Ketika menulis resume, Anda mungkin pernah berpikir untuk menaruh apa saja yang telah Anda capai di dalamnya agar para recruiter terkesan. Namun, hal tersebut tidak selamanya benar. Ada beberapa hal yang sebetulnya tak perlu dimasukkan ke dalam resume karena hal – hal tersebut tidak akan mempengaruhi pandangan recruiter terhadap seorang pelamar kerja. Berikut adalah 6 hal yang dapat Anda lupakan ketika kamu menyusun resume.

Keahlian Komputer Standar Seperti E-mail dan Microsoft Word

Ya, tentu saja keahlian komputer akan sangat penting dicantumkan apabila Anda melamar posisi yang berhubungan dengan IT. Namun, ada beberapa keahlian komputer yang tidak membuat calon atasan terkesan yaitu keahlian komputer standar seperti e-mail atau Microsoft Word. Alasannya jelas karena hampir semua orang yang melek teknologi dapat melakukannya.

Bahasa Yang Hanya Dipelajari di Sekolah Menengah

Kemampuan seseorang dalam menguasai suatu bahasa asing tentu akan membuat orang lain terkesan. Namun, apabila bahasa yang dikuasai tersebut tidak berkaitan atau diperlukan dalam posisi yang di lamar, tak perlu membuang waktu untuk menuliskannya di resume kecuali jika Anda benar-benar fasih dan tidak hanya sekedar mempelajari bahasa tersebut ketika di sekolah menengah saja.

Pernyataan Tujuan Melamar Suatu Pekerjaan

Tujuan melamar suatu posisi tertentu sangatlah jelas. Maka dari itu pernyataan seperti ini tidak harus tertera pada resume Anda. Namun, apabila posisi yang Anda bidik adalah posisi yang jauh berbeda dari sebelumnya, akan lebih baik apabila Anda menyertakan pernyataan singkat yang dapat meringkas semua penjelasan mengenai kelebihan Anda.

Kemampuan Yang Tidak Sesuai Dengan Posisi Yang Dilamar

Selanjutnya, hindari menuliskan daftar kemampuan yang tidak relevan dengan posisi yang di lamar. Ini tidak akan membuat calon atasan menganggap Anda serius. Lakukan penelitian akan kemampuan apa saja yang relevan untuk posisi yang diincar, dan tentu saja kemampuan yang memang Anda miliki.

Hobi Yang Disukai

Hobi adalah sesuatu yang tidak akan pernah dipedulikan oleh calon atasan ketika Anda berstatus pelamar kerja. Menuliskan hobi dapat menimbulkan kesan tidak profesional, oleh karena itu menuliskan hobi bukan sesuatu yang harus Anda lakukan.

Data Yang Bersifat Pribadi

Hindari mencantumkan data pribadi dalam resume seperti agama dan keyakinan dan status pernikahan. Hal – hal seperti ini tidak lagi boleh ditanyakan oleh calon atasan pada para pelamar kerja jadi tak ada alasan untuk dapat memasukkannya ke dalam resume.

Sumber Artikel:

http://www.businessinsider.com/skills-recruiters-dont-want-to-see-on-your-resume-2017-9/?IR=T/#3-social-media-if-you-havent-used-it-as-part-ofyour-job-3
https://www.forbes.com/sites/ashleystahl/2016/02/01/what-to-include-on-your-resume-and-what-you-can-ditch/#7eb729ab27af
http://www.businessinsider.com/never-put-these-things-on-your-resume-2015-7/?IR=T/#references-8

Sumber Gambar:

https://www.lawrence.edu/mfhe/styles/original/mfhe/www_dept_student_dean_sub_career/Everyone/resume_review.jpg