkan efek dari kebocoran tersebut, namun mendesak pemilik iPhone untuk memperbarui perangkat lunak mereka untuk melindungi dari kemungkinan serangan potensial yang akan datang.

“Kode sumber lama dari tiga tahun yang lalu nampaknya telah bocor, namun dengan desain keamanan produk kami tidak bergantung pada kerahasiaan kode sumber kami,” kata Apple.

Ada banyak lapisan perlindungan perangkat keras dan perangkat lunak yang terpasang pada produk kami, dan kami selalu menghimbau kepada pelanggan untuk memperbarui sistem mereka dengan rilisan perangkat lunak terbaru untuk mendapatkan keuntungan dari perlindungan terbaru. ” (sumber: Telegraph.co.uk)

 

Sumber artikel:

http://www.telegraph.co.uk/technology/2018/02/08/secret-iphone-code-published-online-biggest-ever-leak/
https://www.msn.com/en-au/news/techandscience/secret-iphone-operating-system-code-leaked-online/ar-BBITHiX?li=AA4Zor

Sumber gambar:

https://fossbytes.com/wp-content/uploads/2017/04/hacking.jpg