Semua orang ingin menjadi lebih produktif – terutama pengusaha. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas? Sederhanakan proses pengambilan keputusan Anda dengan membangun kebiasaan.

Dalam mempelajari pengaruh variabel asing terhadap hasil kasus hukum, peneliti membagi-bagikan pertimbangan yudisial ke dalam tiga “sesi keputusan” yang berbeda. Selama “sesi keputusan” ini, mereka menemukan persentase keputusan yang menguntungkan turun secara bertahap dari sekitar 65 persen menjadi hampir nol dalam setiap sesi. Setelah jeda, itu melonjak kembali hingga sekitar 65 persen.

Sebagian alasannya? Kelelahan dalam mengambil keputusan.

Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwa rata-rata orang membuat 35.000 keputusan setiap hari. Apa yang harus dimakan untuk sarapan pagi? Kemeja apa yang dipakai? Pintu mana yang harus dilalui? Ke mana pergi untuk makan siang?

Cara sederhana untuk menghemat kekuatan otak adalah mengurangi jumlah keputusan yang perlu Anda buat. Beberapa orang paling sukses telah memikirkan hal ini. Mereka hanya memakai hal yang sama setiap hari.

Apakah Anda berpikir untuk meminimalkan lemari pakaian Anda, mengadopsi seragam hidup, atau hanya ingin mengkonsumsi lebih sedikit, berikut adalah lima alasan mengapa orang sukses selalu memakai baju yang sama setiap harinya.

Lebih Menghemat Waktu

Memiliki seragam harian dapat membuat seseorang cepat dan mudah dalam berpakaian untuk ke kantor. Alih-alih berpikir selama lima atau bahkan sepuluh menit, dengan memakai baju yang sama, Anda jadi dapat memulai hal-hal yang lebih penting dalam daftar tugas Anda segera.

Pakaian yang sama juga menghemat banyak waktu ketika berbelanja. Anda tahu apa yang Anda cari dan bisa langsung ke toko pakaian favorit. Atau lebih baik lagi, jika Anda tahu ukuran, gaya, dan warna pakaian yang diperlukan, Anda dapat memesan semuanya secara online – tanpa jengkel harus mengirim kembali barang yang dibeli bila kurang merasa cocok.

Mengurangi Rasa Kelelahan Akibat Lamanya Mengambil Keputusan

Kita tidak bisa lepas dari pengambilan keputusan. Bahkan dalam mimpi kita, kita bisa sedang memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Setiap pilihan yang harus dibuat dapat menguras tenaga kita. Keputusan dengan konsekuensi lebih besar mengambil lebih banyak energi juga. Saat lelah, orang membuat keputusan jangka pendek dan cepat. Konsumsi yang mencolok menjadi lebih umum di tengah keletihan ini. Meskipun kelihatannya kecil, mengadopsi pakaian seragam yang lebih universal mungkin memberi Anda kekuatan pengambilan keputusan yang lebih baik untuk hari ini dan seterusnya.

Meminimalisir Jumlah Pakaian di Dalam Lemari

Minimalisme adalah tentang memusatkan perhatian pada hal yang paling penting, sambil membersihkan sisanya. Ini dengan cepat berlaku di seluruh situasi; terutama untuk pakaian. Selama bertahun-tahun, Joshua Becker, seorang founder dan editor dari Becoming Minimalist telah secara aktif menerapkan filosofi ini untuk tidak mengganti barang-barang. Perlahan, dia memusatkan perhatian pada barang-barang terpenting miliknya. Lemarinya lebih kecil dan lebih rapi dari sebelumnya. Dan ketika dia mencari sesuatu untuk dipakai, ia dapat dengan mudah melihat apa yang dicarinya.

Anda Akan Selalu Percaya Diri Pada Apa Yang Dipakai

Jika Anda memilih pakaian Anda untuk kenyamanan, dengan demikian hal itu akan selalu merasa nyaman. Jika Anda memilih mereka untuk bergaya, Anda akan selalu berpikir mereka terlihat baik pada Anda (bahkan jika orang lain tidak setuju). Apapun cara pikir yang Anda pakai, Anda akan merasa baik tentang apa yang dikenakan saat itu. Ini adalah merupakan dorongan kepercayaan diri otomatis.

Mencuci Baju Jadi Lebih Mudah dan Banyak Waktu Luang

Ada berbagai contoh orang terkenal yang telah mengadopsi gaya minimalis dalam berpakaian dan ada alasan bagus mengapa orang sukses memilih untuk memakai baju yang sama setiap hari. Steve Jobs mungkin yang paling ikonik dari semuanya. Pada presentasi, konferensi, dan acara publik lainnya, dia biasa terlihat mengenakan turtleneck hitam, celana jins biru, dan kacamata berbingkai lingkaran. Beliau tidak berhasil karena beliau memakai pakaian yang sama untuk pergi ke semua acara, tapi untuk orang yang sangat sibuk, ini adalah satu keputusan yang baik.

Dengan mengenakan baju yang sama setiap hari, Anda akan lebih menyadari apa yang paling penting bagi Anda. Dan Anda akan segera menyadari bahwa itu bukan pakaian yang Anda kenakan. Alih-alih mencuci, mengeringkan, dan melipat pakaian selama setengah hari, saya bisa bermain, membaca, dan melakukan hobi lain jika memang hanya memakai satu jenis baju saja selama hari – hari kerja.

 

Sumber artikel:

https://www.forbes.com/sites/joshuabecker/2017/06/14/five-reasons-to-wear-the-same-thing-every-day/2/#a86a133413ce
http://inc-asean.com/the-inc-life/successful-people-wear-thing-every-day/

Sumber gambar:

http://jewel92.com/wp-content/uploads/suit.jpg