Kenaikan Bitcoin sangat spektakuler. Harganya sudah naik hampir tiga puluh kali lipat dalam dua tahun terakhir. Saat ini, nilai Bitcoin yang beredar lebih dari US$ 170 miliar, lebih besar dari kapitalisasi pasar McDonald’s. Ini luar biasa karena tidak seperti McDonald’s, yang memiliki toko di hampir setiap penjuru dunia, Bitcoin sebagai mata uang virtual hampir tidak ditransaksikan di dunia nyata (sumber: Forbes)

Bitcoin Adalah Fatamorgana

Kenaikan nilai Bitcoin mencerminkan spekulasi tentang nilai masa depannya: Mata uang digital ini akan memiliki nilai jangka panjang asalkan diterima sebagai media pertukaran dan nilai simpanan.

Semakin besar penerimaannya, semakin banyak nilainya. Namun, sulit bagi Bitcoin untuk diterima sebagai uang sungguhan. Oleh karena itu, tingginya volatilitas nilainya sebagian besar mencerminkan perubahan dalam tingkat penerimaan yang dirasakan.

Secara desain, ada kelemahan bawaan yang mencegah Bitcoin untuk menjadi uang sungguhan. Agar bisa menjadi uang sungguhan, Bitcoin harus menjadi toko yang layak dan stabil. Ini adalah nilai aset yang buruk karena kelabilannya yang ekstrim. Harga Bitcoin memiliki grafik yang liar, baik naik maupun turun, dengan potensi untuk bergerak lebih dari 20% dalam satu hari. Volatilitas ini terjadi secara konstruksi karena pasokan Bitcoin relatif tetap namun permintaan dapat berubah secara dramatis. Warren Buffet pun sempat memberikan peringatan soal Bitcoin. Dia mengungkapkan bahwa dia sama sekali menjauhi penggunaan bitcoin karena menurutnya itu hanyalah fatamorgana semata, demikian ujarnya pada CNBC.com.

Blockchain Sangat Menjanjikan

Forbes juga memaparkan bahwa blockchain di sisi lain sangat menjajikan walaupun masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan menuju kesempurnaan. Ini dikarenakan teknologi blockchain bisa berkembang ke arah yang berbeda. Meskipun tidak ada yang lain yang mencapai skala yang sama dengan Bitcoin, blocker alternatif lainnya menawarkan keuntungan lain, seperti peningkatan kecepatan, kapasitas data yang lebih besar dan metode konsensus yang berbeda.

Teknologi Blockchain memungkinkan munculnya aplikasi di berbagai bidang: Bidang perbankan dapat menggunakan blockchain untuk melakukan transaksi yang aman, murah dan lebih cepat. Selain transaksi keuangan, teknologi blockchain dapat digunakan untuk membuktikan adanya semua dokumen hukum, catatan kesehatan, dan pembayaran royalti di industri musik, notaris, dan surat berharga milik swasta.

Singkatnya, ada banyak hal menarik yang dapat dieksplor soal Bitcoin, kecuali harapan yang tidak realistis akan Bitcoin untuk menjadi uang sungguhan.

 

Sumber artikel:

https://www.forbes.com/sites/insideasia/2017/12/10/why-blockchain-is-real-and-bitcoin-is-a-mirage/#438de67a4215
https://www.cnbc.com/2017/09/07/bitcoin-up-sevenfold-since-warren-buffett-warned-digital-currency-was-a-mirage.html

Sumber gambar:

http://www.cityam.com/assets/uploads/main-image/cam_standard_article_main_image/bitcoin-continues-to-see-unprecedented-growth-887657576-5a55e21bbbde3.jpg