Bitcoin, Ripple, Stellar, Ethereum? Manakah mata uang digital yang seharusnya Anda pilih? Harga Bitcoin per 7 JanuariĀ 2018 tercatat di angka $15,880 (sumber: MarketWatch). Cryptocurrency terbesar ini mengalami lonjakan lebih dari 1,200 persen tahun lalu. Fantastis, bukan? Namun, dua minggu sebelum ganti tahun, Bitcoin seperti kehilangan momentum akibat pergerakan yang relatif lamban. Stellar (XLM), digadang-gadang sebagai “anak baru” cryptocurrency paling hot di 2018 ini. Per akhir 2017, ‘new kid on the block’ ini telah menjadi salah satu dari sepuluh mata uang digital paling besar dari segi kapitalisasi pasar.

Cara Kerja Stellar

Stellar mengusung konsep blockchain hibrida yang bersifat open-source. Tidak paham dengan penjelasan tersebut? Simpelnya, Stellar merupakan protokol untuk proses penukaran uang, yang menghubungkan individu, sistem pembayaran serta bank. Stellar memiliki fokus yang serupa dengan Ripple (XRP), yaitu pembayaran.

Berbeda dengan cara kerja Bitcoin, Stellar mengoperasikan jaringan dengan teknologi blockchain, yang mengizinkan transaksi untuk terjadi selama 2 sampai 5 detik dan memperbolehkan pengguna mengubah kurs mata uang (misalnya dari USD ke Euro). Jadi, bukan hanya jual beli mata uang, namun juga konversi mata uang.

Stellar tidak bergantung hanya pada satu entitas. Dengan peering system, Stellar memiliki tujuan untuk mempunyai sebanyak-banyaknya server independen untuk menghindari crash atau gagalnya server.

Ingin sukses dengan pekerjaan impian?
Daftar Sekarang

Prestasi Stellar

Koin Stellar bernama Lumen atau kerap kali dikenal sebagai XLM. Pada Oktober 2017, perusahaan teknologi multinasional Amerika, IBM, bekerjasama dengan Stellar dalam upaya untuk mempercepat jalannya pembayaran global. Mengutip dari Reuters, koin digital ini meroket menuju ketenaran baru tahun lalu meski Stellar sendiri sudah diluncurkan pada 2014. Keuntungan dalam bentuk persen pun mencapai 14,000. Harga terakhir seperti tertera di website BusinessInsider ada di angka $0.67.

Per Januari, Stellar telah mengukuhkan reputasinya dengan berhasil menjadi satu dari sepuluh cryptocurrency terbesar dilihat dari kapitalisasi pasar (sumber: CNBC). Dari persentase pertumbuhan sendiri selama 2017, Stellar menduduki peringkat tiga.

Prediksi Stellar 2018

Meski semuanya dapat berubah dalam semalam (industri cryptocurrency dikenal volatile), banyak prediksi baik untuk Stellar di 2018 ini. Dikutip dari dua website (Longforecast dan WalletInvestor), ada kemungkinan Stellar meraup kenaikan sebesar 592% per Desember 2018 dan kenaikan harga menjadi $0.824 sangatlah mungkin.

Sumber artikel:
https://www.cnbc.com/2018/01/02/theres-a-new-hottest-coin-of-2018-so-far-stellar.html
https://www.reuters.com/article/us-cryptocurrency-2017-factbox/bitcoin-may-be-king-but-ripple-dark-horse-in-crypto-race-idUSKBN1ES1PT

Sumber gambar:
https://specials-images.forbesimg.com/dam/imageserve/785866333/960×0.jpg?fit=scale