Pada bulan Desember 2017, sebuah transaksi cryptocurrency berbasis di Seoul, Youbit (sebelumnya Yapizon), dipaksa untuk menutup dan mengajukan kebangkrutan setelah mendapat serangan cyber besar. Hack tersebut merugikan platform itu sebesar 17 persen dari asetnya.

Ini adalah kali kedua transaksi mata uang virtual telah diretas dalam waktu kurang dari delapan bulan. Pada bulan April, Youbit kehilangan 4.000 bitcoin (sekarang bernilai sekitar US$ 73 juta) kepada penjahat dunia maya, menyebabkan banyak pelanggannya kehilangan kepercayaan pada Youbit.

Menurut penuturan Bassi kepada techinasia.com, Youbit didukung oleh keseluruhan perangkat lunak, sama seperti platform pertukaran lainnya. Stack ini berkisar dari sistem operasi yang digunakan oleh server Youbit sampai aplikasi pertukaran kustom. Ada jutaan kode di dalam tumpukan ini. Jadi, cacat pada lapisan apapun bisa digunakan untuk menyusup ke platform Youbit.

Jonathan Levin, co-founder dari Chainalysis, sebuah lembaga software intelligence yang khusus mengangani berbagai macam jenis tindak kejahatan mata uang virtual, juga menambahkan bahwa hack komputer, serangan phishing dan Skema Ponzi adalah beberapa jenis pencurian cryptocurrency yang umum terjadi.

Jadi apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah berbagai tindak kriminal akan mata uang virtual tersebut? Berikut saran dari beberapa ahli cybersecurity.

Dari Adam Dachis, konsultan digital

Jangan menyimpan semua investasi cryptocurrency Anda di satu tempat. Diversifikasi antar bursa harus dilakukan. Dengan begini, tidak mungkin Anda akan mendapatkan hack pada saat yang sama melalui semua tempat tersebut. Terutama jika Anda memiliki e-mail dan kata kunci yang berbeda untuk masing-masing account.

Dari Sean Everett, VP of Product Management

  1. Jangan membicaraan tentang cryptocurrency kepada publik terutama di social media.
  2. Hubungi penyedia jasa layanan ponsel Anda, buat setiap tingkat keamanan yang mungkin Anda bisa, dan tambahkan kode akses untuk masing – masing tingkat. Perlindungan tingkat berikutnya adalah menambahkan kartu SIM “jangan di port” ke akun Anda. Dengan demikian sistem keamanan ini bisa berlangsung selama setahun.

Dari Jonathan Levin, co-founder Chainalysis

  1. Sebelum Anda membuka akun di Coinbase [atau bursa cryptocurrency lain], buat e-mail unik yang akan Anda gunakan untuk akun itu.
  2. Pastikan untuk menetapkan kata sandi yang benar-benar rumit dan panjang, dan Andalah satu-satunya yang bisa mengaksesnya dari selembar kertas catatan Anda.

Beberapa saran lain yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut:

Simpan Sebagian Besar Dana Dalam Dompet Offline

Investor juga tidak harus menyimpan semua datanya di dompet online. Penjahat dunia maya menargetkan investor dan platform pertukaran; Dompet semua orang adalah tambang emas potensial bagi mereka. Inilah sebabnya mengapa investor juga harus menyimpan mayoritas kripto di dompet dingin (yaitu dompet perangkat keras/offline).

Pilihlah Platform Secara Hati – Hati

Masih menurut techinasia.com, investor juga harus memastikan bahwa mereka menggunakan pertukaran yang menawarkan asuransi solid untuk dana mereka. Ini akan membawa sejumlah besar kelegaan jika terjadi pelanggaran. Dengan lonjakan arus pada bitcoin dan kripto yang lainnya, banyak investor bergegas ke setiap platform pertukaran yang ada. Tapi mereka harus  berhati-hati, memastikan mereka menggunakan platform yang dapat diandalkan.

Miliki Proses Autentikasi Dua Langkah

Mengaktifkan otentikasi dua langkah dan bookmark link yang benar ke bursa pertukaran yang ada akan meningkatkan keamanan seseorang ketika ingin mendapatkan dana mereka. Namun, tindakan ini tidak akan banyak dilakukan jika platform pertukaran tersebut dapat di hack. Inilah sebabnya mengapa investor perlu mewaspadai kepada siapa mereka mempercayakan data mereka. (sumber: techinasia.com)

 

Sumber artikel:

https://www.techinasia.com/talk/crypto-exchange-youbit-hacks-prevention
https://www.cnbc.com/2017/11/02/heres-how-to-protect-your-bitcoin-and-ethereum-from-hacking.html

 

Sumber gambar:

https://i1.wp.com/coinraja.com/wp-content/uploads/2017/06/shutterstock_616324022-1.jpg?fit=1000%2C627