2018 telah tiba! Bagi sebagian individu, ini merupakan saat yang tepat untuk mulai aktif mencari pekerjaan dan lompatan karir. Namun, seringkali pekerjaan baru tak kunjung didapat karena Anda tidak mengerti beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memoles CV. CV yang berkesan akan membuat membuat banyak perusahaan ingin mengundang Anda untuk wawancara, yang otomatis akan membuka kesempatan luas untuk karir impian. Apa saja tips yang harus Anda perhatikan untuk membuat CV yang benar dan menarik? Berikut penjelasannya.

Buatlah Dengan Baik Hal – Hal Yang Mendasar Dari Sebuah CV

Tidak ada aturan baku benar dan salah dalam menulis CV, namun bukan berarti Anda bisa melewatkan hal – hal yang mendasar seperti biodata. Tulislah secara lengkap biodata Anda termasuk hobi dan beberapa pencapaian yang pernah diraih.

Tampilan CV Sangat Penting

CV adalah cerminan diri Anda secara tertulis di mata perusahaan yang mengundang wawancara. Oleh sebab itu, penting sekali Anda membuat CV yang terstruktur, rapi dan bersih. Sangat disarankan untuk Anda dapat menggunakan amplop berukuran A4 untuk menyimpan CV yang sudah selesai dicetak.

Ingin sukses dengan pekerjaan impian?
Daftar Sekarang

Jumlah Halaman Jangan Terlalu Banyak

Bagaimana jika calon atasan Anda membaca CV yang berjumlah 8 halaman? Tentunya sebagian besar orang akan merasa jenuh dengan banyaknya tulisan berulang tentang berbagai pencapaian yang sudah Anda paparkan di lembar demi lembar CV tersebut. Jumlah halaman CV disarankan tidak lebih dari 2 halaman penuh berukuran A4. CV yang padat berisi jauh lebih baik daripada CV yang sangat panjang namun bertele-tele.

Sesuaikan Isi CV Anda Dengan Peran Pekerjaan Yang Dilamar

Keunikan dari sebuah CV yang baik akan mencerminkan kepribadian Anda sebagai penulisnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda mengeksplorasi kemampuan desain yang mumpuni untuk membantu pembuatan CV yang luar biasa unik dan berkesan. Jika perlu, sesuaikan desain CV Anda dengan pekerjaan yang diincar. Semakin relevan, semakin besar kemungkinan Anda dipanggil wawancara.

Pastikan CV Selalu Up To Date

Mengembangkan CV yang sudah ada dengan menambahkan kemampuan baru ke dalam daftar kemampuan yang tercantum perlu Anda lakukan secara berkala. Periksalah dengan seksama detil CV yang sudah lama dan ubah data yang sekiranya harus diubah.  Anda tentunya tidak ingin jika kesempatan diterima bekerja lewat begitu saja hanya karena Anda lupa memperbarui CV dengan isi tulisan yang relevan, bukan?

EKRUT membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda, karena pekerjaan impian tak pernah semudah bersama EKRUT. Daftar sekarang! http://ekrut.com/

Sumber artikel:

https://www.theguardian.com/culture-professionals-network/culture-professionals-blog/2012/mar/15/cv-tips-first-arts-job
http://www.businessinsider.com/how-to-write-the-perfect-resume-2012-11/?IR=T

Sumber gambar:

http://thecampuscareercoach.com/wp-content/uploads/2017/01/what-not-to-include-in-a-resume.jpg